Bagaimana Cara Meningkatkan Imun Tubuh? Ini Informasinya

Imun atau daya tahan tubuh sangat penting perannya dalam menjaga kesehatan. Oleh sebab itu, sistem imun ini harus dijaga sebaik mungkin supaya tubuh bisa lebih kuat menghadapi kuman penyebab penyakit. 

Terutama di masa mewabahnya virus Corona seperti saat ini, menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh menjadi hal yang perlu dilakukan. Lalu bagaimana cara meningkatkan imun tubuh? Berikut informasinya.

Kiat-Kiat Meningkatkan Imun Tubuh

Hindari Rokok serta Alkohol

Baik rokok maupun alkohol, terutama yang dikonsumsi secara berlebihan bisa merusak sistem imun tubuh. Untuk seorang perokok saja, dia memiliki risiko tinggi untuk mengalami masalah paru-paru. Apabila perokok ini juga pecandu alkohol, risiko tersebut juga akan lebih besar.

Rutin Olahraga

Rutin berolahraga setidaknya 30 menit setiap harinya juga bisa membantu meningkatkan imun tubuh. Tidak perlu olahraga yang macam-macam, olahraga sederhana seperti berjalan kaki juga sudah cukup. Olahraga juga tidak harus keluar rumah, di dalam rumah juga bisa. 

Hindari Stres

Sebenarnya stres adalah sesuatu yang sangat wajar terjadi. Namun jika stres ini bisa dihindari, maka hindarilah. Sebab, stres yang sudah dalam tahap tidak terkendali dapat mengakibatkan produksi hormon kortisol menjadi meningkat. 

Jika produksi hormon ini terus berlangsung dalam jangka panjang, akan berdampak pada menurunnya fungsi kekebalan tubuh. Oleh sebab itu, stres ini harus dikelola dengan baik untuk menghindari hal tersebut supaya tidak terjadi. 

Istirahat yang Cukup

Untuk meningkatkan imunitas tubuh, istirahat yang cukup juga sangat diperlukan. Karena apabila istirahatnya kurang, bisa membuat imunitas juga menurun. Istirahat yang cukup di sini merujuk pada usia ya. 

Biasanya orang dewasa memerlukan tidur selama 7 jam hingga 8 jam sehari. Sedangkan anak remaja, memerlukan tidur selama 9 jam hingga 10 jam sehari. 

Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah

Memperbanyak konsumsi sayur serta buah adalah langkah yang bagus untuk meningkatkan imunitas tubuh. Hal ini didasarkan pada penelitian yang menunjukkan bahwasanya mereka yang banyak mengonsumsi sayur serta buah cenderung tidak mudah sakit.

Pasalnya, kandungan yang ada dalam sayur dan buah bisa membantu memperkuat kekebalan tubuh. Sedangkan sayur serta buah yang baik untuk sistem imun ialah yang kaya vitamin dan juga mineral. Contohnya jambu. 

Pada intinya, untuk meningkatkan imun tubuh perlu menerapkan pola hidup sehat seperti di atas. Jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan diri dengan cara rutin mandi, khususnya menggunakan sabun antibakteri.