Cara Buat Ayam Crispy Sederhana

Cara Buat Ayam Crispy Sederhana Ala KFC

Salah satu resep tersembunyi yang banyak dicari oleh banyak orang dari semua kalangan usia dimulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Karena memang Cara Buat Ayam Crispy Sederhana ini tidak diragukan lagi dengan rasanya yang lezat dan cukup bergizi untuk tubuh kita.

Alat dan bahannya pun cukup simple dan mudah banget ditemukan di mana saja. Cara membuatnya pun cukup mudah tentunya, jadi untuk kalian yang lagi belajar memasak jangan kebingungan lagi, inilah solusinya. Makin penasaran kan gimana mudahnya membuat ayam crispy ini? Yukk, kita simak bareng – bareng informasi di bawah ini.

Cara Buat Ayam Crispy Sederhana

Cara Buat Ayam Crispy Sederhana

Bahan – Bahan :

  • 1/2 kg daging ayam
  • bawang putih 3 siung
  • ketumbar 1/2 sdm
  • kunir bubur 1/4 sdm
  • garam 1 sdm
  • penyedap rasa 1/4 sdm
  • merica 1/4 sdm
  • 1/4 air perasan jeruk nipis
  • tepung terigu 1/4 kg
  • 3 sdm tepung beras
  • maizena 5 sdm
  • tepung crispy 3 sdm
  • 2 sdm tepung tapioka
  • telur 1 butir
  • air secukupnya

Cara Membuat :

  1. Bersihkan dan potong daging ayam terlebih dahulu, lalu campurkan dengan bumbu di atas yang sudah dihaluskan secara merata, kemudian simpan daging ayam di dalam kulkas kurang lebih sehari semalam agar bumbu benar – benar meresap secara merata.
  2. Campurkan tepung – tepung kering dan bumbu tepung, lalu aduk – aduk secara bersamaan hingga tercampur dengan rata, lalu sisihkan terlebih dahulu.
  3. Untuk adonan celupan cukup masukkan telur dan garam, lalu beri air secukupnya.
  4. Ambil daging ayam yang sudah dimarinasi dari kulkas tadi, lalu celupkan ke dalam telur, kemudian celupkan ke dalam adonan tepung yang kering tadi.
  5. Setelah itu, celupkan ke dalam adonan tepung yang basah, lalu celupkan lagi ke dalam adonan tepung yang kering, lalu tekan – tekan supaya bisa menghasilkan tekstur crispy yang bagus, lakukan dengan cara yang sama berulang – ulang hingga daging ayam habis.
  6. Panaskan minyak goreng terlebih dahulu, minyaknya kalau bisa yang banyak dan menggunakan panci saja supaya ayam bisa terendam dengan minyak dengan rata.
  7. Masukkan daging ayam ke dalam minyak panas dengan api sedang, dan pastikan ayam sampai benar – benar terendam.
  8. Tunggu hingga ayam berwarna sedikit kecoklatan, dan jangan terlalu sering membolak – balikan ayam supaya tidak menyerap minyak terlalu banyak.
  9. Jika sudah selesai angkat dan ayam crispy kriuk sudah bisa untuk dinikmati.

Selengkapnya Cara Buat Roti Sobek Lembut Dan Empuk Dijamin Ketagihan

Hal yang Harus Diperhatikan

Ada beberapa peringatan tentang Cara Membuat Ayam Crispy Sederhana. Apalagi proses memasaknya cukup lama dan membutuhkan kesabaran. Kesalahan kecil, seperti salah menggunakan minyak, seringkali mengakibatkan banyak orang gagal memasak dan tidak mencapai tekstur renyah yang diinginkan.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membuat ayam crispy sederhana Ini akan memastikan bahwa hidangan yang Anda buat akan sesuai dengan apa yang Anda inginkan sebelumnya.

1. Jangan Gunakan Hanya Paha Ayam

Kebanyakan orang ingin menggunakan paha ayam dan mengolahnya menjadi ayam crispy. Padahal, mengetahui semua bagian ayam bisa membuat ayam krispi yang garing nikmat, salah satunya bagian dada. Untuk menggoreng dada ayam, potong terlebih dahulu ayam menjadi potongan-potongan kecil agar lebih cepat matang.

2. Jangan Goreng Langsung Ketika Baru Keluar dari Freezer

Jika Anda menyimpan ayam di lemari es atau freezer, jangan langsung digoreng. Suhu minyak diturunkan dan ayam tidak matang dengan baik. Hal ini juga mencegah kulit ayam memiliki tekstur yang garing khas ayam krispi dengan tepung biasa.

3. Jangan Rendam Ayam Dalam Air Garam

Kebanyakan orang sering melewatkan fase yang satu ini. Padahal, air garam bisa membuat daging ayam lebih renyah. Rendam potongan ayam dalam air asin selama sekitar 4 jam sebelum ditaburi tepung. Cara ini menciptakan tekstur daging yang renyah dan empuk.

4. Teknik Pelapisan Tepung yang Salah

Kunci untuk membuat tepung crispy adalah menggunakan teknik pelapisan tepung yang tepat. Kebanyakan orang hanya melakukan pelapisan tepung sekali sebelum menggoreng. Padahal, urutan yang benar adalah mengolesnya dengan tepung dan telur, lalu mengolesnya lagi dengan telur dan tepung untuk mendapatkan kulit yang renyah.

Jangan lupa untuk mencampur bumbu seperti merica dan garam ke dalam setiap lapisan tepung juga untuk memberikan rasa ayam yang hangat.

5. Jangan Goreng Ayam Dengan Minyak yang Terlalu Panas

Minyak goreng yang terlalu panas akan membuat ayam cepat gosong bagian luarnya, meskipun ayam belum matang. Panggang ayam pada suhu 165 ° C selama sekitar 15 hingga 18 menit. Juga, cobalah untuk tidak menggoreng ayam secara bersamaan karena dapat mengisi wajan. Wajan yang penuh akan menyebabkan suhu minyak turun dan waktu memasak meningkat, sehingga kebutuhan akan tepung ayam yang crispy.

Trik Cara Buat Ayam Crispy Sederhana

Cara Buat Ayam Crispy Sederhana

Ada beberapa orang yang bisa gagal membuat ayam crispy ini, seperti kulit ayam yang sudah tidak garing lagi saat dingin, dan ayam menjadi keras. Jadi, saya akan berbagi dengan Anda beberapa trik untuk membantu Anda berhasil membuat ayam renyah ini di rumah.

1. Bahan Bumbu Ayam

Ayam crispy biasanya diasinkan atau diasamkan selain garam, bumbu seperti bawang putih, bubuk paprika, kecap inggris, kecap asin, dan kecap ikan bisa ditambahkan untuk menambah cita rasa ayam.

2. Waktu Marinasi Ayam Yang Lama

Disarankan untuk digunakan saat mengasinkan atau mengasinkan ayam lebih dari 30 menit. Ini karena semakin lama rendaman, semakin kuat rasa ayamnya. Namun, tidak disarankan untuk mengasinkan ayam lebih dari 12 jam. Ini memastikan bahwa ayam tetap segar saat diproses.

3. Oleskan Pada Ayam

Ayam yang sudah basah bisa langsung digulung menjadi tepung kering, namun kekentalan tepungnya pasti kurang maksimal. Lebih baik jika ayam terlebih dahulu direndam dalam pewarna.

Larutan susu, air es, putih telur atau tepung dapat digunakan sebagai saus. Dan Anda juga bisa menggunakan campuran tepung protein sedang dan tepung maizena untuk larutan perendamannya. Anda juga bisa menambahkan sedikit baking soda untuk hasil yang lebih renyah.

4. Remas Ayam

Kedengarannya sepele, tetapi meremas ayam membuat tepung lebih renyah saat digoreng. Saat Anda mencelupkan ayam ke dalam campuran tepung kering, cobalah untuk menguleni ayam dengan jari-jari Anda, tetapi harus bersih. Ulangi sampai ayam habis.

5. Gunakan Wajan Cekung

Disarankan menggunakan wajan yang dalam dan besar agar semua potongan ayam terendam minyak. Bagian ayam yang belum matang akan mudah gosong saat digoreng, sehingga teksturnya kurang renyah. Sisi meja rias yang tinggi juga meminimalkan cipratan minyak.

6. Perhatikan Waktu dan Suhu Saat Menggoreng

Biasanya ayam harus digoreng sekitar 7-8 menit per sisi. Namun, kali ini dapat bervariasi tergantung pada ukuran dan ukuran ayam di rumah. Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan suhu agar menggoreng ayam dengan sempurna.

Sekian artikel dari saya mengenai Cara Buat Ayam Crispy Sederhana ini, cukup mudah bukan ? Tentunya dong, jadi tunggu apalagi ayo kita sama – sama mengisi waktu luang kita dengan hal yang lebih positif lagi, dengan cara ini lah pastinya. Semoga bisa bermanfaat, Terimakasih dan selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *