Cara Agar Daging Sapi Cepat Empuk Simpel

Cara agar daging sapi cepat empuk simpel – Melunakkan daging tidak sesulit yang Anda bayangkan! Dengan beberapa trik, seperti yang kami dapatkan di bawah ini, Anda bahkan bisa mendapatkan potongan super lembut yang ramah anggaran dan tidak biasa hanya dengan sedikit usaha ekstra. Cari tahu caranya di bawah ini, dan jangan lupa untuk bertanya kepada tukang daging Anda tentang pemotongan ini.

Kalian juga bisa kunjungi cara memasak daging supaya tidak alot

Baca Juga : bumbu maranggi daging kambing ala rumahan

8 Tips dan cara bikin empuk daging sapi

1. Lembutkan daging secara fisik

Untuk potongan keras seperti steak chuck, palu daging bisa menjadi cara yang sangat efektif untuk memecah serat otot yang keras itu. Anda tidak ingin menumbuknya hingga terlupakan dan mengubah daging menjadi bubur, tetapi menumbuk ringan dengan tepi kasar palu daging akan berhasil. Jika Anda tidak memilikinya, Anda dapat menggores permukaan dengan pola garis melintang dengan pisau atau menggunakan garpu untuk membuat lubang kecil pada daging.

2. Gunakan rendaman

Potongan seperti steak sayap atau rok membuat steak panggang yang sangat baik, tetapi mereka sangat keras sehingga Anda tidak ingin memakannya tanpa sedikit bumbu. Menggunakan bahan-bahan asam seperti jus lemon, cuka atau buttermilk tidak hanya menambah rasa tetapi juga memecah protein keras, memberi daging “pra-masak” sebelum dipanggang. Pastikan Anda tidak membiarkannya terlalu lama di rendaman (30 menit hingga dua jam), atau akan menjadi lunak dan lembek.

Mulailah dengan resep rendaman terbaik kami.

3. Jangan lupa garamnya

Baik Anda sedang mengasinkan atau tidak, setidaknya pastikan untuk memberi garam pada daging sebelum dimasak. Garam mengeluarkan kelembapan dari dalam daging, memusatkan rasa dan menciptakan air asin alami. Anda tahu itu berhasil karena dagingnya akan berwarna merah lebih dalam. Tidak seperti bumbu marinasi, Anda bisa mengasinkan daging hingga 24 jam sebelumnya.

4. Biarkan sampai suhu ruang

Ini sangat penting dengan daging sapi yang diberi makan rumput dan potongan daging tanpa lemak lainnya. Karena tidak banyak lemak pada potongan ini, mereka kurang memaafkan jika sedikit terlalu matang. Membiarkan daging di atas penghitung suhu ruangan selama 30 menit sebelum dimasak akan membantu memasak lebih merata.

5. Masak perlahan-lahan

Potongan daging yang lebih mahal dapat dibakar dengan cepat pada suhu tinggi, tetapi banyak potongan anggaran, seperti bahu babi atau daging panggang, memerlukan teknik memasak rendah dan lambat (seperti sandwich slow cooker ini). Saat merebus potongan daging yang keras, kolagen terurai dalam cairan memasak dan benar-benar membiarkan serat otot yang keras itu terpisah. Pastikan Anda memberi diri Anda cukup waktu untuk membiarkan potongan itu rusak, yang bisa memakan waktu empat jam atau lebih dalam oven Belanda atau slow cooker.

6. Tekan suhu internal yang tepat

Memasak terlalu lama bisa membuat daging Anda kering, tetapi daging yang kurang matang bisa sangat kenyal. Jangan takut dengan termometer daging yang bisa dibaca secara instan dan tarik daging Anda saat sudah siap. Untuk potongan yang empuk secara alami seperti beef tenderloin, itu bisa jarang terjadi seperti 125ºF, sedangkan potongan yang lebih keras seperti Sandung lamur harus dimasak hingga 195ºF.

7. Istirahatkan dagingmu

Tidak peduli seberapa baik Anda mempersiapkan dan memasak daging Anda, itu akan menjadi kering dan keras jika Anda tidak membiarkannya beristirahat. Aturan umum adalah lima menit per inci ketebalan untuk steak, atau sepuluh menit per pon untuk daging panggang. Ini memungkinkan jus untuk didistribusikan kembali di dalam daging alih-alih tumpah ke talenan—itu berarti daging Anda akan kering dan keras.

8. Iris melawan serat

Semua potongan daging memiliki serat otot panjang yang membentang di seluruh bagiannya. Jika Anda membuat potongan sejajar dengan serat otot, Anda akan menggunakan gigi untuk menembusnya saat mengunyah. Itu terdengar seperti latihan! Sebaliknya, potong melintang pada serat otot sehingga mereka terlepas dengan mudah dan mudah.

Demikian cara membuat daging sapi agar cepat empuk dengan 8 metode cara. Semoga cara ini bermanfaat bagi kalian dan bisa digunakan denganbaik. Untuk resep daging sapi lain klik di sini