Cara Membuat Kopi Hitam Kapal Api yang Enak

Cara Membuat Kopi Hitam Kapal Api yang Enak – Jika ingin menikmati secangkir kopi hitam yang mantap maka perlu tau juga apa saja peralatan yang diperlukan untuk membuatnya. Alat-alat yang dibutuhkan adalah cangkir, sendok, panci, alat penyaring, dan grinder.

Selain peralatan, maka dibutuhkan juga bahan yang meliputi kopi (bisa kopi bubuk atau biji kopi), air minum kemasan, dan gula. Lalu inilah cara membuat kopi hitam yang pas. Kalian jga bisa kunjungi cara membuat kopi hitam yang mantap dan cara membuat kopi hitam yang enak

Baca Juga : cara bikin mie untuk mie ayam

Kapal Api

PT Santos Jaya Abadi merupakan perusahaan multinasional yang memproduksi aneka minuman. Perusahaan ini merupakan produsen kopi dengan merek Kapal Api, Excelso, ABC dan lain-lain. Perusahaan ini berlokasi di Taman, Sidoarjo, Jawa Timur.
Perusahaan ini memiliki anak perusahaan bernama PT. Agel Langgeng yang memproduksi permen dan biskuit, seperti permen Relaxa, Bontea Green, Permen Kapal Api, Gingerbon, Espresso, dan biskuit Oatbits.

 

Cara Membuat Kopi Hitam Kapal Api yang Enak

Terdapat beberapa hal penting yang perlu diketahui agar kopi seduh yang kita sajikan terasa lebih nikmat, diantaranya yaitu:

  • Suhu air yang akan dituangkan ke dalam bubuk kopi
  • Komposisi atau takaran antara gula dan kopi
  • Wadah kopi

1. Memilih Jenis Kopi Kapal Api Kesukaanmu

Pertama-tama yang harus dilakukan untuk membuat kopi hitam kapal api nikmat adalah memilih kopi kapal api kesukaanmu. Ada beberapa varian pilihan yang bisa kamu pilih.

Ada kapal api special, kapal api special mix, dan white coffee premium. Coba ya tiga-tiganya sama-sama bisa memanjakan lidahmu kok.

Beda antara kopi kapal api special dan special mix adalah adanya tambahan gula. Kalo yang kapal api special itu belum ada gulanya. Sedangkan, kalo kapal api special mix sudah ada gulanya.

2. Tuang Air Botol Suhu Ruangan

Ukur sedikit air suhu kamar, sekitar 3 hingga 5 sendok makan. Tujuannya adalah untuk melarutkan sedikit bubuk kopi Kapal Api terlebih dahulu. Cara ini merupakan cara alternatif membuat kopi hitam yang pas selain menggunakan air panas.

3. Tuang Air Panas Ke Dalam Gelas

Setelah kopi dan air terasa tercampur, segera tambahkan air panas. Tidak perlu penuh, cukup 3/4 gelas saja. Lalu aduk kembali kopinya.

4. Tambahkan Gula Jika Perlu

Jika Anda ingin menikmati kopi Kapal Api dengan tambahan gula, Anda bisa menambahkan gula. Jumlah gulanya tidak boleh terlalu banyak, apalagi bagi Anda yang memilih kopi mix spesial Kapal Api, karena sebenarnya ada gulanya.

5. Tambahkan Creamer ke Kopi Kapal Api Anda

Anda bisa menambahkan krimer untuk menambah rasa pada kopi Kapal Api Anda. Ada dua pilihan krimer yang bisa Anda pilih, baik bubuk maupun dalam bentuk krimer siap pakai. Karena creamer mengandung cukup banyak kalori maka batasi penggunaannya ya. Secukupnya saja jangan terlalu banyak. oke

6. Tambahkan Susu Kental Manis

Jika tidak ada creamer kamu juga bisa kok pakai susu kental manis.

7. Tambahkan Gula Aren

Kamu juga bisa menambahkan gula aren untuk rasa kopi kapal api yang benar-benar mantap. Gula aren juga akan membuat rasa manis yang berbeda jika dibandingkan dengan gula pasir.

Coba deh pasti kamu bakal kaget kok kopi kapal api buatanmu nggak jauh beda dengan kopi-kopi ala cafe.

8. Nikmati Kopi Kapal Apimu

Selamat, kopi kapal api buatanmu sudah siap untuk dinikmati.

Gimana mudah bukan cara buat kopi hitam yang pas. Selamat mencoba di rumah masing masing ya.