7 Tips Mempercepat Tor Browser

7 Tips Mempercepat Tor Browser

Coreymesler.comTor mempertahankan anonimitas online Anda melalui perutean bawang yang unik, di mana data terenkripsi Anda melewati beberapa node perantara. Setiap simpul dikupas satu per satu, seperti bawang. Tidak ada dari mereka yang tahu tentang asal data Anda atau tujuan akhir Anda, sehingga melindungi identitas Anda.

Namun, ada kekurangannya. Karena lalu lintas di Tor dirutekan melalui beberapa relai bawang, ini dapat secara signifikan mengurangi kecepatan penelusuran Anda. Selain itu, ISP bisa membatasi lalu lintas Tor bahkan tanpa peringatan sebelumnya. FAQ Tor mengatakan bahwa fokus utama mereka adalah keamanan dan bukan kecepatan.

Karena itu, tip di bawah ini akan membantu mempercepat browser Tor dan membuat Tor lebih cepat.

  1. Periksa Tor Browser untuk Pembaruan Terbaru
    Pengalaman yang sering menunjukkan bahwa memperbarui browser Tor memungkinkan Anda mencapai kecepatan yang lebih cepat. Pergi ke ikon menu tiga-bar di kanan atas diikuti oleh “Options” dan tab “General”. Di sini Anda dapat memeriksa pembaruan apa pun. Jika sudah lama tidak ada update, Anda mungkin akan mengalami kecepatan yang lebih lambat. Karena itu, lebih baik tetap sering diperbarui.
  2. Gunakan Relai Jembatan
    Jika Anda curiga ISP membatasi bandwidth Anda saat Anda menggunakan Tor, Anda harus menggunakan salah satu fiturnya yang disebut relai “bridge”. Ini akan mempersulit siapa pun yang memantau lalu lintas Anda untuk menentukan bahwa Anda menggunakan peramban anonim ini. Tor tidak dapat menggunakan jembatan jika proxy ditetapkan oleh Anda.

Untuk memulai, masuk ke menu Opsi dari ikon tiga bilah di kanan atas dan pilih “Pengaturan Tor.” Di sini Anda dapat menemukan bagian Jembatan: jangan gunakan relai jembatan jika kecepatan Tor Anda normal. (Ini masih akan lebih lambat dari kecepatan ISP biasa Anda.)

Saat menggunakan bridge bawaan pilihan, Anda harus menggunakan opsi yang tersedia seperti “obfs4” dan “lemah lembut”. Mereka akan menyamarkan lalu lintas antara klien (Anda) dan hop pertama sehingga ISP tidak dapat mengidentifikasi Anda sebagai koneksi Tor.

Anda juga dapat meminta jembatan baru dari torproject.com Setelah Anda menyelesaikan captcha, Anda akan mendapatkan koneksi jembatan yang akan terlihat seperti gambar berikut.

Terkadang tidak ada jembatan baru yang tersedia. Dalam hal ini Anda dapat memintanya dengan mengirim email ke “bridges@torproject.org” dari alamat Gmail, Yahoo atau RiseUp.

Setelah koneksi bridge berhasil, Anda dapat menikmati kecepatan Tor biasa atau lebih tinggi terlepas dari batasan ISP Anda.

  1. Gunakan Sirkuit Tor Baru untuk Situs ini
    Jika laman web Anda tidak dimuat dengan cukup cepat, itu bisa disebabkan oleh beberapa alasan, seperti tombol jejaring sosial, alat analisis, iklan, dan faktor lainnya. Untuk mengatasi masalah ini, Tor memiliki fitur baru yang memungkinkan situs web atau jendela aktif dimuat ulang melalui sirkuit Tor baru. Item menu ini dapat diakses dari menu tiga-bar. Setiap kali halaman web Anda menolak untuk memuat dengan cepat, Anda dapat mengklik opsi ini untuk sirkuit baru. Tentu saja, agar opsi ini terlihat, Anda perlu memperbarui browser Tor Anda.
  2. Gunakan Identitas Baru untuk Tor
    Terkadang saat Anda terjebak pada kecepatan yang lebih lambat tanpa alasan, mungkin berguna untuk memulai ulang browser Tor untuk mendapatkan kecepatan baru. Anda juga dapat menggunakan fitur lain yang disebut “Identitas baru”, yang dapat diakses dari menu tiga baris. Ini juga merupakan fitur keamanan yang bagus, karena mencegah aktivitas browser Anda berikutnya agar tidak dapat ditautkan ke apa yang Anda lakukan sebelumnya.
  3. Optimalkan PC / Mac / Linux Anda untuk Aktivitas Tor
    Untuk memastikan bahwa masalah kecepatan minimal, Anda perlu memastikan bahwa jam sistem dan zona waktu Anda disetel dengan benar. Tor merekomendasikan perangkat lunak berikut untuk sementara dinonaktifkan, karena diketahui mengganggu penjelajahan:

Webroot SecureAnywhere
Kaspersky Internet Security 2012
Sophos Antivirus untuk Mac
keamanan penting microsoft
Lebih baik menonaktifkan perangkat lunak antivirus yang memengaruhi baki sistem Anda. Selain itu, nonaktifkan firewall Anda, dan jika Anda menggunakan versi browser Tor baru, hapus instalan yang lama. Jangan menimpa program lama. Jika Tor lain sedang berjalan, hal itu dapat sangat memengaruhi kecepatan koneksi Anda.

Anda harus mengkonfigurasi Tor untuk mengisolasi cookie dan menghapus riwayat penelusuran Anda setelah setiap sesi. Buka tentang: preferensi # privasi di Tor dan pastikan Anda mengaktifkan preferensi privasi ini.

  1. Gunakan Pengaturan Performa yang Direkomendasikan
    Tor memiliki fitur yang memungkinkan Anda menyesuaikan nilai kinerja browser berdasarkan perangkat keras dan sistem operasi komputer Anda. Ini dapat diakses dari Pengaturan dan dinonaktifkan secara default. Aktifkan untuk memastikan kecepatan yang tepat yang didukung oleh perangkat Anda.
  2. Masukkan File Torrc Baru
    Salah satu jalan pintas untuk mempercepat Tor adalah dengan mengedit file Torrc Anda. Namun, metode ini mungkin tidak berhasil untuk semua orang dan hasilnya mungkin berbeda. Anda dapat menemukannya dengan mengklik kanan ikon menu browser Tor dan mengklik “Properties.” Setelah itu, ikuti jalur berikut: “Tor Browser -> Browser -> Data -> Tor.”

Sumber : Spotarya.com