Cara Membuat Telur Dadar Gulung Agar Tidak Lengket

Cara Membuat Dadar Gulung agar Tidak Lengket – Kalian bingung kenapa saat membuat telur dadar gulung selalu lengket?. Telur dadar gulung sendiri biasanya sering dibuat oleh banyak masyarkat di dunia. Karena cara mengolahnya yang mudah dan praktis, dan juga rasa dan manfaatnya yg cukup untuk tubuh.

Namun, kata dadar gulung sendiri tidak selalu menuju ke telur dadar. Ada juga makanan manis yang menggunakan dadar gulung yang berbahan telur dan tepung. Makanan ini bernama dadar gulung pisang coklat. Yang dimana ini makanan khas Indonesia yang digemari masyarakatnya.

Baca Juga : cara membuat roti goreng pisang coklat

Mengapa telur dadar gulung bisa lengket?

Telur dadar gulung atau yang biasa di panggil omelet ini kerap menjadi makanan favorit. Karena cara memasaknya yang mudah dan tidak memakan waktu lama.  Namun, banyak yang memasak telur dadar gulung secara tidak benar. Mulai dari pengolahan telurnya, sampai proses memasaknya.

Dan alasan mengapa telur bisa lengket adalah salah satunya wajan/pan kurang minyak. Problem satu ini adalah sering sekali terjadi di kalangan manusia biasa yang tidak begitu memilikki skill memasak. Kondisi wajan/pan yang kekurangan minyak lalu digunakan untuk menggoreng telur dadar gulung membuat telur akan sangat lengket ke wajan/pan tersebut. Hal tersebut akan menjadi wajan/pannya kotor dan tidak mudah untuk dicuci dengan sabun cuci piring.

Lalu ada juga alasan kedua, yaitu wajan/pan kita tidak memiliki fitur “anti lengket”. Fitur ini cukup berguna bagi kalian yang ingin menghemat minyak ataupun tidak memakai minyak sama sekali. Karena di wajan/pan anti lengket ini, kalian akan terbebas telur dadar gulung yang lengket.

Lalu alat apa yang sesuai untuk membuat dadar gulung ini?

Seperti pembahasan di atas tadi, alat yang sangat cocok adalah Pan Anti Lengket. Wajan anti lengket sangat populer karena makanan tidak mudah gosong meski dimasak tanpa minyak. Permukaan wajan anti lengket juga biasanya licin dan lebih mudah dibersihkan. Lalu bagi Anda yang berencana membeli wajan anti lengket, sudahkah Anda memutuskan wajan mana yang akan dipilih? Sebelum membeli wajan anti lengket, simak 10 rekomendasi wajan anti lengket yang menjadi pilihan ibu rumah tangga berikut ini.

1. welcook wok alumunium 32cm

2. Maxim Paris in Color Fry Pan

3. Oxone OX-30F Fry Pan,

4. IKEA Kavalkad Frying Pan

5. Maspion Mini Character Pan

6. Tefal Day by Day Wokpan

7. Kirin Frypan Serunai

8. Lock & Lock Cookplus Hard and Light Frying Pan

9. Cyprus Fry Pan Marble 24 cm

10. Bolde Wajan WOK 24 cm Granite Beige Series

Cara Membuat Dadar Gulung Agar Tidak Lengket

Tips dan langkah agar membuat dadar gulung tidak lengket adalah

1. Panaskan teflon

Untuk memasak dadar gulung, kalian perlu memanaskan wajan yang diberi minyak dahulu. Setelah teflon panas, matikan kompor dan biarkan teflon dingin/

2. Buang minyak

Selanjutnya, ketika sedang menunggu teflon dingin, kalian bisa buang sisa minyak pada teflon tadi. Jika teflon sudah dingin dan tidak ada sisa minyak lagi, kalian bisa langsung memasak dadar gulung.

Resep Telur dadar gulung

Bahan-bahan :

  • 6 butir telur besar
  • 1 cangkir susu 2%
  • 1/2 cangkir tepung serbaguna
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh merica
  • 1 cangkir keju cheddar parut
  • Daun bawang iris tipis, opsional

Cara membuat :

  1. Masukkan telur dan susu ke dalam blender. Tambahkan tepung, garam dan merica; tutup dan proses hingga halus. Tuang ke dalam loyang berukuran 13×9 inci yang telah diolesi mentega. loyang. Panggang pada suhu 375 derajat hingga telur matang, 20-25 menit.
  2. Taburi dengan keju. Gulung telur dadar dalam wajan, dimulai dengan sisi pendek. Tempatkan sisi jahitan di atas piring saji. Potong menjadi 3/4-in. irisan. Jika diinginkan, taburi dengan bawang hijau.