Cara Memasak Kornet Pronas Goren

Cara Memasak Kornet Pronas Goreng dengan Kentang Terbaru

Cara Memasak Kornet Pronas Goreng merupakan makanan kuno, sejak kecil saya sering menyantap makanan ini. Ibu saya sering membuat makanan ini dari daging kornet. Jadi rasanya lebih enak. Sekarang kornet yang masih ada dari dulu sampai sekarang merk Pronas (ups, bukan iklan ya). Jadi kali ini saya membuat kornet kentang atau bisa disebut perkedel dengan merk corned beef yang sama.

Kornet Pronas Goreng dengan Kentang ( Perkedel )

Ibuku suka beli corn beef yang harganya 200gr, kalo ga salah kalengnya bentuknya semi oval, bukaan pinggirnya, jadi pasangkan openernya ke bagian yang menonjol dari kalengnya, gulung perlahan bagiannya, maka kaleng itu akan terbuka. Seringkali, ketika saya membukanya, saya biasanya akan istirahat di tengah jalan. Bahkan, justru memperpanjang proses pembukaan kaleng tersebut.

Sekarang saya tidak memperhatikan apakah cara membuka kalengnya masih sama, jika bungkusan kecil di tutupnya ada cincinnya, tarik saja, sangat mudah.

Masalah dalam membuat perkedel adalah sering rusak saat digoreng. Ini karena jenis kentang yang digunakan dan juga karena kentangnya terlalu berair. Untuk menghindarinya, sebaiknya kentang digoreng, bukan dikukus atau direbus.

Anda suka dengan ukuran lontong kentangnya, apakah suka yang besar , atau yang versi jawa kecil. Wah kalo lagi ngebahas ukuran perkedel, ingat saat ada acara kantoran, pesan menu ke ibu salah satu rekan kantor, sekarang hitung pesanan kuenya dengan jumlah tertentu.

Sebelum masuk ke resepnya saya punya alat yang bisa buat memanggang anda menjadi lebih mudah dan tentunya rasanya tambah uenak tenan, inilah panggangan sosis saya rekomendasikan anda cek dulu agar tahu macam-macam kelebihannya

Untuk perkedel kali ini saya buat sederhana, di tengah, tidak lucu dan tidak terlalu besar. Maka dari satu resep di bawah ini menghasilkan 10 biji.
Siapa yang mau lihat resepnya, ini resepnya, silahkan

Cara Memasak Kornet Pronas Goreng

Bahan – Bahan :

  • 3 buah kentang ukuran sedang
  • 1 kaleng kornet ukuran 120gr
  • 2 batang seledri, iris halus
  • 1 batang daun bawang, iris halus
  • 3 butir bawang merah, iris
  • 2 siung bawang putih, iris
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1/4 sendok teh garam
  • minyak untuk menggoreng
  • 1 butir telur, kocok, untuk pelapis perkedel

Cara Memasak Kornet Pronas Goreng :

  1. Pertama-tama kupas, cuci dan potong kotak kentang, lalu goreng sampai matang, angkat dan sisihkan
  2. Kedua goreng bawang merah dan bawang putih kemudian iris hingga harum saja, angkat sisihkan
  3. Haluskan kentang menggunakan ulekan atau cobek, haluskan juga bawang goreng
  4. Setelah di masukkan ke mangkuk, campur kentang, bawang, kornet, daun bawang dan seledri, tambahkan garam dan merica bubuk, aduk rata, coba sedikit rasanya
  5. Ambilah secukupnya adonan, bentuk seperti telur tapi pipih, lakukan hingga habis
  6. Ambil satu buah perkedel, celupkan ke dalam telur kocok
  7. Goreng dalam minyak yang telah dipanaskan sebelumnya. Goreng dengan api sedang, balik jika permukaan bawah sudah kecoklatan, goreng sampai matang
  8. Angkat dan tiriskan minyaknya
  9. Kornet pronas dengan telur siap disajikan

5 Tips Agar Perkedel Tak Mudah Hancur

1. Jangan menjadi kentang murni

Jika bahannya murni, kentang lebih mudah dihancurkan. Selain daging, tambahkan telur dan 1-2 sendok makan tepung singkong. Penambahan bahan ini akan membuat adonan kue semakin kental hingga lengket.

2. Lapisi dengan putih telur

Sebelum menggoreng perkedel, lapisi dengan putih telur. Perendaman sederhana ini akan melindungi permukaan perkedel agar tidak mudah pecah atau hancur.

3. Jangan menggoreng dalam jumlah banyak

Goreng kue dengan minyak panas tapi jangan tambahkan terlalu banyak. Cukup 4-5 buah dalam wajan. Jangan tertukar seperti menggoreng tempe yang bisa digoreng sekaligus sampai wajannya penuh. Gorengan kecil roti akan membiarkan minyak fokus pada pematangannya dan menyisakan ruang yang cukup untuk membaliknya.

4. Jangan Sering Membalik Perkedel

Jangan terlalu sering membalik perkedel. Cukup balik sekali setelah menggoreng sisinya selama sekitar 3 menit dengan api sedang. Pastikan ujungnya keras sebelum memutarnya.

5. Dinginkan semalaman

Sebaiknya adonan perkedel sudah dibulatkan dan dimasukkan ke dalam lemari es semalaman hingga tersusun atau mengental secara alami agar saat menggoreng tidak mudah hancur.

Demikianlah resep cara memasak kornet pronas goreng dengan kentang dengan tips yang bisa saya sampaikan. JIka kalian mau melihat resep kornet lainnya silahkan klik link Disini.

Baca juga : Cara Masak Mie Jawa Goreng Hanya Dengan 5 Langkah Mudah Saja