Cara Membuat Adonan Corndog Mozarella

Pada kali ini saya akan membagikan cara mmebuat corndog mozzarella Gimanasih cara membuat adonan corndog? Yuk simak dibawah ini.

Definisi Corndog

Corn dog (juga dieja corndog) adalah makanan yang terbuat dari sosis (biasanya hot dog) ditusuk yang dilapisi dengan lapisan tebal adonan encer tepung jagung kasar (cornmeal) dan digoreng rendam. Hidangan tersebut berasal dari Amerika Serikat dan umum ditemukan dalam Masakan Amerika.

Cara Membuat Corndog Mozarella

cara membuat corndog mozarella

Bahan-Bahan :

  • 200 gram tepung terigu serbaguna, ayak
  • 2 sdm gula
  • 2 sdt ragi kering instan
  • 1/2 sdt garam
  • 230 ml air hangat (suhu sekitar 43 derajat celsius)
  • 3 buah sosis
  • 1 bungkus keju mozzarella(berat sekitar 190 gram)
  • Tepung panir atau panko secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
  • 6 tusuk sate

Bahan Pelengkap :

  • Gula secukupnya
  • Moster kuning secukupnya
  • Saus tomat secukupnya

Cara Membuat Adonan Corndog Mozarella :

  1. Adonan tepung: campur tepung, gula ragi, dan garam. Buat lubang di tengahnya, tuang air. Campur rata menggunakan spatula silikon sampai tekstur adonan kental.  Aduk terus selama 3-5 menit sampai adonan bisa ditarik sepanjang 15 sentimeter.
  2. Pindah adonan ke dalam wadah tinggi ramping misalnya gelas untuk memudahkan membalut sosis dan mozzarella nantinya. Tutup dan sisihkan adonan tepung selama 40 menit sampai 1 jam sampai mengembang dua kali lipat ukurannya.
  3. Panaskan minyak goreng di dalam wajan cekung sampai suhu 175 derajat celsius
  4. Keringkan sosis menggunakan tisu makan. Masing-masing potong jadi 2. Potong keju mozzarella, ukurannya sama dengan sosis. Masukkan sosis ke dalam tusuk sate, ikuti dengan keju. Lakukan sampai sosis dan keju habis.
  5. Masukkan sosis dan keju ke dalam adonan tepung sampai semua bagian terlapisi. Gulingkan di atas tepung panir atau panko.
  6. Goreng corn dog sampai semua sisi berwarna kecoklatan. Pastikan putar-putar corn dog saat menggoreng agar matang merata. Angkat dan tiriskan di atas tisu makan.
  7. Corndog mozzarella siap disajikan.
Baca Juga : Cara Membuat Corndog Mozarella Lumer

Fakta Unik Corndog

fakta unik corndog

1. Dipatentkan Pada Tahun 1927

Di Indonesia, makanan satu ini dianggap sebagai makanan yang berasal dari Korea Selatan. Tapi ternyata kamu salah lho teman PergiKuliner.

Hak paten corn dog sendiri pada awalnya menjadi sebuah debat panas. Pada awalnya orang-orang memberikan apresiasinya kepada Neil Fletcher yang telah menghadirkan corn dog pada Texas State Fair di tahun 1942.

Namun, satu tahun sebelumnya tepatnya tahun 1941 Minnesota State Fair juga mengklaim bahwa mereka lah yang menciptakan corn dog. Dan akhirnya drama hak paten corn dog ini pun selesai dengan hasil Stanley S. Jenkins sebagai pencipta corn dog pada tahun 1927.

2.. Texas State Fair Menjual 630,000 Corn Dog

Saking cintanya terhadap makanan olahan sosis yang dibalut tepung jagung ini, masyarakat texas tidak henti-hentinya mengkonsumsi corn dog. Bahkan 630,000 corn dog terjual di pekan raya Texas selama 24 hari.

3. Cemilan yang Menyehatkan

Dibandingkan dengan makanan yang kaya akan kalori seperti funnel cake dan mega turkey legs (kaki ayam kalkun raksasa), corn dog memiliki sekitar 225 kalori, dimana kamu masih bisa dalam tahap aman menikmati dua atau tiga corn dog lagi.

4. Inovasi Corn Dog dan Sushi yang Menggoda

Pernah nggak kamu kebayang apa jadinya jika corn dog dan sushi menjadi satu? Sudah pasti jawabannya enak banget dong. Menjawab kedilemaan bagi penyuka corn dog maupun sushi, diciptakanlah corn dog dengan rasa spicy tuna roll yang umumnya ditemukan dalam hidangan sushi.

5. Ada Hari Corn Dog Nasional

Kamu pasti sudah pernah dengar kan ada beberapa makanan yang dibuatkan perayaan hari jadi? Ternyata corn dog juga ada lho, tepatnya pada tanggal 19 Maret. Dan perayaan Hari Corn Dog Nasional setidaknya diikuti oleh 30 negara bagian, seperti USA dan juga Australia.

Manfaat Keju Mozarella Untuk Kesehatan

 

1. Menurunkan Berat Badan

Banyak yang memandang kalau makanan yang mengandung keju mozarela itu tidak sehat dan memiliki banyak kalori. Padahal, mozarela itu sendiri adalah bahan makanan yang sangat rendah karbohidrat.

Dalam satu ons mozarela hanya terdapat 0.79 gram karbohidrat. Karena keju memang terbuat dari susu, kandungan kalsiumnya juga banyak. Nah, pada jurnal kesehatan di Amerika juga sudah dibuktikan kalau mengonsumsi produk susu tiap hari bisa membuat lemak tubuh berkurang, lho!

2. Meningkatkan Fungsi Otak

Efek dari zat yang terkandung di dalam keju mozarela sebenarnya tidak hanya berpengaruh pada daya konsentrasi dan fokus tetapi juga kesehatan mental secara umum.

Tidak hanya itu, mozarela juga mengandung asam lemak tak jenuh yang menyehatkan, seperti omega 3 dan omega 6 dalam jumlah yang tinggi.

Kedua zat tersebut adalah zat yang bisa menutrisi otak. Adanya vitamin B12 dan kolesterol juga baik untuk melindungi sel saraf, lho!

3. Menyehatkan Usus

Kandungan Lactobacillus Fermentum dan Lactobacillus Casei sangat baik untuk membuat usus lebih sehat, kekebalan meningkat, serta bisa juga melawan peradangan tubuh.

Tidak hanya itu, di dalam mozarela terkandung juga fosfor yang bisa melancarkan pencernaan dan meningkatkan fungsi ginjal. Dengan banyak kandungannya di atas, rasanya Anda yang sering mengalami masalah usus bisa mengonsumsi mozarela dalam jumlah yang tepat, ya.

4. Menyehatkan Tulang

Sebagai salah satu olahan susu, kandungan kalsium di dalam keju mozarela juga termasuk cukup banyak. Tidak hanya itu, di dalam mozarela terkandung vitamin A, D, dan E yang larut dalam lemak.

Ketiga vitamin tersebut memiliki peran besar dalam proses pertumbuhan tulang serta penyerapan kalsium. Kalsium yang tinggi di dalamnya juga baik untuk menjaga kesehatan tulang dan melindungi email gigi.

Ternyata, di dalam mozarela juga terkandung 13 persen jumlah fosfor harian yang direkomendasikan, lho!

5. Mencegah Anemia

Orang yang terkena anemia atau kekurangan darah merah akan terlihat pucat, kelelahan, bahkan mengalami sesak nafas.

Hal itu disebabkan oleh kurangnya asupan oksigen dalam tubuh. Untuk itu, mengonsumsi mozarela dalam jumlah cukup bisa mengatasi anemia.Tidak hanya itu, mozarela juga memiliki kandungan natrium yang bisa membuat tekanan darah meningkat lebih normal.

Nah itu dia cara membuat corndog dan cara membuat adonan corndog mozzarella. Selamat mencoba teman-teman. Simak juga artikel coreymesler lainnya disini.