Cara Buat Pisang Goreng Molen

Cara Buat Pisang Goreng Molen Dijamin Lezat

Pisang goreng molen merupakan salah satu cemilan yang banyak diminati setiap orang. Cemilan ini biasanya di konsumsi saat bersama, Cara buat pisang goreng molen juga mudah di cari.

Pisang Goreng Molen

Pisang Goreng Molen

Pisang molen adalah suatu hidangan ringan berbahan baku pisang yang dilapisi gulungan lembar-lembar adonan pastri dan kemudian digoreng dengan minyak. Hidangan ini merupakan variasi dalam pengolahan dari pisang goreng.

Makanan ini terinspirasi dari warmbollen, roti Belanda berbentuk bola dan dihidangkan dalam keadaan panas. “Terinspirasi warmbollen, menjelmalah peuyeumbollen,” tulis Swandjaja. “Jajanan ini menjadi populer dan dicari terutama oleh orang-orang Jakarta yang ber-weekend ke Bandung.

Cara Buat Pisang Goreng Molen

Pisang Goreng Molen

1. Cara Buat Pisang Goreng Molen

Bahan-bahan:

  • 1 kg tepung terigu payung biru
  • 200 gr gula pasir
  • 100 gr margarin
  • Sejumput garam
  • 2 sachet panili
  • Secukupnya air
  • Minyak untuk menggoreng
  • Secukupnya pisang raja nangka/kepok pipit/magelang potong serong

Cara Buat Pisang Goreng Molen:

  1. Campur terigu, gula pasir, garam, panili dan margarin sampai rata
  2. Tuang air sedikit demi sedikit, sampai adonan kalis dan terasa ringan
  3. Ambil sedikit adonan, giling menggunakan alat pembuat molen dari angka 1-6
  4. Ambil pisang yang dipotong serong lalu lilitkan dengan adonan kulit
  5. Goreng molen dalam minyak dingin lalu besarkan api sampai semuanya matang, menjelang kuning keemasan kecilkan api.

2. Cara Buat Pisang Goreng Molen Mini

Bahan-bahan:

  • 1 sisir kecil pisang uli (bisa diganti dengan jenis lainnya)
  • 250 gr tepung terigu (sy pakai merk segitiga)
  • 4 sdm tepung maizena
  • 2 sdm susu bubuk vanila (sy pakai dancow)
  • 6 sdm gula halus
  • 1 sdt vanili bubuk
  • 50 gr margarin
  • 1/2 sdt garam
  • 130 ml air es
  • Secukupnya minyak untuk menggoreng

Cara Buat Pisang Goreng Molen Mini:

  1. Siapkan pisang. Saya potong 1 pisang menjadi 3 bagian. Sisihkan.
  2. Campurkan semua bahan, kecuali air. Aduk hingga rata. Tambahkan air sedikit demi sedikit. Uleni hingga kalis
  3. Bagi adonan yang sudah kalis menjadi 4 bagian. Ambil 1 bagian, kemudian gilas menggunakan rolling pin (kalau tidak ada, bisa menggunakan gelas), kemudian potong menjadi beberapa (lihat gambar).
  4. Ambil 1 irisan adonan, kemudian gilas lagi hingga agak tipis. Lilitkan ke 1 potongan pisang. Lakukan berulang hingga habis. Panaskan minyak (api sedang), goreng molen hingga keemasan. Angkat, tiriskan, lalu sajikan.

Zat Dalam Buah Pisang

Dalam satu buah pisang berukuran sedang mengandung potassium atau kalium, serat, dan zat besi. Selain itu, buah pisang juga mengandung vitamin C, vitamin B6, magnesium dan 105 kalori.

5 Manfaat Pisang Untuk Kesehatan Tubuh

Tanaman pisang merupakan tanaman yang serbaguna, mulai dari akar (rhizome) sampai daun dapat dimanfaatkan oleh manusia.

Air yang terkandung dalam bonggol secara tradisional dapat di gunakan sebagai obat anti sakit perut, dan pendarahan pada usus.

Batangnya dapat digunakan sebagai penghasil serat untuk bahan baku kain dan sebagai makanan ternak. Daunnya dapat di gunakan untuk pembungkus berbagai makanan seperti nasi, makanan kecil dan lain-lain.

1. Membantu Mengontrol Tekanan Darah pada Penderita Hipertensi

Kalium yang terdapat dalam pisang dapat membantu mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit untuk menjaga tekanan darah tetap stabil. Serat makanan dalam pisang mampu mengikat lemak dan pada akhirnya mencegah pembentukan plak.

2. Sumber Energi dan Mampu Meningkatkan Stamina

Anda tidak perlu mengonsumsi minuman berenergi, cukup makan pisang sebelum latihan. Buah pisang kaya akan vitamin dan serat. Dibandingkan apel, pisang mengandung karbohidrat 2 kali lebih banyak.

3. Melancarkan Pencernaan dan Metabolisme

Pisang matang membantu membuang limbah dari proses metabolisme tubuh. Salah satu manfaat pisang untuk pencernaan adalah membantu meringankan masalah pencernaan seperti sembelit karena kandungan seratnya. Ditambah lagi, makan pisang akan membantu ginjal membersihkan darah.

4. Mendukung Program Diet

Untuk Anda yang sedang melakukan program menurunkan berat badan, pisang cocok sekali dijadikan camilan sehat. Apalagi, buah ini memiliki kandungan lemak yang rendah.

5. Menurunkan Resiko Kanker Usus Besar

Penelitian menunjukkan bahwa diet tinggi sayur dan buah-buahan, termasuk pisang, dapat menurunkan risiko kanker usus besar. Ini diduga karena kandungan serat dan antioksidan dalam pisang.

Itulah cara buat pisang goreng molen yang bisa harus anda coba, atau bisa anda jadikan sebagai ladang rejeki. Semakin unik pisang molen yang disajikan, akan semakin banyak peminatnya. Tetap jadikan rasa sebagai unggulannya. Saya rekomendasikan menggunakan mesin peniris minyak agar kerja lebih mudah Selamat mencoba.