Cara Bikin Mie Untuk Mie Ayam

Assalamualaikum…mimin kembali lagi dengan membawa artikel baru cara bikin mie untuk mie ayam.Simak sampai akhir artikel ya…

cara bikin mie untuk mie ayam

Mie memang makanan yang disukai banyak orang,apalagi mie yang satu ini pasti semuanya udah pernah merasakan rasa mie ini.Mie ayam memang mie sejuta umat ,rasanya yang enak dan juga harganya yang murah membuat mie ini banyak disukai orang-orang.

Mie ayam terkenal karena rasa bumbunya yang asam manis daan juga taburan ayamnya yang banyak di atas mie.Apalagi mie ayam juga di jual disetiap daerah di Indonesia.Dan di era sekarang saja mie ayam sudah banyak variasinya yang  semakin membuat mie ayam menjadi semakin nikmat.

Di artikel ini,mimin bakal kasih tau cara bikin mie untuk mie ayam ala mimin.Buat kalian yang takut makan mie ayam karena takut mie nya ada formalinnya kalian bisa lo membuatnya di rumah.Caranya mudah dan hemat biaya.

Baca Juga:bumbu maranggi daging kambing ala rumahan

Berikut ini cara bikin mie untuk mie ayam yang mudah dan sederhana ala mimin….

Cara Bikin Mie Untuk Mie Ayam

Bahan-Bahan:

  1. Tepung terigu 300 gram
  2. Telur ayam 3 buah
  3. 1 sdm minyak goreng
  4. 1 sdt garam
  5. secukupnya tepung terigu untuk taburan

Cara Bikin Mie Untuk Mie Ayam:

  1. Campurkan semua bahan menjadi satu masukan kedalam wadah. Uleni dengan tangan hingga semua tercampur merata.
  2. Tidak usah sampai kering , bisa dicabik sedikit kalo tengahnya masih lembek bisa menambahkan tepung secukupnya.
  3. Porsikan adonan menjadi beberapa bagian bola, lalu dipipihkan.
  4. Giling berulang kali hingga tepung tidak merata diadonan sampai tidak terlihat lagi.
  5. Sebelum digiling menjadi mie, taburkan sedikit tepung tapioka diatas adonanya lalu di usap- usap.
  6. Setelah jadi ditaburkan lagi sedikit tapioka diatasnya.
  7. Biar awet masukan adonan mie ini kedalam freezer rebusnya sebentar aja di air mendidih, sekitar 25 detik cukup.

Asal-Usul Mie Ayam

Mie ayam ternyata merupakan “turunan” dari makanan khas China yakni bakmi. Ya, bakmi berasal dari China. Bakmi dibuat dari tepung terigu dan disajikan dengan kuah terpisah. Biasanya, di atas bakmi ditambahkan lauk berupa potongan daging berbumbu dan sayuran. Pada umumnya, daging yang digunakan di China adalah daging babi.

Mie ayam “hijrah” ke Indonesia melalui hubungan perdagangan pada zaman dulu. Kemudian cita rasa bakmi menyesuaikan lidah lokal masyarakat Indonesia.Dalam perkembangannya, daging babi diganti dengan daging ayam yang disemur kecap. Hal itu dikarenakan pada saat itu kerajaan kuno Nusantara mayoritas adalah kerajaan Islam.

Dulu, biasanya kalau bakmi disebut, berarti mi yang mengandung minyak babi. Bakmi menjadi “kata kunci” bagi para pedagang untuk menambahkan bumbu dan minyak babi, karena itu adalah cara tradisional.

Sekarang sudah berubah dan orang sudah rancu, paling sering disebutnya bakmi ayam. Mie ayam dapat disajikan terpisah dengan kuahnya. Tapi masyarakat Indonesia kebanyakan mencampurnya terlebih dahulu sebelum dimakan. Tetapi ada juga yang dipisah seperti contohnya mie yamin.

Kendati mie ayam berasal dari China, tetapi menu mie ayam  ini tidak bisa ditemukan di sana. Mie ayam ini bisa dikatakan sudah menjadi kuliner Indonesia.  Di China daerah Guandong dan Fujian, ada menu mie ayam,tetapi wujud dan rasanya berbeda dari mie ayam Indonesia.

Mudah bukan cara bikin mie untuk mie ayam?pastinya mudah dong .Semoga informasi ini bermanfaat untuk para reader dan selamat mencoba  …..Assalamualaikum dan sampai jumpa di artikel selanjutnya