cara membuat kerupuk nasi dari nasi sisa

Cara Membuat Kerupuk Bawang Dari Nasi Sisa

Hai apakabar semua? Sehat dong pastinya, apalagi dengan kondisi yang sekarang. Nah pada artikel kali in akan membahas tentang “Cara Membuat Kerupuk Bawang Dari Nasi Sisa”. Yang pastinya bisa dibuat ala rumahan banget kan, ya itung – itung buat menyibukkan diri dimasa pandemi. Yuk simak aja langsung artikel dibawah ini!

cara membuat kerupuk bawang dari nasi sisa

Cara Membuat Kerupuk Bawang Dari Nasi Sisa

Nasi sisa pertama yang bisa dibuat adalah kerupuk. Langkah-langkah untuk menyelesaikannya cukup panjang tetapi sebenarnya cukup sederhana.

Kerupuk beras ini dibuat dari tiga bahan dasar saja, yaitu nasi putih, tapioka dan bawang putih. Sisanya bisa dibumbui dengan bumbu lain, tergantung selera.

Bahan:

  • 1 mangkuk nasi sisa
  • 1 cangkir tepung tapioka
  • 5 siung bawang putih, haluskan
  • 1 sendok teh ketumbar bubuk (opsional)
  • Garam secukupnya
  • air secukupnya (untuk merebus)

Langkah – Langkah :

  1. Rendam beras putih selama 2 jam, lalu tiriskan.
  2. Proses dengan mikser hingga halus.
  3. Tambahkan sedikit air jika dirasa sulit mengolahnya.
  4. Matikan blender sebentar, lalu masukkan bahan lainnya.
  5. Proses lagi sampai semuanya tercampur rata, lalu pindahkan ke mangkuk.
  6. Masukkan tepung tapioka sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata. Jika tidak halus, tambahkan lagi tapioka. Olesi tangan dengan minyak atau tepung agar tidak lengket.
  7. Kemudian bentuk adonan menjadi silinder, kurang lebih seperti kue beras. Panaskan air, lalu masak adonan hingga mengapung. Setelah sekitar 5 menit mengambang, keluarkan dari panci dan tiriskan.
  8. Simpan adonan di kulkas semalaman agar mengeras agar tidak hancur nantinya saat dipotong.Potong tipis-tipis, lalu susun di atas nampan lebar atau tampi.
  9. Jemur kerupuk di bawah sinar matahari minimal 2 hari.
  10. Kemudian goreng dalam minyak banyak panas sampai mengembang. Gunakan api kecil saja agar tidak cepat gosong.

Mau tau caranya buat resep lainnya ? Baca Juga : https://akyakam.com/cara-membuat-kerupuk-nasi-tanpa-dijemur/

Manfaat Dan Kandungan Dari Kerupuk Bawang

Kerupuk bawang merupakan salah satu makanan ringan yang biasa digunakan sebagai pelengkap makan. Makanan ini memiliki rasa yang enak, renyah dan gurih. Nama makanan yang satu ini memang sudah ada dimana-mana, sehingga namanya sudah tidak asing lagi di telinga kalian. Selain itu, makanan ini juga tergolong cukup murah bahkan sangat murah.

Jika berbicara tentang makanan ini memiliki berbagai macam rasa dan bentuk, salah satunya adalah makanan ini. Seperti namanya, makanan ini berbeda dengan jenis makanan lainnya.

Kemudian makanan ini memiliki kekentalan yang renyah, biasanya makanan ini diolah dengan cara digoreng dan bisa langsung disantap karena memiliki rasa yang enak dan gurih. Selain itu, makanan ini memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Bagi anda yang ingin mengetahui apa saja manfaat dan khasiat dari kerupuk bawang ini, berikut adalah manfaatnya.

1. Memperkuat kekebalan

Manfaat pertama kerupuk bawang dapat membantu Anda meningkatkan kekebalan tubuh. Senyawa yang ditemukan dalam makanan ini memiliki kemampuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

2. Menghasilkan energi

Ternyata kerupuk bawang tidak hanya meningkatkan kekebalan tubuh, tetapi juga memiliki berbagai manfaat lainnya. Salah satunya menghasilkan listrik. Makanan ini mengandung karbohidrat dan lemak yang dibutuhkan tubuh sebagai cadangan energi. Namun, semua proses tersebut tidak dapat dilakukan tanpa kandungan makanan ini karena kandungan makanan ini membantu tubuh memproses energi.

3. Anti kanker

Kerupuk bawang ini layak disebut herbal atau anti kanker. Hal ini terjadi karena kandungan dari makanan ini mengandung senyawa alil sulfida penyebab kanker.

4. Menjadi antioksidan yang sangat kuat

Kandungan dalam kerupuk bawang memiliki khasiat sebagai sumber antioksidan yang sangat kaya dan tentunya sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, makanan ini juga dikenal sebagai antibakteri dan virus, yang dapat membantu mencegah berkembangnya jamur, bakteri, dan cacing di dalam tubuh.

5. Efektif mengurangi kolesterol jahat

Kerupuk bawang merupakan salah satu makanan yang dikenal dapat menurunkan kolesterol jahat. Mampu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh secara signifikan, berbagai penelitian menunjukkan dapat menurunkan kadar kolesterol hingga 11-16 persen.

6. Pangkas berat badan

Senyawa dalam kerupuk bawang memiliki zat inflamasi yang dapat membantu mengatur sel-sel lemak yang terbentuk di tubuh Anda. Penurunan berat badan terjadi ketika lemak terus menumpuk, di mana pra-adiposit diubah menjadi sel-sel lemak melalui proses yang Anda sebut sistem inflamasi. Kemudian zat yang terkandung dalam makanan tersebut dapat menghambat terjadinya proses inflamasi ini, yang tentunya baik untuk pencegahan berat badan.

7. Mengatasi sembelit

Bagi Anda yang memiliki gejala sembelit, sangat disarankan untuk mengonsumsi kerupuk bawang. Hal ini dilakukan karena makanan ini dapat membantu proses pembuangan racun dalam tubuh.

8. Jantung sehat

Kerupuk bawang mengandung bahan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Banyak mengonsumsi makanan ini akan menormalkan kadar kolesterol dalam tubuh dan tidak akan mengganggu sirkulasi darah, sehingga dapat meningkatkan kesehatan jantung.

9. Mengontrol diabetes

Diabetes adalah penyakit yang disebabkan oleh kurangnya produksi insulin dalam tubuh. Sedangkan kandungan dalam kerupuk bawang memiliki manfaat untuk meningkatkan produksi insulin dalam tubuh. Penderita diabetes dapat mengonsumsi makanan ini secara teratur untuk membantu menjaga kadar insulin dalam tubuh dan meningkatkan kesehatan.

10. Menurunkan berat badan

Jika Anda kelebihan berat badan. Mengkonsumsi kerupuk bawang bisa menjadi alternatif untuk mengurangi jumlah lemak dalam tubuh. Ini dilakukan karena ada senyawa kromium dalam makanan ini yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

Manfaat Bawng Putih

1. Menurunkan tekanan darah dan kolesterol

Salah satu manfaat bawang putih untuk kesehatan adalah dapat menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol. Ini diterbitkan dalam Journal of Nutritional Biochemistry, yang telah dibuktikan oleh penelitian.

2. Menjaga kesehatan jantung

Penderita diabetes kardiomiopati dapat dilindungi oleh manfaat bawang putih (penyakit kronis pada otot jantung). Fakta ini berdasarkan sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry.

3. Mencegah flu

Konsumsi bawang putih secara teratur dapat mengurangi dan mencegah terjadinya influenza.

4. Mengurangi risiko osteoartritis

Manfaat lain dari bawang putih adalah pencegahan osteoarthritis. King’s College London dan University of East Anglia melakukan penelitian tentang masalah ini.

5. Mengurangi risiko kanker paru-paru

Makan bawang putih mentah setidaknya dua kali seminggu dapat menurunkan risiko kanker paru-paru hingga 44 persen.

6. Mencegah Alzheimer dan Demensia

Salah satu manfaat bawang putih adalah untuk mengurangi risiko berbagai penyakit. Manfaat ini berasal dari kandungan antioksidan dalam bawang putih. Kandungan ini dapat membantu melawan radikal bebas.

7. Memberikan efek detoksifikasi

Manfaat bawang putih untuk efek detoksifikasinya berasal dari kandungan belerang dalam bawang putih. Dalam dosis tinggi, kandungan ini menunjukkan efek perlindungan atau perlindungan organ tubuh dari racun logam yang mungkin ada di dalam tubuh.

8. Meningkatkan kesehatan tulang

Satu penelitian pernah menggunakan ekstrak bawang putih kering pada wanita yang sedang mengalami menopause. Hasil penelitian menunjukkan adanya penurunan defisiensi estrogen, yang dapat memicu terjadinya osteoporosis pada seseorang.

9. Pencegahan Kerusakan Hati

Kerusakan hati sebagian besar disebabkan oleh kebiasaan buruk seperti minum alkohol dalam jangka panjang. Namun, hal ini bisa dicegah jika Anda mengawetkan khasiat bawang putih.

10. Mencegah Kelahiran Prematur

Penyebab seringnya kelahiran prematur adalah infeksi selama kehamilan. Bawang putih memiliki efek antimikroba untuk membantu mencegah infeksi atau mengurangi risiko kelahiran prematur.

Dari artikel diatas begitu banyak manfaat dari bawang itu sendiri apalagi jika dikonsumsi langsung tanpa melalui metode atau proses lainnya. Bawasannya bawang merupakan obat tradisional untuk mencegah bahkan menyembuhkan segala macam penyakit dalam tubuh.  Semoga dengan artikel ini dapat membantu serta dapat menambah wawasan dan pengetahuan lainnya

Terimakasih sudah membaca artikel ini hingga selesai , semoga bermanfaat dan semoga dapat membantu, sekian terimakasih:)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *