Alasan Menjadi Mahasiswa UPI yang Harus Kamu Ketahui!

Pernah denger UPI? UPI atau lengkapnya Universitas Pendidikan Indonesia adalah tidak benar satu perguruan tinggi negeri yang berada di Jawa Barat, khususnya kota Bandung. Siapa sih yang ga tau kota Bandung, kota yang kondang bersama julukan kota kembang itu loh.

Kota bersama sejuta pesonanya ini tak sekedar merupakan pusat bisnis, kuliner, pariwisata seperti Jakarta, terhitung merupakan kota bersama pendidikan yang dapat dikatakan maju. Mengapa demikian? Di bandung terdapat banyak sekali perguruan tinggi baik itu negeri maupun swasta yang kondang sampai ke semua penjuru Indonesia. Diantaranya ada ITB, UNPAD (Bandung), UPI, dan beragam kampus lainnya.

Penulis adalah mahasiswa UPI, maka di dalam postingan ini penulis cuma dapat memberikan lebih dari satu fakta yang dulu penulis alami sendiri, dan kemungkinan dapat menjadi referensi bagi pembaca sekalian khususnya bagi adik – adik yang dapat meneruskan sekolah ke jenjang perguruan tinggi baik itu berasal dari SMA, SMK, maupun MA.

Kembali kembali ke pokok obrolan kami diawal, apa sih yang terbesit di dalam asumsi kami saat kami mengkaji perihal UPI? Apakah kampus bersama gedung – gedungnya yang megah? Fasilitas – sarana yang membantu serta pilihan jurusan yang lengkap saja? Atau ada hal – hal lainnya?

Ya, UPI adalah kampus pendidikan dan universitas dengan jurusan hukum terbaik yang punyai itu semua, ga percaya? Mari kami buktikan bersama pembahasan perihal 26 Alasan yang Membuatmu Tertarik Menjadi Mahasiswa UPI (Univeritas Pendidikan Indonesia).

Fakta-Fakta UPI (Univeritas Pendidikan Indonesia)

Hanya UPI kampus yang anti- main stream tidak menjadi Universitas Negeri Bandung.

Ya ini yang paling terpenting, UPI satu – satunya kampus di indonesia yang dapat dikatakan punyai keanehannya tersendiri. Jika kami telaah nama – nama perguruan tinggi di Indonesia umumnya memakai nama ‘Universitas Negeri’ semisal UNY (Universitas Negeri Yogyakarta), UNJ (Universitas Negeri Jakarta), ada terhitung yang memakai nama ‘Institut’ seperti ITB (Institut Teknologi Bandung), ITS (Institut Teknologi Sepuluh November), IPB (Institut Pertanian Bogor), dan sebagainya.

Baca juga : Jurnal Universitas

Lalu, di Indonesia sendiri sementara ini tidak ada kampus yang menyematkan kata ‘Pendidikan’ di dalam nama kampusnya, jikalau UPI.

UPI berasal berasal dari tidak benar satu eks- fakultas UNPAD

Ya Upi adalah eks- FIKIP UNPAD yang lantas memisahkan diri dan menjadi kampus independen bernama IKIP (Institut Keguruan Ilmu Pendidikan) pada th. 1963, serta saat ini dikenal bersama sebutan UPI (Universitas Pendidikan Indonesia) sejak th. 1999.

UPI adalah perguruan tinggi multi kampus

UPI punyai 6 kampus yang letaknya tersebar di 2 provinsi yaitu Jawa Barat dan Banten. Perinciannya 1 kampus di tempat ledeng (Kampus BUMSIL) dekat lembang yang merupakan kampus utama, serta 5 kampus tempat yang berada di Kabupaten Tasikmalaya, Purwakarta, Serang, Sumedang dan Cibiru.

UPI adalah kampus yang punyai sekolah di dalam beragam jenjang berasal dari merasa PAUD sampai perkuliahan

Kampus ini tercatat sampai sementara ini punyai 8 fakultas, 5 kampus daerah, Sekolah Pasca Sarjana dan Sekolah Laboratorium atau yang lebih dikenal Lab School.

Kedelapan fakultas tersebut meliputi; FIP (Fakultas Ilmu Pendidikan), FPIPS (Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial), FPBS (Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra), FPMIPA (Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam), FPTK (Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan), FPOK (Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan), FPEB (Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis), sertaFPSD (Fakultas Pendidikan Seni dan Desain).

Dari delapan fakultas tersebut ada lebih kurang 61 jurusan strata s1 dan d3. Selain ada itu juga, di UPI sendiri ada 5 Kampus tempat seperti pada pembahasan sebelumnya, selanjutnya ada Sekolah Pascasarjana (strata S2), dan Lab School UPI.

UPI merupakan tidak benar satu kampus bersejarah di Indonesia

Hal tersebut dapat diketahui berasal dari keberadaan gedung ISOLA sebagai lambang kampus ini. ISOLA merupakan bangunan peninggalan belanda yang mulanya merupakan Villa privat milih seorang Indo-Belanda. Usut punyai usut gedung ini menyimpan misteri yang dapat dikatakan menyeramkan, penasaran? Nantikan pembahasannya di dalam artikel penulis berikutnya yang berjudul‘UPI Undercover’.

UPI punyai tidak benar satu masjid termegah dan terindah se-Asia Tenggara

Layaknya kampus – kampus lainnya, UPI pun punyai tempat peribadatan, khususnya masjid. Masjid yang bernama Al Furqan ini tak sekedar merupakan tempat ibadah, terhitung dikenal sebagai pusat kajian islam. Hampir tiap tiap hari pada sore hari selalu diadakan kajian baik itu oleh pengurus masjid, maupun oleh UKM – UKM yang ada di UPI sendiri.

UPI, satu – satunya kampus di Jawa Barat yang punyai museum di dalamnya.

Pernah mendengar Museum Pendidikan Nasional? Ya, museum tersebut berada di di dalam kawasan kampus UPI. Di di dalam museum tersebut terdapat beragam hal terhitung perihal sejarah pendidikan nasional negara kami yang dapat digunakan sebagai sumber studi dan pembelajaran.

UPI punyai Fasilitas Olahraga yang lengkap serta Kolam Renang berstandar Internasional

Selain terdapat pusat kajian islam, masjid, dan Museum Pendidikan Nasional, di UPI terhitung terdapat lebih dari satu sarana penunjang lainnya diantaranya sarana dan prasarana olahraga. Dalam kawasan ini terdapat Stadion UPI, gedung Gymnasium, Kolam renang berstandar internasional, lapangan tenis indoor, Sport Hall, lapangan softball dan baseball, lapangan bola voli, basket, dan tenis.

UPI merupakan tidak benar satu kampus terluas dan terbesar di Jawa Barat

Dengan luas ± 61 ha UPI tentu saja merupakan tidak benar satu kampus besar di Indonesia khususnya di tempat Jawa Barat.

Sebagai penunjang kesibukan mahasiswa UPI sediakan gedung PKM

Gedung PKM (Pusat Kegiatan Mahasiswa) merupakan tidak benar satu bangunan yang berada di lingkungan kampus UPI. Gedung ini merupakan tempat berkumpulnya UKM – UKM serta himpunan himpunan mahasiswa semua jurusan di UPI. Setiap hari di gedung tersebut berasal dari merasa pukul 7 pagi sampai pukul 9 malam selalu penuh bersama beragam kesibukan mahasiswa, baik itu rapat, kajian, dan sebagainya.

Kampus UPI Bumsil punyai letak yang strategis

Kampus UPI Bumsil terdapat di Ledeng, dekat Lembang yang merupakan destinasi favorit bagi warga Bandung, dan luar Bandung tiap tiap akhir pekannya. Selain itu juga, kampus UPI Bumsil berdekatan bersama masjid Agung DT (milik Aa Gymnastiar atau yang lebih dikenal bersama panggilan Aa Gym). Kemudian jikalau kami menginginkan berwisata kuliner ataupun jalur – jalur ke pusat kota Bandung, kami dapat menjangkaunya cuma bersama sekali atau dua kali naik angkot.

UPI merupakan kampus yang terlalu religius

Tahukah kamu bahwa UPI merupakan kampus yang terlalu religius? Hal ini dapat dibuktikan berasal dari diwajibkannya mahasiswa yang mengontrak mata kuliah PAI untuk mengikuti kesibukan tutorial PAI dan SPAI tiap tiap akhir pekannya yaitu pada hari sabtu dan minggu.

Selain itu juga, mahasiswi UPI banyak yang mengenakan hijab. Untuk agama lain pun, UPI memfasilitasinya bersama mengadakan pendidikan agama cocok agama yang dianut mahasiswanya masing – masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *