Cara Membuat Brown Sugar Fresh Milk dan Boba Menyegarkan

cara membuat brown sugar fresh milk

Di rumah bingung dengan menu minuman yang cuma itu itu aja? Pengen beli tapi mager keluar? Nah pas banget nih saya punya solusinya. Kita bisa membuat fresh milk boba di rumah lhoh, caranya pun cukup mudah.

Bagaimana nih, tertarik untuk mencobanya apa tidak? Yuk langsung simak di bawah ini saja. Karena pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang Cara Membuat Brown Sugar Fresh Milk dan Boba Menyegarkan.

Sejarah Minuman Boba

Sebenarnya ada dua versi cerita untuk sejarah minuman boba ini, namun yang sering di yakini oleh masyarakat adalah versi hanlin. Versih hanlin ini menceritakan sejarah boba yang berasal dari negara taiwan lebih tepatnya di cafe Hanlin Tea Room pada tahun 1980an. Konon bermula dari pemilik toko tersebut yang bernama Tu Tsong He yang terisnpirasi dari suatu pedagang yang mejual bola – bola tapioka di pasar dekat rumahnya bernama pasar Ya Mu Liao.

Nah dari itu Tu Tsong He menjadikanya sebagai toping minuman, dan ternyata cocok dipadukan dengan beberapa minuman. Owh iya oerlu kalian tahujuga bola – bola tapioka waktu itu berwarna putih dan belum ada boba berwarna hitam seperti sekarang. Namun seiring dengn berkembangnya ide dari Tu Tsong He tersebut maka ia buatlah bola – bola tapioka berwarna hitam yang terkenal sampai sekarang.

Sampai saat ini pun cafe Hanlin Tea Room masih ada dan menyajikan dua macam bola – bola tapioka yaitu berwarna hitam dan putih. Untuk penyebaranya sendiri minuman ini berkembang pesat bermula dari bagian asia timur pada tahun 1990an kemudian menyebar luas ke seluruh penjuru dunia, bahkan benua eropa dan amerika.

Padahal minuman hits yang sering disebut dengan nama bubble tea ini sudah ada sejak tahun 1980an namun viralnya baru beberapa tahun terakhir ini karena di kombinasikan dengan minuman – minuman rasa seperti brown sugar. Nah buat kalian yang penasaran dengan cara pembuatan Cara Membuat Brown Sugar Fresh Milk dan Boba langsung simak saja langkah – langkahnya berikut ini.

Cara Membuat Brown Sugar Fresh Milk dan Boba Menyegarkan

Bahan – Bahan :

Bahan Boba

  • 220 gram tepung tapioka
  • 100 gram gula merah
  • 120 ml air

Bahan Sirup Brown Sugar

  • 150 gram gula merah
  • 400 ml air
  • 4 lembar daun pandan

Bahan Pelengkap

  • Susu segar
  • teh hitam
  • evaporated milk
  • es batu

Alat – Alat :

  • Sendok
  • Pisau
  • Talenan
  • Wadah
  • Piring
  • Wajan
  • Panci
  • Saringan

Cara Membuat Brown Sugar Boba :

  1. Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah membuat bobanya terlebih dahulu, caranya dengan siapkan gula merah dan air kemudian masukkan ke dalam wajan yang sudah di siapkan.
  2. Selanjutnya nyalakan apinya dan panaskan wajan tersebut, kemudian tunggu hingga gula merah mencair larut dan menyatu sama air, jangan lupa di aduk agar tidak gosong dan lengket.
  3. Jika sudah larut bisa masukkan tepung tapiokanya, usahakan secara perlahan – lahan sedikit demi sedikit agar adonan tidak mengumpal. Aduklah terus hingga hingga mengental membentuk adonan kental seperti pasta. Jika dirasa adonannya sudah matang matikan apinya kemudian diamkan beberapa menit agar panasnya dapat berkurang dan agar mudah dibentuk.
  4. Sambil menunggu adonanya dingin agar waktunya tidak terbuang sia sia, bisa juga untuk membuat sirup brown sugarnya. Pertama yang harus kalian lakukan adalah menyiapkan bahan bahanya seperti air, gula aren, dan daun pandan, kemudian mencampurnya menggunakan wajan atau panci berukuran sedang lalu panaskan hingga semua larut dan tercampur rata.
  5. Selanjutnya kita balik lagi ke adonan boba yang sudah kita buat tadi. Uleni adonan hingga benar benar kalis dan rata, kemudian ambilah adonan sedikit demi sedikit dan buatlah menjadi bulatan – bulatan boba berukuran kurang lebih diameter 1 cm. Ulangi cara tersebut sampai adonan tidak tersisakan lagi aau habis, owh iya sedikit tambahan untuk mengantisipasi agar bulatan boba tidak saling menempel bisa juga kalian taburi menggunakan sisa tepung tapiokanya.
  6. Nah untuk menghilangkan sisa tepung untuk memisahkan antara boba satu dengan yang lainya kalian bisa mengayak bulatan boba menggunakan alat yang sudah kalian sediakan.
  7. Kemudian kalian bisa menyiapkan panci untuk merebus bulatan boba tersebut.  Lalu panaskan dengan menggunakan api yang besar tunggu hingga airnya mendidih.
  8. Jika airnya sudah mendidih cukup lama, masukkan bulatan bobanya ke dalam panci tersebut untuk proses pemasakan, tunggu hingga mengapung ke permukaan  dan angkat.
  9. Langkah selanjutnya masaklah lagi boba yang sudah dimatangkan tadi menggunakan sirup brown sugar yang sudah kita buat, aduk – aduk agar tidak lengket dan gosong. Tunggulah sampai beberapa menit sampai bobanya empuk dan sirupnya mengentall seperti caramel, jika sudah matang matikan apinya dan sisihkan hingga dingin.
  10. Langkah terakhir adalah proses penyajiannya, terlebih dahulu siapkan gelas sajinya. Kemudian ambillah boba yang sudah dimasak menggunakan sirup sesuai selera kalian dan masukkan ke dalam gelas saji tersebut. Masukkan juga es batunya, di atasnya tuangkan juga  evaporated milk, untuk menambah kesegaranya tuangkan juga susu segar ke dalamnya. Dan Minuman Brown Sugar Fresh Milk dan Boba Menyegarkan pun sudah siap untuk kalian nikmati.

Nah itulah Cara Membuat Brown Sugar Fresh Milk dan Boba Menyegarkan yang dapat kalian coba di rumah, bagaimana sangat mudah bukan? Pasti sudah siap mencobanya kan?

Terima kasih buat kalian yang sudah berkenan membaca artikel saya kali ini, semoga dapat bermanfaat dan sampai jumpa di artikel saya selanjutnya. Buat kalian yang penasaran dengan cara pembuatan es degan kopyor, bisa juga baca artikel tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *