Cara Memasak Rendang Daging Dengan Presto

Pada kali ini saya akan membagikan cara memasak rendang daging dengan presto. Yuk simak artikelnya.

Definisi Rendang

definisi rendang

Rendang atau randang adalah masakan daging bercita rasa pedas yang mempergunakan campuran dari berbagai bumbu dan rempah-rempah.

Masakan ini dihasilkan dari bagian memasak yang dipanaskan berulang-ulang dengan santan kelapa. Bagian memasaknya memakan waktu berjam-jam (biasanya sekitar empat jam) sampai kering dan berwarna hitam pekat.

Dalam suhu ruangan, rendang dapat bertahan sampai berminggu-minggu. Rendang yang dimasak dalam waktu yang lebih singkat dan santannya belum mengering dikata kalio, berwarna coklat terang keemasan.

Rendang dapat ditemukan di Rumah Makan Padang di seluruh dunia. Masakan ini populer di kalangan warga Indonesia dan negara-negara di Asia Tenggara, seperti Malaysia, Singapura, Brunei, Filipina, dan Thailand.

Di daerah asalnya, Minangkabau, rendang disajikan dalam berbagai upacara norma budaya dan perhelatan istimewa. Meskipun rendang merupakan masakan tradisional Minangkabau secara umum, masing-masing daerah di Minangkabau memiliki teknik memasak dan penggunaan bumbu yang berbeda.

Pada tahun 2011, rendang dinobatkan untuk hidangan peringkat pertama dalam daftar World’s 50 Most Delicious Foods (50 Hidangan Terlezat Dunia) yang digelar oleh CNN International.

Cara Memasak Rendang Sapi Presto

cara memasak rendang sapi presto

Bahan-Bahan :

  • 750 gram daging rendang agak sedikit berotot
  • 1500 ml santan kental dr 2 butir kelapa
  • 1 mata asam jawa
  • 5 lembar daun jeruk
  • 3 batang serai
  • 150 ml santan kental
  • ½ lbr daun kunyit

Bumbu halus :

  • 12 cabe merah
  • 10 buah bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 6 cm lengkuas
  • 5 butir kemiri
  • 1 sdm Desaku ketumbar bubuk
  • 1 sdt Desaku kunyit bubuk
  • 1 sdt ladaku merica bubuk
  • 1 ½ sdt garam

Cara Membuat Rendang Sapi :

  1. Potong daging memotong serat besarnya disesuaikan dan serasi.
  2. Masukan jadi 1 semua bahan 1, bahan 2 dan bahan 3 kedalam Panci Presto hg panci presto berbunyi kecil kan api biarkan hingga 20 menit, matikan api biarkan hingga panci tidak mendesis kembali bikan katup prestonya di angkat, buka presto.
  3. Masak kembali dengan api sedang, sesekali di aduk aduk terus hingga bumbu berminyak dan pekat bumbu nya, masak hingga warna rendang yang di inginkan.
  4. Jika warna belum seperti di sukai bisa dimasak terus hingga gelap setelah warna suda sesuai di kehendaki masukan air 150 ml.
  5. Masak kembali hingga mulai kering berminyak kembali.
  6. Angkat jika sudah terlihat kering.
  7. Rendang sapi presto siap disajikan.
Baca Juga : Cara Memasak Rendang Daging Sapi Empuk           

Manfaat Daging Sapi Untuk Kesehatan

1. Menjaga massa otot

Salah satu khasiat daging sapi yang sayang dilewatkan yaitu membantu menjaga massa otot. Bagaimana tidak, daging sapi merupakan sumber protein yang mengandung semua asam amino esensial.

Asam amino esensial dibutuhkan oleh semua orang, terutama lansia, untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, protein pada daging sapi membantu membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, serta meningkatkan aktivitas otot.

Tidak heran bila Anda yang ingin meningkatkan massa otot perlu menambah jumlah asupan protein. Bila tubuh tidak mendapat asupan nutrisi yang tepat, upaya untuk mendapatkan tubuh berotot tentu akan memakan waktu yang lama.

 2. Meningkatkan Perfoma Latihan

Selain menjaga massa otot, manfaat daging sapi lainnya yang mungkin sangat berpengaruh terhadap atlet yakni meningkatkan performa latihan. Begini, ikan dan daging, termasuk daging sapi, mengandung beta-alanine yang menghasilkan carnosine di tubuh.

 Carnosine merupakan senyawa penting yang diperlukan untuk menjalankan fungsi otot. Konsumsi daging sapi dapat meningkatkan kadar carnosine pada otot. Kadar carnosine yang tinggi dapat menurunkan rasa lelah dan meningkatkan performa latihan, terutama saat lari.

 3. Mencegah anemia

Berkat kandungan zat besi di dalamnya, konsumsi daging sapi diklaim dapat membantu mencegah anemia. Anemia dapat disebabkan oleh kekurangan zat besi yang biasanya ditandai dengan kelelahan dan kelemahan.

Dengan mengonsumsi daging sapi, tubuh mendapatkan zat besi yang cukup, terutama dalam bentuk heme. Heme merupakan bentuk zat besi yang hanya dijumpai pada protein hewani.

Tubuh manusia menyerap zat besi heme lebih efektif dibandingkan zat besi non-heme, yaitu yang berasal dari tumbuhan.

Artinya, konsumsi daging sapi bermanfaat membantu memenuhi kebutuhan zat besi yang bisa mencegah anemia.

4. Memelihara sistem kekebalan tubuh

Tahukah Anda bahwa daging sapi termasuk sumber zinc (seng) yang cukup tinggi dan bisa membantu meningkatkan kekebalan? Manfaat daging sapi ini didapat dari sifat antioksidan seng yang bertanggung jawab menghasilkan antibodi.

Antibodi yang dihasilkan ini membantu melawan radikal bebas yang bisa menimbulkan penyakit kronis. Selain itu, protein dalam daging sapi membantu menghasilkan antibodi tersebut agar tubuh terlindungi dari infeksi.

Oleh sebab itu, anak-anak hingga orang dewasa memerlukan jumlah zinc dan protein yang cukup. Kebutuhan zinc ini bisa diperoleh dengan makan daging sapi secukupnya.

 5. Mempercantik kulit dan rambut

Daging, termasuk daging sapi, mungkin mengandung tokoferol dan vitamin E yang cukup tinggi. Keduanya dikenal dapat melawan kolagen sehingga bisa meningkatkan penuaan kulit.

Meski begitu, beberapa bagian daging tertentu, seperti hati, kaya akan ubiquinol. Ubiquinol merupakan senyawa antioksidan kuat yang dijumpai di lapisan kulit terluar (epidermis). Antioksidan ini bisa membantu melawan kerusakan oksidatif pada kulit.

Selain itu, konsumsi daging sapi dianggap baik untuk menjaga kesehatan rambut karena kaya akan zat besi. Pasalnya, kekurangan zat besi menjadi salah satu penyebab rambut rontok.

Nah itu dia cara memasak rendang dengan presto. Selamat mencoba.