Cara Buat Jamu Beras Kencur

Cara Buat Jamu Beras Kencur dan Khasiatnya untuk Kesehatan

Cara Buat Jamu Beras Kencur – Jamu beras kencur merupakan salah satu jamu tradisional yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Seperti namanya, jamu beras kencur terbuat dari bahan beras dan rimpang kencur. Jamu beras kencur memiliki rasa yang manis, aroma yang kuat serta rasa sedikit pedas.

Selain karena rasanya yang nikmat, jamu beras kencur populer karena memiliki segudang manfaat khususnya bagi kesehatan. Jamu tradisional yang satu ini telah turun temurun diwariskan oleh nenek moyang dan dimanfaatkan sebagai minuman obat yang berkhasiat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan maupun penyakit. Kenali Juga Macam-Macam Jamu Trasional Nusantara.

Jamu beras kencur biasanya dipilih oleh para ibu untuk membantu meningkatkan nafsu makan pada anak. Pasalnya jamu beras kencur mengandung vitamin B yang mampu merangsang lambung untuk memberikan sinyal lapar. Tentu dengan cita rasa jamu beras kencur yang manis dan segar membuat anak-anak gemar mengonsumsi jamu yang satu ini.

Jamu beras kencur juga mengandung minyak atsiri dan senyawa alkaloid yang juga berperan dalam mengatasi berbagai macam penyakit. Jadi, bagaimana? apakah Anda ingin membuat jamu beras kencur? yuk simak caranya!

Cara Buat Jamu Beras Kencur

Cara Membuat Beras Kencur yang Sehat dan Kaya Manfaat

Bahan-bahan:

  • 125 gram kencur
  • 50 gram beras putih
  • 150 gram gula jawa
  • 5 sdm gula pasir
  • 5 cm rimpang jahe
  • 1/2 sdm asam jawa
  • 1500 ml air

Cara Membuat :

  1. Langkah pertama, cuci beras hingga bersih. Setelah itu beras direndam selama kurang lebih 3 jam atau semalaman. Hal ini bertujuan agar beras lebih mudah dihaluskan. Sisihkan.
  2. Selanjutnya, siapkan panci. Lalu masukkan asam jawa, jahe, gula pasir, dan gula merah. Jangan lupa tambahkan air. Masak hingga mendidih sambil diaduk agar gula larut.
  3. Setelah mendidih diamkan hingga agak dingin. Setelah itu saring airnya agar tidak berampas. Sisihkan
  4. Kemudian cuci rimpang kencur hingga bersih. Kupas kulitnya lalu diiris tipis-tipis. Sisihkan.
  5. Tiriskan beras yang sudah direndam sebelumnya kemudian halukan dengan menggunakan blender. Jangan lupa tambahkan irisan kencur, dan air gula yang telah dibuat sebelumnya. Blender semua hingga halus dan merata.
  6. Selanjutnya, saring beras kencur dengan menggunakan kain bersih. Peras agar sari beras kencur bisa keluar.
  7. Jamu beras kencur pun siap disajikan dengan penambahan es batu. Anda juga dapat menyimpan jamu beras kencur di dalam kulkas dengan cara dimasukkan ke dalam botol tertutup. Jamu beras kencur bisa bertahan hingga 3-6 hari.

Baca Juga : Cara Membuat Jamu Kunyit Asem dengan Mudah

Khasiat Jamu Beras Kencur

Jamu beras kencur memiliki segudang kandungan nutrisi dan antioksidan, untuk itu, jamu tradisional ini sangat bermanfaat untuk dijadikan sebagai salah satu minuman yang menyehatkan. Yuk simak apa saja khasiat jamu beras kencur untuk kesehatan!

1. Menambah Nafsu Makan

Jamu beras kencur populer dengan khasiatnya yang mampu menambah nafsu makan. Oleh karena itu jamu beras kencur sangat cocok dikonsumsi oleh anak-anak yang memiliki masalah nafsu makan.

Jika dikonsumsi secara rutin, jamu beras kencur mampu meningkatkan nafsu makan serta meningkatkan stamina anak. Selain itu jamu beras kencur juga berkhasiat dalam penebalan dinding lambung. Sehingga manfaat ini cocok bagi Anda yang memiliki masalah pada lambung seperti maag.

2. Mengatasi Flu dan Batuk

Khasiat jamu beras kencur yang berikutnya yaitu dapat mengatasi dan menyembuhkan flu. Khasiat ini Anda rasakan karena efek hangat yang diberikan oleh jamu beras kencur. Selain itu, efek hangat dari jamu beras kencur ini juga mampu membantu meredakan mual yang disebabkan oleh flu.

Tak hanya itu, batuk juga bisa disembuhkan dengan mengonsumsi jamu beras kencur. Sensasi hangat yang diberikan rimpang kencur mampu menetralkan batuk dan rasa gatal.

Jamu beras kencur juga dapat meringankan sakit kepala yang diakibatkan karena flu atau bahkan sakit kelapa traumatis seperti migrain.

3. Menyembuhkan Sariawan

Rimpang kencur sebagai bahan utama jamu tradisional ini ternyata mampu menyembuhkan sariawan. Rasa hangat serta sifat anti bakterinya ternyata cukup efektif dalam meredakan sariawan.

Selain itu, kandungan minyak atsiri dalam jamu beras kencur ternyata juga dapat digunakan sebagai obat pencahar dahak atau pembersih tenggorokan serta mengatasi masalah tenggorokan lainnya.

4. Mengatasi Infeksi Penyakit

Ada beberpa penyakit menular yang disebabkan oleh karena infeksi bakteri. Untuk meringankan kondisi penyakit tersebut, Anda bisa mengkonsumsi jamu beras kencur.  Kahsiat ini bisa dirasakan berkat jamu beras kencur memiliki sifat sebagai anti bakteri. Zat anti bakteri ini diyakini cukup efektif dalam melawan infeksi atau berbagai penyakit yang disebabkan oleh serangan bakteri.

5. Mengatasi Diare

Rimpang kencur mengandung zat sitotoksik serta anti bakteri yang mampu membantu menyembuhkan diare. Sebagian besar kasus diare disebabkan karena adanya infeksi pada saluran pencernaan. Mikroba yang bertanggung jawab untuk infeksi ini yaitu bakteri, virus atau parasit.

Zat anti inflamasi serta anti bakteri yang ada pada kencur diyakini mampu membunuh bakteri dan menyembuhkan diare dengan cepat. Selain itu, jamu beras kencur juga mampu menghindarkan tubuh dari dehidrasi tubuh akibat kehilangan cairan saat diare.

6. Mencegah Kanker

Rimpang kencur juga mengandung etil p-metoksisinamat yang bersifat sebagai  anti kanker. Kandungan dalam jamu beras kencur ini dipercaya mampu menghambat proliferasi sel karsinoma hati hepatoseluler. Hambatan pada proliferasi sel karsinoma hati hepatoseluler ini bisa mencegah munculnya penyakit kanker.

Demikian tadi beberapa informasi mengenai cara buat jamu beras kencur dan khasiatnya bagi kesehatan.