Cara Membuat Bakpao Praktis

Cara Membuat Bakpao Praktis Untuk Jualan

Cara Membuat Bakpao Praktis – Hari ini, Anda sebenarnya bisa memesan makanan siap saji tanpa harus repot memasaknya sendiri. Namun bagi Anda yang ingin memberikan sajian spesial untuk orang tersayang, akan lebih baik jika disajikan dengan tangan Anda sendiri. Karena memasak sendiri jauh lebih higienis dan bisa menyesuaikan dengan selera keluarga.

Jika Anda sedang mencari ide resep bakpao yang enak dan mudah dibuat, Anda berada di tempat yang tepat. Sebenarnya sangat mudah untuk membuat bakpao yang lembut jika Anda memasaknya dengan benar. Namun, Anda tidak perlu khawatir tidak bisa memasaknya karena pada artikel kali ini kita akan membahas bakpao yang empuk dengan benar.

Roti membutuhkan ragi dan baking powder untuk mengembang. Isiannya adalah ayam yang dicampur dengan daging cincang. Nah, bagi yang ingin membuat bakpao lembut yang enak, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan, mulai dari pemilihan jenis bahan, pemilihan bahan segar, hingga cara penyajian dan penyajiannya.

Tak perlu khawatir jika ingin memasak bakpao lembut yang enak di rumah. Karena asal tahu triknya, sajian ini bisa jadi suguhan istimewa. Maka dari itu, Yukk simak artikel tentang Cara Membuat Bakpao Praktis berikut ini.

Bakpao

Cara Membuat Bakpao Praktis

Bakpao adalah makanan tradisional dari China. Kulit bakpao terbuat dari adonan tepung terigu, yang diragi hingga mengembang dan diberi isian berupa daging atau kacang hijau. Kini bakpao sudah mulai beragam, kandungannya pun semakin beragam, tidak hanya daging dan kacang hijau, tetapi juga keju, selai kacang, dan ketan hitam.

Bakpao aman dikonsumsi oleh semua kalangan, termasuk anak-anak dan balita. Proses pengukusan membuat bakpao menjadi salah satu camilan berkalori yang tidak terlalu tinggi dibandingkan dengan gorengan. Umumnya bahan pembuatan bakpao adalah daging ayam, daging sapi dan kacang hijau yang juga kaya akan protein yang baik untuk tubuh.

Menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG) tahun 2013, kebutuhan balita sekitar 1600 kkal, sedangkan kebutuhan orang dewasa sekitar 2000 kkal. 100 gram bakpao mengandung 239 kkal. Satu muffin kira-kira 120 gram, jadi satu muffin mengandung 287 kkal, atau 18% kebutuhan harian balita dan 14% kebutuhan orang dewasa.

Oleh karena itu, bakpao dapat dijadikan sebagai camilan sehari-hari untuk memenuhi asupan nutrisi tubuh.

Tips Supaya Bakpao Lembut

Bakpao sama teksturnya yang lembut saat disantap. Ada tips untuk mendapatkan tekstur lembut itu. Tips mulai dari bahan hingga cara pencampuran yang tepat. Berikut tips membuat bakso empuk.

1. Gunakan Tepung Terigu Protein Rendah

Di mana roti biasanya menggunakan tepung berprotein tinggi untuk membuatnya berserat, bakpao justru menggunakan tepung rendah protein yang tidak banyak mengandung gluten. Hal ini karena tepung berprotein rendah menghasilkan pori-pori bakpao yang lebih kecil. Pori-pori kecil ini melembutkan donat saat digigit. Jika menggunakan tepung terigu dengan kandungan protein tinggi, pori-pori bakpao akan sangat besar dan tidak lembek.

2. Dapatkan Adonan dengan Benar

Untuk membuat adonan roti, kita hanya perlu mencampurkan bahan-bahan berupa tepung terigu protein rendah, gula pasir, susu bubuk, ragi instan dan baking powder. Adonan dituang sedikit demi sedikit dengan air es.

Mengapa menggunakan air es? Butuh waktu lama untuk mengikis kulit sanggul, jadi gunakan air es agar tidak terlalu cepat matang saat adonan dibuat. Dilihat dari kekentalan baksonya bisa diketahui dari proses pengulenannya apakah empuk atau tidak.

Jika adonan keras, maka roti juga keras. Untuk mengatasinya, kita bisa menambahkan air es sedikit demi sedikit hingga adonan kalis. Kalau sudah ada mentega dan garam, airnya jangan ditambah lagi ya?

3. Tambahkan Garam

Setelah semua bahan ditambahkan, tambahkan garam dan mentega terakhir. Mengapa kedua komponen ini ditambahkan terakhir? Jika Anda menambahkan mentega dengan bahan lain, adonan akan menggumpal dan tekstur bakso tidak rata. Saat air ditambahkan terakhir, adonan selalu terlihat kering karena air menyerap air.

Jika Anda telah menambahkan dua bahan ini, itu berarti kami tidak dapat menambahkan bahan lainnya.

4. Uleni Adonan Hingga Elastis

Pertanyaan yang muncul saat membuat adonan roti adalah berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menguleni adonan? Jawabannya adalah menjadi fleksibel. Adonan elastis adalah adonan yang tidak mudah sobek saat diolesi dengan jari. Untuk mendapatkan adonan yang elastis ini, Anda perlu menguleni dalam waktu yang lama, tergantung cara diremasnya.

Jika diuleni dengan gerakan yang sama saat mencuci pakaian dengan tangan, adonan akan menjadi elastis hanya dalam waktu 20-30 menit. Itu tergantung pada kecepatan dan jumlah adonan yang diuleni. Jika Anda menggunakan mixer tangan dengan pedal spiral, itu akan memakan waktu setidaknya 15 menit.

Ciri lain dari adonan elastis adalah warnanya yang cerah dan permukaannya yang halus. Jika sudah, angkat dan siap difermentasi. Jangan lupa untuk mengeluarkan udara dari adonan agar bakpao yang dihasilkan setelah masa fermentasi selesai memiliki pori-pori yang kecil.

5. Penggulungan Adonan Harus Rata dan Halus

Langkah selanjutnya setelah fermentasi adalah menimbang adonan. Anda dapat memotong dan menimbang adonan bakso hingga 50 gram untuk ukuran sedang dan hingga 70 gram jika ingin lebih besar. Adonan ini harus merata dengan ukuran yang sama saat dipotong dan ditimbang, dan harus dimasak bersamaan saat dikukus.

Setelah memotong dan menimbang, kita perlu menggulung atau menggulung adonan. Teknik ini dilakukan dengan menggunakan jari telunjuk dan ibu jari bagian dalam. Kemudian gulingkan adonan pada permukaan yang rata hingga seluruh permukaan adonan licin. Proses pembulatan yang merata ini menghasilkan mur yang halus di bagian luar.

Cara Membuat Bakpao Praktis

Cara Membuat Bakpao Praktis

Bahan – Bahan :

  • 500 gr tepung terigu
  • gula halus 100 gram
  • 1 sendok makan ragi instan
  • air 250 ml
  • 50 gram margarin
  • garam 1/2 sendok teh
  • 1 sendok makan minyak sayur
  • coklat, secukupnya

Cara Membuat :

  1. Siapkan mangkuk, lalu tambahkan tepung terigu, gula dan ragi segar lalu aduk hingga merata. Sambil diaduk, tambahkan air secara bertahap untuk memastikan pemerataan.
  2. Tambahkan mentega dan garam yang sudah Anda siapkan sebelumnya dan uleni hingga kalis.
  3. Kemudian tambahkan sedikit minyak dan aduk hingga merata. Diamkan adonan donat selama kurang lebih 30 menit atau maksimal 2 kali, tergantung suhu ruangan Anda di rumah.
  4. Gulung adonan roti menjadi bola-bola dengan isian sesuai selera, diamkan kurang lebih 10 menit.
  5. Kukus roti gulung terlebih dahulu, lalu kukus dengan api sedang, tetapi siapkan kukusan terlebih dahulu sampai mengeluarkan banyak uap air. Roti kukus yang empuk siap disantap

Selengkapnya Cara Membuat Puding Roti Tawar Keju Anti Gagal

Mudah sekali bukan ? Tentunya sangat praktis banget dong, apalagi untuk jualan kalian akan bisa mendapatkan keuntungan dan kenikmatan dalam resep Cara Membuat Bakpao Praktis yang satu ini. Jadi kalian jangan segan – segan untuk mencobanya di rumah yaa!

Maaf bila ada kesalahan dalam artikel yang saya buat ini, semoga bisa bermanfaat untuk kalian di rumah. Terima kasih dan selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *