aneka olahan bihun jagung

Aneka Olahan Bihun Jagung

Pada artikel kali ini saya akan berbagi aneka olahan bihun jagung yang dapat kamu buat dirumah. Bihun ini cocok dimasak sebagai makanan utama seperti mie goreng, maupun sebagai bahan tambahan pada masakan seperti soto. Apa aja olahannya, simak berikut ini ya…

Sekilas Kenapa Jagung Bisa Dibuat Bihun

Jagung merupakan komoditas yang memiliki banyak manfaat dan baik untuk kesehatan. Jagung dapat dibuat menjadi berbagai produk olahan, termasuk bihun jagung. Bihun yang ada di pasaran memiliki tekstur yang halus dan mudah digiling karena terbuat dari tepung beras dan sedikit campuran tepung lainnya.

Jagung yang digunakan untuk membuat bihun jagung adalah jagung varietas unggul (hibrida) yang menyebabkan pembengkakan lebih dari bihun beras. Pengolahannya harus higienis dari awal hingga akhir. Bihun jagung terbuat dari 100% pati jagung murni, hanya ditambahkan sedikit air sehingga hasilnya lebih keras dari bihun beras, pembuatannya tidak menggunakan bahan pengawet atau zat lilin sehingga aman untuk dikonsumsi.

Bagaimana Proses Membuat Bihun Jagung?

Bahan yang digunakan:

Proses pembuatan bihun jagung:

  1. Jagung dibersihkan untuk menghilangkan kotoran kemudian dicuci sampai bersih.
  2. Jagung ditempatkan dalam wadah yang direndam dalam air yang telah ditambahkan 1 ppm natrium metabisulfit (1 gram natrium metabisulfit per 1 liter air). Selama perendaman, air diganti berulang kali. Lama perendaman adalah 1 hari. Setelah direndam, tiriskan jagung.
  3. Jagung digiling dengan penggiling dengan penambahan air.
  4. Untuk 1 kg jagung. Hasil penggilingan adalah bubur jagung encer/cair.
  5. Bubur jagung pres, hasil peremukan berupa padatan basah yang disebut cake. Kue digiling lebih halus, yang hasilnya disebut pelet.
  6. Pelet dikukus pada suhu 100 derajat Celcius selama 30 jam untuk mendapatkan pelet yang matang. Pelet yang sudah matang digiling kembali dengan ekstruder ulir. Outlet pada extruder berbentuk seperti lubang kecil sehingga material yang keluar dari extruder berupa benang yang disebut bihun basah.
  7. Bihun basah dipotong-potong, lalu ditaruh di wadah lalu dikukus selama 20 menit dengan suhu di atas 100 derajat Celcius.
  8. Setelah dikukus, bihun basah dijemur sampai kering.
  9. Bihun kering rapuh dan mudah pecah.
  10. Bihun kering siap dikemas dalam kantong plastik.

Aneka Olahan Bihun Jagung

Olahan bihun jagung adalah salah satu resep yang umum dan populer. Disebut populer karena bihun merupakan bahan makanan yang mudah didapat dan juga harganya murah. Selain itu, bihun mudah dibuat dengan berbagai bahan lainnya.

Salah satu jenis aneka olahan bihun jagung adalah sup bihun. Seperti yang kamu tahu, pada sup terdapat bihun sebagai bahan pelengkapnya. Selain itu, bihun juga menambah ciri khas sup itu sendiri. Jadi disini saya kan share cara membuat sup  bihun bebola daging yang bisa kamu coba.

Kunjungi juga: Rumah Mesin

Aneka Olahan Bihun Jagung Sup Bebola Daging

aneka olahan bihun jagung

Dalam membuat sup bihun ini, langkah awal adalah siapkan beberapa bahan yang akan digunakan, yaitu.

Bahan utama:

  • 100 gram bihun, dicelupkan air panas dan tiriskan
  • bola bola daging secukupnya
  • air rebusan daging secukupnya
  • garam secukupnya
  • dan secukupnya bubuk perasa kaldu

Bahan kisar:

  • 50 gram rempah sup
  • 2 biji buah pelaha
  • 1 buah bawang merah
  • 1 inci halia
  • batang kayu manis, 1 batang saja
  • secukupnya minyak masak

Bahan sayur sop:

  • 30 gram tauge, siram air panas dan tiriskan
  • sayuran daun seperti sawi dan kol secukupnya
  • jeruk limau nipis secukupnya

Cara memasak sup bihun bebola daging:

  1. Dalam membuat sup, kisar semua bahan kisar kemudian panaskan minyak dan tumis bahan kisar tersebut sampai beraroma harum.
  2. Masukkan ke air rebusan daging dan bebola daging beserta garam dan secukupnya serbuk perasa. Kacaukan sekata.
  3. Biarkan rebusan tadi mendidih dan matikan api.
  4. Untuk menghidangkan, masukkan bihun sedikit ke dalam mangkuk saji kemudian guyuri  sup dan bebola daging diatasnya. Sesuaikan kreasi.
  5. Kemudian letakkan sedikit  tauge, dan beberapa sayuran yang sudah disiapkan dan diatasnya perasan jeruk limau diatasnya.
  6. Siap dinikmati sup bihun bebola daging bersama sambal kecap.

Penutup

Demikianlah artikel saya tentang aneka olahan bihun jagung yaitu dibuat menjadi sup bihun bebola daging dan ulasan singkat tentang proses pembuatan bihun ini. Semoga artikel ini dapat berguna dan menambah wawasan kepada para pembaca yang lebih tau tentang bihun ini terutama cara bikinnya dan cara mengolahnya.

Sekian dari saya dan sampai jumpa.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *