Cara Budidaya Cengkeh Agar Dapat Hasil yang Memuaskan

Cara Budidaya Cengkeh Agar Dapat Hasil yang Memuaskan

Cara budidaya cengkeh – Saat ini mendapat perhatian lebih terutama di kalangan petani, karena komoditas ini memiliki nilai jual yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan rempah-rempah lainnya.

Meski demikian, tidak semua paku memiliki harga yang sama. Kuku yang kualitasnya bagus pasti akan mendatangkan banyak peminat, jadi jika peminatnya banyak tentu harganya otomatis akan lebih tinggi.

Namun untuk mendapatkan kualitas cengkeh yang lebih baik, kita perlu memahami cara menanam cengkeh yang benar. Selain berkualitas tinggi, bibit unggul dan cara budidaya cengkeh yang baik secara alami juga menghasilkan cengkeh dalam jumlah banyak di setiap pohonnya.

Budidaya Cengkeh

 

 

Cengkih telah menjadi salah satu komoditas yang sangat penting dalam perdagangan khususnya rempah-rempah. Inilah sebabnya mengapa banyak petani yang melakukan budidaya cengkeh ini. Di Indonesia, tanaman cengkeh banyak ditemukan di daerah Sulawesi, seperti Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara.

Bahkan saat ini, cengkeh tidak hanya dibutuhkan untuk pasokan di pasar lokal tetapi juga dari luar negeri. Oleh karena itu tidak heran jika banyak petani cengkeh yang mencari berbagai cara menanam cengkeh agar cepat berbuah.

Cengkih merupakan salah satu jenis tanaman yang cocok untuk daerah dengan iklim panas bahkan curah hujan. Kisaran suhu yang baik untuk budidaya pusar adalah sekitar 22-30 derajat Celcius dengan curah hujan antara 1500-4500 mm per tahun. Sedangkan cengkeh tidak dianjurkan untuk ditanam di daerah yang anginnya kencang karena tidak cocok.

Mungkin banyak dari Anda yang ingin cengkehnya segera berbuah. Karena itu menjadi masalah, terutama bagi petani angkatan laut. Namun bagi yang baru ingin memulai, Anda bisa mengikuti beberapa langkah menanam cengkeh agar cepat berbuah.

baca juga : cara membuat keripik kulit buah naga

Cara Budidaya Cengkeh Agar Cepat Berbuah

 

1. Kondisi pertumbuhan

Poin ini sangat penting bagi mereka yang menginginkan hasil panen dengan kualitas terbaik. Sebaliknya, cengkeh merupakan salah satu tanaman yang dapat hidup di berbagai tempat. Namun, ada beberapa pusat pertumbuhan yang terbaik. Cengkih seperti daerah dengan ketinggian berkisar 300 sampai 600 di atas permukaan laut.

Suhu terbaik adalah sekitar 22-30 derajat Celcius. Curah hujan terbaik untuk tanaman cengkeh adalah 1500 – 4500 mm per tahun. Dari segi tanah, seperti tanaman lainnya, cengkeh juga membutuhkan tanah yang sehat dan gembur, kaya akan nitrogen dan humus serta tidak kelebihan beban. Keasaman tanah sekitar 5,5 hingga 6,5. Jauh lebih baik jika cengkeh ditanam di daerah dengan jenis tanah latosol.

2. Bibit

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk menanam cengkeh agar cepat berbuah adalah dengan menabur benihnya terlebih dahulu. Pilih biji cengkeh yang berkualitas baik, berwarna ungu pucat hingga kehitaman, dan kulit buahnya dikupas perlahan agar tidak pecah.

Kemudian direndam dalam air selama kurang lebih 24 jam. Kemudian cuci bersih sambil di gosok dan diaduk dengan air. Lakukan 2-3 kali pencucian sampai lendir benar-benar hilang.

Anda bisa menggunakan tanah gembur yang dicampur dengan pupuk kandang sebagai media tanam dan meletakkannya di kantong polis. Kemudian cara menanam cengkeh agar cepat berbuah, sirami media tanam dan tabur dengan posisi biji agak meruncing di atas kemudian tutup dengan tanah. Cengkih yang baik akan tumbuh dalam waktu kurang dari 3 minggu.

Baca Juga : Produk mesin cengkeh

Pastikan kelembapan terjaga; Anda harus melakukan penyiraman dengan hati-hati agar tidak merusak posisi benih. Letakkan di tempat yang teduh dengan potensi mendapat sinar matahari 25%. Untuk menanam di tempat yang telah ditentukan, Anda harus menunggu hingga berumur sekitar 1-2 tahun.

3. Bibit tanaman

Cara menanam cengkeh yang benar agar cepat berbuah adalah dengan terlebih dahulu membersihkan lahan yang sudah disiapkan dari rumput atau gulma. Kemudian tanah dibajak kemudian digaru sampai tanah gembur dan diberi pupuk kandang. Juga membuat drainase tanah untuk aliran air. Biarkan selama beberapa hari agar tanah menjadi subur. Kemudian buat lubang tanam, dan jarang tanam sekitar 8 x 8 meter. Penanaman dilakukan perlahan-lahan kemudian ditutup dengan tanah yang dicampur dengan pupuk kandang.

4. Perawatan

Salah satu faktor terpenting dalam menanam cengkeh agar cepat berbuah adalah perawatannya. Lakukan perawatan intensif mulai umur tanaman 1-4 tahun. Bersihkan area sekitar tanaman dari gulma dengan cara dicangkul secara rutin. Lakukan juga pemupukan secara berkala. Pemupukan setiap 4 bulan selama dua tahun pertama.

Baca Juga : Budidaya cengkeh

Sekian pembahasan saya tentang cara budidaya cengkeh. Apabila ada kelebihan kekurangan saya mohon maaf, semoga membantu..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *