Cara Bikin Kue Kacang Kenari

Pada kali ini saya akan membagikan cara bikin kue kacang kenari. Yuk simak cara bikin nya.

Definisi Kue Kacang Kenari

definisi kue kacang kenari

Di Indonesia, kacang kenari tumbuh di daerah timur, seperti Sulawesi, Maluku, dan Papua. Selain rasanya yang nikmat, kacang kenari juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, yaitu untuk meningkatkan kesehatan fungsi hati dan tulang, menjaga kestabilan berat badan, mengurangi peradangan, dan lain sebagainya.

Kacang kenari atau walnut ini merupakan sejenis kacang yang memiliki bentuk yang khas. Jenis kacang ini juga dikenal dengan nama walnut. Tak hanya nikmat saat dikonsumsi langsung, kacang kenari juga kerap diolah menjadi makanan yang lezat.

Cara Membuat Kue Kacang Kenari

Bahan-Bahan :

  • 200 gram mentega
  • 100 gram gula halus
  • 220 gram tepung terigu
  • 30 gram cokelat bubuk
  •  1 butir kuning telur
  • 2 sdm putih telur
  • 50 gram kacang kenari sangrai, cincang kasar
  • 2 sdm susu cair

Cara Membuat Kue Kacang Kenari :

  1. Kocok mentega bersama dengan gula halus sebentar saja. Tambahkan kuning telur dan putih telur, kocok kembali hingga menyatu.
  2. Tuang tepung terigu sambil diayak bersama dengan cokelat bubuk, aduk menggunakan sendok kayu atau spatula.
  3. Masukkan kacang kenari, aduk sampai kenari menyebar. Selanjutnya, tuangkan susu cair, aduk hingga rata kembali.
  4. Ambil dua sendok adonan, letakkan adonan di atas loyang yang sudah diolesi margarin. Tekan adonan hingga agak pipih menggunakan garpu.
  5. Panggang dalam oven bersuhu 170 derajat celcius selama 30 menit atau hingga kue matang dan kering. Angkat dan biarkan sampai dingin.
  6. Kemas dalam stoples dan hias sesuai selera.
Baca Juga : Cara Bikin Kue Kacang Lembut dan Renyah

Manfaat Kacang Kenari Untuk Kesehatan

1. Baik untuk Kesehatan Otak

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa buah kenari baik untuk kesehatan otak. Terdapat penelitian yang dilakukan pada hewan dan menunjukkan bahwa dalam kenari terkandung lemak tak jenuh ganda, polifenol, dan vitamin E yang dapat membantu mengurangi kerusakan oksidatif dan peradangan pada otak. Sementara studi pengamatan lain pada manusia menyebutkan, lansia yang rutin makan walnut memiliki kemampuan berpikir dan mengingat yang lebih baik.

2. Mengurangi Peradangan

Manfaat kenari selanjutnya adalah untuk mengurangi peradangan. Adanya peradangan yang terjadi dalam tubuh dapat memicu stres oksidatif yang kemudian menyebabkan timbulnya berbagai masalah kesehatan lain, seperti gangguan pada sel dan jaringan.

Nah, dalam walnut ini terkandung ellagitannin, yang merupakan salah satu senyawa polifenol. Sehingga, yang terjadi adalah bakteri baik pada usus akan mengubah ellagitannin tersebut menjadi senyawa urolithin, dipercaya mampu melindungi tubuh terhadap peradangan dan stres oksidatif.

Selain itu, seperti yang telah dikatakan sebelumnya bahwa dalam kacang kenari terkandung asam lemak omega-3 juga magnesium, beserta asam amino arginin yang dapat mengurangi peradangan.

3. Menurunkan Kolesterol

Asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang terkandung dalam kenari dapat membantu mengurangi kadar kolestrol jahat dan trigeliserida. Dan penurunan lemak jahat dalam darah dalam jangka panjang tentu dapat  membantu kita terhindar dari berbagai risiko penyakit berbahaya, seperti stroke, dan serangan jantung.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Tak hanya menurunkan kolesterol, kacang kenari juga dapat membantu turunkan tekanan darah. Meski dibutuhkan penelitian lebih lanjut, beberapa studi telah menyatakan bahwa kacang kenari dapat membantu proses penurunan tekanan darah yang tinggi.

5. Mengendalikan Gula Darah

Kacang kenari cocok untuk dijadikan salah satu alternatif cemilan sehat, bahkan untuk penderita diabetes tipe 2. Menurut penelitian, disebutkan bahwa gula darah gula darah orang dengan riwayat diabetes cenderung mengalami penurunan setelah rutin minum obat diabetes serta 1 sendok makan minyak kenari selama 3 bulan.

Selain itu, mereka juga dapat mengalami penurunan hemoglobin A1C (kadar rata-rata gula darah selama 3 bulan) sebanyak 8%.

6. Mengendalikan Berat Badan

Beberapa orang beranggapan bahwa kacang merupakan salah satu makanan dengan lemak yang tinggi, namun kenari justru mengandung lemak sehat yang aman untuk berat badan kita.

Bahkan, bila dikonsumsi dengan porsi yang tepat, kacang ini dapat membantu proses pengendalian berat badan. Studi mengemukakan bahwa kacang kenari dapat bantu menahan lapar serta menurunkan nafsu makan pada orang gemuk.

Nah itu dia cara bikin kue kacang kenari. Caranya mudah kan selamat mencoba.