Bumbu Maranggi Daging Kambing

Assalamualaikum..kali ini,mimin bakal kasih tau kalian bumbu maranggi daging kambing.Simak sampai akhir artikel ya…

bumbu maranggi daging kambing kambing

Siapa sih yang gak tau sama sate asal puwakarta ini,pasti semuanya udah tau dong sama sate ini.Sate maranggi memang sate yang banyak disukai semua orang,rasa bumbunya yang enak dan dagingnya yang lembut membuat sate ini banyak disukai.

Sate maranggi ini dibuat dari daging sapi dan kambing ,tetapi di era sekarang sate maranggi dibuat juga dari daging ayam.Makanan khas puwakarta ini,tidak hanya di jual di puwakarta saja,sekarang baanyak daerah di Indonesia yang sudah menjual sate ini.

Tapi buat kalian yang males keluar rumah,kalian bisa banget lo coba buat sate maranggi dirumah.Cara membuat sate maranggi pun mudah dan ga keluarin biaya banyak.Tapi di artikel kali ini mimin bakal kasih tentang bumbu maranggi daging kambing.

Baca Juga:cara membuat puding vla coklat ala rumahan

Bumbu Maranggi Daging Kambing

Bahan-Bahan:

5 bawang merah
3 siung bawang putih
1 cm jahe
1 cm lengkuas
1 sdt ketumbar sangrai
1 sdt garam
20 g gula Jawa, iris halus

Cara Membuat Bumbu Maranggi  Daging Kambing:

  1. Pertama ,siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan dan juga siapkan blender bumbu
  2. Masukkan semua bahan ke blender dan untuk gula jawa potong kecil-kecil
  3. Setelah semua bahan dimasukkan,jangan lupa beri air ke semua bahan dan nyalakan blender.
  4. Tunggu sampai bahan tercampur dan sudah menjadi halus
  5. Bumbu daging maranggi kambing pun sudah jadi dan siap untuk di campur dengan daging kambing

Sekarang,mimin bakal kasih tau cara membuat sate maranggi kambing ,simak dan jangan sampai ketinggalan cara membuatnya..

Cara Membuat Sate Maranggi Kmabing Sederhana

Bahan-Bahan:

  • 500 gram daging kambing muda, potong dadu
  • 10 sdm kecap manis
  •   5 buah tomat segar
  • 2 sdm bawang merah segar, iris
  •   20 buahcabai rawit hijau
  • Daun pisang secukupnya

Cara Membuat Sate Maranggi Kambing:

  1. Balur daging kambing dengan bumbu halus sampai rata. Diamkan selama 30 menit agar bumbu meresap.
  2.  Bungkus daging dengan daun pisang . Kukus selama 30 menit. Angkat lalu dinginkan.
  3.  Ambil empat sampai lima daging kambing, lalu tusuk ke dalam tusuk sate. Lakukan sampai potongan daging habis.
  4. Panaskan arang atau wajan anti lengket, bakar sate hingga matang merata. Angkat.
  5.  Hidangkan sate maranggi selagi panas bersama dengan kecap manis, irisan tomat dan cabai .Sate maranggi kambing pun siap dimakan

Sejarah Sate Maranggi

Sate Maranggi adalah sate khas kota Keramik – Purwakarta yang ada sejak tahun 1980an. Bahan utama sate ini adalah daging kambing atau daging sapi. Sate maranggi bukan sate biasa, ia nikmat karena melalui proses yang luar biasa.

Proses pembuatannya setelah daging dipoting-potong sedemikian rupa, sebelum pemanggangan, daging direndam dalam adonan atau racikan bumbu yang terdiri dari jahe, lengkuas, kunyit, ketumbar dan sedikit cuka untuk memberi cita rasa asam.

Tak banyak yang tahu  lo jika sate maranggi merupakan hasil akulturasi budaya dan agama. Menurut Chef Haryo Pramoe, pendiri Indonesia Food Channel, kuliner khas tanah Sunda ini memiliki unsur budaya yang dibawa oleh pendatang dari dataran China. Buktinya tampak dari bumbu rempah yang digunakan sama persis dengan dendeng babi dan ayam yang dijual di Hongkong, China, dan Taiwan.

Awalnya, sate maranggi terbuat dari daging babi yang kemudian berubah menjadi daging sapi atau kambing setelah masuknya ajaran agama Islam. Banyak penduduk yang menjadi muslim dan menyesuaikan bahan utama sate maranggi agar dapat dinikmati tanpa rasa ragu.

Beda dengan Chef Haryo, warga Purwakarta menganggap nama sate maranggi berasal dari nama penjual sate bernama Emak Ranggi. Ratusan tahun yang lalu, nenek yang berjualan di daerah Cianting, Kecamatan Plered, Purwakarta ini memang terkenal akan kelezatan sate buatannya yang lama-lama dikenal dengan nama maranggi.

Sate umumnya selalu disiram dengan saus kacang atau kecap. Tapi sate maranggi dihidangkan dengan bumbu acar yang terbuat dari irisan tomat, daun kemangi, cabai rawit, bawang merah, dan kecap. Selain itu, untuk menambah kelezatannya, sate maranggi juga sering disajikan bersama ketan bakar dan bumbu sambal oncom.

Kelezatan sate maranggi memang patut diacungi jempol, apalagi kini citarasanya mulai mendunia. Selain mulai dijual di Amerika pada tahun 2016 dengan konsep food truck, hidangan ini juga terpilih sebagai salah satu 8 Kuliner Terfavorit versi CNN tahun 2016, dan dijadikan suguhan makan siang saat Presiden Joko Widodo mengundang para CEO perusahaan Korea Selatan di Seoul.

Nah udah sampai akhir artikel aja ya,semoga informasi ini bermanfaat untuk para reader dan selamat mencoba

Assalamuallaikum dan sampai jumpa di artikel selanjutnya…