Cara Memasak Nasi Dengan Panci Serbaguna

Hai apakabar? Ketemu lagi dengan web ini ya. Kebetulan banget hari ini akan membahas tentang ” Cara Memasak Nasi Dengan Panci Serbaguna”. Tidak sesulit yang dibayangkan bahwa bawasannya memasak dengan panci akan gosong, semua tergantung diri sendiri bila mana menjaga apinya. Yuk simak saja langsung pembahasannya dibawah ini !

Cara Memasak Nasi Dengan Panci Serbaguna

Cara Memasak Nasi Dengan Panci Serbaguna

Panci serbaguna untuk menanak nasi. Hampir semua orang bisa memasak. Untuk membuat nasi pulen, ada beberapa langkah yang harus dilakukan dalam memasak nasi. Untuk membuat nasi punel dalam wajan, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan nasi, air dan sedikit garam.

Cara memasak nasi dengan panci dan wajan sebenarnya cukup mudah digunakan. Kalau dilihat dari langkah-langkahnya, kelihatannya mudah karena yang kamu butuhkan hanyalah beras, air, panci dan api. Juga, hati-hati juga.

Nasi adalah makanan serbaguna bagi banyak orang. Beberapa parutan dilengkapi dengan keranjang filter dan mangkuk. Anda dapat menggunakannya untuk merebus, mengukus, menumis, menggoreng, memanggang atau merebus nasi.

Sesuai dengan perkembangan teknologi di era modern ini, Anda bisa menyiapkan nasi melalui rice cooker khusus, atau biasa disebut rice cooker. Apalagi, saat ini nasi tidak perlu lagi dimasak dengan cara tradisional, yakni dengan panci atau wajan. Dilengkapi dengan 6 jenis mata pisau.

Hanya membutuhkan waktu 15 hingga 20 menit untuk nasi siap disajikan. Panci ini bisa digunakan untuk memasak langsung. Dalam hal ini, pilih opsi memasak yang tepat sebelum Anda mulai memasak nasi.

Penanak nasi sederhana biasanya memiliki tombol on/off, tetapi penanak nasi yang lebih baik memiliki lebih banyak pilihan memasak. Agar tidak salah memasak nasi secara manual, selalu periksa nasi yang dimasak. Hampir hanya terhubung ke listrik.

2009 2020 PT. Anda bisa menghilangkan garam ini jika tidak suka asin. Namun, memasak nasi juga bisa dilakukan dengan cara tradisional dengan riasan atau panci.

Selanjutnya cuci beras dua kali sampai bersih. Memasak merupakan cara santai namun bermanfaat untuk mengakhiri hari anda dan tidak perlu harus rumit. Setelah itu tambahkan air ke dalam beras di panci dan nyalakan api.

Bagi anda yang belum pernah melakukannya untuk memastikan nasi matang maka cicipi secara berkala. Selain cepat matang masakannya juga mudah cara menggunakannya tentunya lebih cepat dibanding menggunakan panci biasa atau penanak nasi yang menggunakan energi listrik sekalipun. Panci elektrik multifungsi bisa untuk menanak nasi menggoreng mengukus merebus.

 

Manfaat Nasi Putih Bagi Tubuh

Nasi putih adalah makanan pokok orang Indonesia, jadi banyak yang bilang kalau belum makan nasi belum makan.Mengkonsumsi nasi putih selagi tidak berlebihan membawa berbagai manfaat bagi tubuh.

Karena selain karbohidrat yang tinggi pada nasi, Anda juga bisa menemukan protein nasi putih dan nasi merupakan sumber energi yang baik sebagai sumber energi.
Manfaat nasi putih untuk kesehatan sudah jelas. Namun, karena beras tinggi gula, ia memiliki reputasi buruk.

Kandungan Gizi Nasi

Beras kaya akan nutrisi, mulai dari mineral dan vitamin hingga nutrisi penting seperti karbohidrat dan protein. Ini dia kandungan gizi dalam nasi dalam satu porsi (186 gram):

  • Kalori: 242
  • Lemak: 0,4 g
  • Natrium: 0 mg
  • Karbohidrat: 53,4 g
  • Serat makanan: 0,6 g
  • Gula: 0 gram
  • Protein: 4,4 g

Kandungan dalam nasi kaya akan vitamin yang baik untuk tubuh, terutama vitamin B kompleks seperti tiamin, niasin, dan riboflavin. Kandungan beras juga dapat dijadikan sebagai sumber mineral karena juga mengandung zat besi, mangan dan magnesium.

Manfaat nasi putih untuk tubuh
Nasi putih yang dimasak tinggi kalori. Selain tinggi karbohidrat, nasi juga lebih rendah serat dibanding teman-temannya seperti nasi merah atau brown rice.
Namun bukan berarti makanan ini sama sekali tidak memiliki manfaat.

Baca Juga : https://ontheqtease.com/cara-memasak-nasi-dengan-panci-biasa/

Berikut manfaat nasi putih yang dapat diterima tubuh:

  • Bagus untuk orang celiac

Nasi putih merupakan salah satu makanan yang tidak mengandung gluten. Bagi penderita penyakit celiac yang tidak bisa mengonsumsi makanan yang mengandung gluten, nasi mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat. Tidak hanya disantap sebagai nasi, nasi putih juga bisa diolah menjadi berbagai jenis olahan seperti pasta, bihun, tepung, dan minuman. Sehingga penderita penyakit ini tidak pernah bosan makan nasi hanya berupa nasi.

  • Sumber energi yang baik untuk tubuh

Sebagai sumber karbohidrat, nasi putih bisa menjadi salah satu sumber energi paling efektif yang bisa Anda konsumsi.
Untuk itu, lebih banyak atlet yang memilih nasi putih daripada nasi merah dan nasi merah karena makanan tersebut dapat memberikan energi dalam waktu singkat.

  •  Membantu menjaga kesehatan tulang, saraf dan otot

Beras mengandung magnesium yang baik untuk menjaga kepadatan tulang
Magnesium adalah mineral yang ditemukan dalam beras dan penting untuk menjaga fungsi tulang. Tidak hanya itu, magnesium juga dibutuhkan oleh tubuh untuk berfungsinya saraf dan otot.

  •  Baik untuk kesehatan usus

Beras mengandung serat khusus yang diubah tubuh menjadi asam lemak saat dikonsumsi.
Asam lemak ini kemudian dapat menjaga kesehatan usus besar dan bahkan mengurangi risiko kanker usus besar.

Mengapa nasi putih begitu sering dihindari?

Meski memiliki manfaat, banyak diet dan penderita diabetes menghindari nasi putih. Apa alasannya?

  • Dianggap tinggi kalori

Kandungan kalori nasi putih kemungkinan cukup tinggi dibandingkan dengan sumber karbohidrat lainnya. Semakin banyak kalori makanan, semakin besar risiko kalori ini akan menumpuk di dalam tubuh dan menyebabkan penambahan berat badan.

Namun pada kenyataannya semuanya juga tergantung pada metode persiapan dan hidangan yang menyertainya. Jika Anda tidak makan nasi tetapi makan makanan berkalori tinggi lainnya, upaya penurunan berat badan Anda mungkin akan sia-sia.

  • Memiliki indeks glikemik yang tinggi

Kandungan kalori yang tinggi dari nasi harus dihindari oleh penderita diabetes. Selain kalorinya, nasi putih juga dihindari oleh penderita diabetes. Hal ini dikarenakan nasi putih merupakan makanan dengan indeks glikemik yang cukup tinggi. Indeks glikemik adalah ukuran seberapa cepat tubuh dapat mengubah karbohidrat menjadi gula, yang diserap ke dalam aliran darah.

Semakin tinggi nilai indeks glikemik suatu makanan, semakin cepat gula darah Anda akan naik.
Makanan dengan nilai indeks glikemik di bawah 55 akan termasuk dalam makanan dengan nilai rendah.Mereka yang memiliki skor 56-69 termasuk dalam kategori sedang dan mereka yang memiliki skor 70-100 termasuk dalam kategori tinggi.

Beras putih memiliki indeks glikemik 64. Masih dalam kategori sedang, namun mendekati kategori tinggi.Oleh karena itu, tidak dianjurkan bagi penderita diabetes atau orang yang berisiko tinggi terkena penyakit ini untuk mengkonsumsinya.

Nah dari artikel diatas telah membahas tentang cara memasak nasi dengan panci serbaguna. Jadi jika yang punya rice cooker lagi bermasalah bisa memasak menggunakan panci serbaguna ya. Terimakasih sudah membaca artikel ini sampai bawah yang artinya sampai selesai. Semoga bermanfaat dan semoga dapat menambah wawasan anda semua sekian terimakasih.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *