resep bumbu sate padang

Cara Membuat Bumbu Sate Padang Yang Enak Dan Nikmat

Banyak orang yang mengandalkan cara membuat bumbu sate padang untuk masakan di rumah. Biasanya sate padang ini banyak sekali dijual di pinggir jalan hingga restorant mewah. Rasanya yang enak dan gurih ini memang sangat layak untuk difavoritkan.

Sebelumnya kita hanya membahas cara membuat bumbu sate saja. Jika sekarang ini kita kan bahas cara membuat bumbu sate padang. Simak artikel berikut ini !

Sate Padang

Aroma kunyit dan serai yang tak salah lagi memberikan kesan pertama yang menggoda. Irisan daging sapi dan lidah sapi yang dibalut kuah kental kekuningan seakan langsung menggoda mereka untuk menyantapnya.

Potongan ketupat yang ada di balik siraman kuah sate dan wangi bawang goreng semakin menggugah selera. Hal inilah yang terjadi saat seporsi sate padang dihidangkan di depan hidung kita.

Sebenarnya yang dikenal dengan sate padang ini memiliki sajian sate khas dari tiga daerah yaitu padang, padang panjang, dan padang pariaman. Keistimewaan sate dari tiga daerah tersebut merupakan penggunaan daging sapi dan lidah sapi sebagai bahan dasarnya.

Selain daging dan lidah, jeroan seperti usus sapi, paru-paru dan jantung juga sering dimanfaatkan. Keistimewaan lainnya adalah bumbunya yang terdiri dari campuran bawang putih, bawang merah, cabai merah, jahe, kunyit, serai, dan bumbu lainnya.

Yang memasaknya dengan kuah kaldu sapi kemudian dikentalkan dengan tepung beras. Nyatanya, ada sedikit perbedaan antara sate Padang Pariaman dan Padang Panjang.

Sate Padang Pariaman memiliki warna kuah yang cenderung merah karena unsur cabai yang dominan dalam bumbunya. Sate Padang Panjang memiliki warna yang lebih kekuningan dari pada kunyit yang mendominasi bumbunya. Sedangkan Sate Padang Kota merupakan produk antara kedua daerah tersebut, warna kuahnya cenderung kecoklatan.

Sate Padang cukup mewakili ciri umum masakan tradisional Minangkabau. Aroma bumbu yang sangat kuat pada kuah sate padang ini mencerminkan kelihaian orang Minang dalam mengolah bumbu.

Meski pun rasanya yang pedas,akan tetapi rasa khas Sate Padang banyak yang membuktikan bahwa mampu melintasi batas geografis sehingga disukai masyarakat di daerah lain juga.

Tidak ada yang salah dengan Sate Padang dan kuliner khas Minangkabau lainnya. Mereka dianggap sebagai salah satu penghuni kasta tertinggi di kawasan gastronomi nusantara.

Peluang Usaha Bisnis Sate Padang

Peluang bisnis sate padang sangat bagus dan sangat menjanjikan. Bisnis sate padang merupakan salah satu pilihan bisnis sate padang yang menjanjikan, sehingga banyak orang yang berminat untuk mempertahankan bisnis tersebut.

Kemungkinan usaha Sate Padang khas Padang masih terbuka lebar dan sangat menguntungkan bagi semua orang. Ingin menjalankan bisnis sate padang ini?

1.Prospek Usaha Sate Padang

Prospek bisnis sate padang bisa dibilang sangat positif dan menguntungkan. Dimana bisnis Sate Padang bisa mendatangkan untung yang bombastis. Perusahaan yang bergerak di bidang Sate Padang memiliki prospek yang sangat bagus ke depannya.

Bisnis satang yang sudah lama berkembang di Padang terus berkembang dan tidak pernah sepi dari konsumen.

2.Memulai Bisnis Sate Padang

Memang jika Anda menjalankan bisnis sate padang, Anda bisa memulainya dengan langkah-langkah sederhana. Saat menjalankan usaha sate padang sudah bisa dioperasikan dengan kebutuhan modal yang rendah.

Siapapun yang berbisnis dengan Sate Padang dapat berbisnis sendiri dengan sedikit modal investasi.

3.Pebisnis Sate Padang

Bisnis sate padang ini bisa dan cocok untuk siapa saja yang ingin menjalankan bisnis sate padang yang menguntungkan ini. Bagi siapa saja yang ingin menjalankan bisnis sate padang dengan sangat mudah, proses pembuatan sate padang sangatlah mudah dan menguntungkan.

4.Pelanggan Warung Sate Padang

Sebenarnya konsumen Sate Padang tidak susah, sensasi kelezatan Sate Padang bisa menarik perhatian banyak orang. Konsumen Sate Padang cukup banyak dan tidak terbatas, mulai dari anak-anak hingga dewasa.

5.Bahan Baku Usaha Sate Padang

Jika anda menjalankan bisnis sate padang maka anda membutuhkan bahan baku untuk membuatnya.

Untuk sate padang yang enak Anda membutuhkan bahan baku seperti daging sapi, tepung beras, daun jeruk purut, serai, asam jawa, garam, cabai merah, ketumbar, lada bulat, jintan bakar, bawang merah, kunyit, jahe, lengkuas, nasi, minyak. panggang dan lainnya.

Anda dapat menemukan bahan baku Sate Padang di toko, pasar, atau supermarket terdekat.

6.Alat Bisnis Sate Padang

Beberapa gadget penting dibutuhkan dalam bisnis Padang Satang, antara lain jendela toko / gerobak, wajan, mesin pembakar sate, wajan, pengaduk, lift makanan, penggiling rempah, baskom, pisau, garpu, kompor gas, serbet, piring, sendok, dan peralatan lainnya. .

7.Lokasi Strategis Penjualan Sate Padang

Jual Sate Padang artinya bisa memilih tempat yang tepat, strategis dan ramai. Usaha Sate Padang dapat membuka tempat penjualan, stand, atau kios di dekat sekolah, rumah sakit, pasar, mall, pinggir jalan, taman kota, kampus, dan lain-lain.

8.Petugas Bisnis Sate Padang

Karyawan yang menjalankan bisnis sate padang bisa menggunakan satu orang untuk memulai.

9.Harga Jual Sate Padang

Harga referensi Sate Padang bisa kamu atur per porsi, dengan harga mulai dari Rp 18.000 hingga Rp 21.000.

10.Strategi Promosi Bisnis Sate Padang

Pemasaran bisnis sate padang juga bisa dilakukan dengan membuat sate padang yang enak dan beraneka ragam. Iklan Sate Padang khas Padang juga bisa kamu manfaatkan dari media sosial baik Facebook maupun Path, We Chat, Whats Upp, BBM, Instagram dan lain-lain.

Anda juga bisa melakukan strategi pemasaran sate padang dengan membagikan berbagai brosur.

Resep Bumbu Sate Padang

Bahan-bahan :

  • Memiliki 500 gram daging sapi (bisa campur jeroan ayam itik atau lidah sapi)
  • air secukupnya untuk memasak daging
  • 100 gram tepung beras
  • Bumbu halus:
  • 8 daun bawang
  • 5 siung bawang putih
  • 1/2 sendok teh merica
  • 1/2 sendok teh jintan
  • 1/2 sendok teh ketumbar
  • 10 buah cabai merah
  • 2 buah cabai rawit (tergantung selera)
  • 1/2 buah pala
  • 1 ruas kunyit
  • 1 ruas jahe
  • Bahan piston:
  • 2 buah kapulaga
  • 2 kuntum bunga lawang
  • 5 cm kayu manis
  • 1 buah serai
  • 1 ruas lengkuas
  • 1 lembar daun kunyit
  • 2 lembar daun jeruk
  • 2 lembar daun salam
  • Cicipi garam
  • Royco
  • Bawang goreng
  • kue beras
  • Kerupuk kulit

Cara Membuat Bumbu Sate Padang :

  1. Cuci daging sampai bersih
  2. Campur semua bumbu. Untuk lengkuas dan serai, cukup haluskan dengan blender serbaguna.
  3. Panaskan wajan, tuangkan minyak goreng, goreng bumbu halus. Kemudian kalian memasukan , serai, daun salam, daun jeruk, lengkuas, dan daun kunyit. Goreng hingga harum.
  4. Tambahkan air, tambahkan ayam / sapi. Masak hingga daging matang.
  5. Setelah daging matang, keluarkan daging, potong kecil-kecil dan rekatkan dengan tusuk sate atau tongkat. Lalu sesekali panggang dengan minyak goreng.
  6. Sementara itu, biarkan air rebusan bumbu terus mendidih dan tambahkan tepung beras yang dilarutkan dengan air.
  7. Aduk cepat, jangan sampai menggumpal. Biarkan mendidih dan kental.
  8. Sajikan dengan irisan lontong dan sedikit bawang goreng.

Demikian merupakan artikel tentang resep bumbu sate padang. Semoga dapat bermanfaat dan menambah ilmu untuk kalian semua. Selamat mencobanya di rumah dan semoga berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *