cara buat bawang goreng renyah

Cara Buat Bawang Goreng Renyah

Pada artikel kali ini saya akan berbagi cara buat bawang goreng renyah. Bawang goreng ini sering digunakan sebagai bahan tambahan masakan maupun sebagai hiasan untuk penambah rasa. Di artikel ini akan dibahas selengkapnya, jadi simak baik baik ya…

Apa Itu Bawang Goreng dan Untuk Apa?

cara buat bawang goreng renyah

Bawang goreng adalah bumbu masakan yang terbuat dari bawang merah yang diiris tipis kemudian digoreng hingga garing dan renyah. Bawang merah sendiri merupakan salah satu jenis bunga pada tanaman yang banyak digunakan sebagai bumbu masakan dan sebagai obat berbagai penyakit.

Karena warna kulitnya yang merah maka disebut bawang merah. Ukurannya kira-kira sebesar ibu jari orang dewasa hingga kepalan tangan bayi. Bentuknya melengkung rapat di tengah dan mengerucut di ujungnya. Saat dibuat menjadi bawang goreng, teksturnya berubah menjadi oat kering dan renyah.

Warnanya coklat keemasan dan memiliki rasa yang sangat pedas.

Fungsi dari Bawang Goreng

Karena rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah, bawang goreng sering dijadikan bumbu berbagai masakan. Seperti nasi goreng, bayam, bakso, soto ayam dan masih banyak lagi. Hebatnya lagi, bawang goreng bisa digunakan sebagai MSG alami untuk masakan apa saja, karena rasa gurihnya cocok dengan rasa gurih MSG.

Bawang goreng yang diperoleh dari bawang merah kaya akan nutrisi seperti serat, kalsium, zat besi, protein, dan vitamin C. Sayangnya, bawang merah kehilangan kandungan nutrisinya jika terlalu lama dipanaskan di atas api.

Cara Simpan Bawang Goreng Tetap Renyah

Sudah pasti bawang goreng yang dibuat dapat disimpan lama dan tetap renyah. Jadi disini saya akan berbagi tips cara menyimpan bawang goreng supaya tetap renyah ketika digunakan kembali.

1. Pilih Bawang yang Sesuai

Pastikan bawang yang mau diiris dan digoreng sudah benar benar tepat. Jika bawang yang berukuran besar maka bawang goreng akan kurang renyah, jadi pilihlah bawang ukuran sedang dengan irisan yang sesuai. Iris dengan memanjang sesuai kebutuhan anda.

2. Simpan Bawang Jika Sudah Dingin

Jangan menyimpan bawang goreng saat masih panas. Diangin-anginkan sebentar sampai dingin. Disimpan hanya setelah bawang goreng tidak lagi panas. Jika Anda menyimpan bawang goreng panas, mereka akan mudah layu dan tidak akan bertahan lama.

3. Simpan Bawang dalam Toples

Yang terbaik adalah menyimpan bawang goreng dalam gelas yang tertutup rapat. Ibu bisa memberikan tambahan handuk dapur sebagai alas gelas untuk menampung minyak dari bawang goreng.

4. Alternatif Menyimpan pada Plastik

Jika Anda tidak memiliki toples yang kosong, mungkin Anda bisa menyimpannya di dalam kantong plastik. Tapi pastikan plastiknya kedap udara ya Bu. Bawang goreng yang disimpan di wadah terbuka akan cepat layu dan melempem.

5. Simpan Pada Tempat yang Kering

Bawang goreng tidak perlu disimpan di lemari es agar lebih awet. Selama wadah tertutup rapat, bawang goreng akan bertahan lebih lama jika Anda menyimpannya di tempat yang kering dengan suhu ruangan. Hindari tempat yang basah dan lembab ya bunda

Cara Buat Bawang Goreng Renyah

Cara buat bawang goreng renyah itu mudah. Proses utamanya sebenarnya hanya mengiris bawang merah dan menggorengnya dengan sedikit garam. Namun dalam praktiknya, bawang sering gosong, berminyak, dan tidak garing.

Setelah bawang merah dikupas, silahkan cuci terlebih dahulu. Aku takut kotoran akan tertinggal. Setelah dicuci, lanjutkan mengeringkan dengan sapu tangan.

Untuk kebutuhan mesin usaha anda: Rumah Mesin

Cara Buat Bawang Goreng Renyah dengan Cuka

Bahan yang dibutuhkan:

  • 250 gram bawang merah iris tipis
  • 4 sdt tepung maizena
  • 1 sdt kaldu jamur bubuk
  • 1 sdt cuka dapur

Catatan: Untuk lebih mudah dan efektif dalam mengiris bawang merah ini, anda bisa menggunakan alat pemotong bawang. Sebab, kulit bawang merah sulit dikupas dan dengan mesin ini anda akan cepat dalam memotong dan mengirisnya.

Cara buat bawang gorengnya:

  1. Campur irisan bawang merah dengan cuka dapur hingga semuanya tercampur rata. Diamkan selama 1 menit.
  2. Bilas dengan air mengalir, campur bawang dengan cuka, tiriskan.
  3. Taburkan kaldu jamur dan tepung maizena di atasnya, aduk rata.
  4. Masukkan bawang bombay ke dalam minyak panas, jangan diamkan, aduk sampai kuning pucat.
  5. Jika sudah berwarna kuning muda, kecilkan api, aduk sebentar, angkat. (Jangan tunggu sampai bawang kecoklatan karena bawang akan terus menempel setelah diangkat).
  6. Biarkan dingin, goreng kembali berwarna kekuningan dengan api kecil (sebentar saja), angkat.
  7. Tunggu hingga dingin, masukkan ke dalam wadah dan simpan di lemari es.

Jadi sekian artikel dari saya tentang cara buat bawang goreng renyah dan sedikit ulasan bagaimana menyimpannya. Semoga artikel yang saya buat ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kepada para pembaca lebih tahu tentang bawang merah ini.

Saya cukupkan sampai sini dan sampai jumpa.