Cara Membuat Kue Bantal Goreng

Haloo guys… Disini saya akan membagikan sebuah resep dan cara membuat kue bantal goreng yang mudah kalian coba dirumah. Berikut info selengkapnya.

Kue Bantal

Cara membuat kue bantal goreng

Makanan yang sering kita temui di berbagai kondisi yaitu roti atau kue. Roti umumnya dijual di toko kue dan juga di pasar tradisional. Jika kita berada di tempat ramai seperti pusat perbelanjaan, supermarket, tempat wisata dan tempat lainnya, kita pasti akan menemukan penjual roti dengan mudah. Ada banyak jenis roti di Indonesia, dari roti basah hingga roti kering.

Salah satu jenis roti yang mudah kita jumpai adalah roti bantal. Roti bantal mungkin, jika kita belum pernah memakannya, kita pasti akan membayangkan seperti apa roti ini. Disebut roti bantal karena bentuknya seperti bantal. Tak hanya itu, roti bantal juga sering disebut dengan istilah breadball.

Roti bantal ini memiliki rasa yang manis dan tekstur lembut yang disukai banyak orang, dari anak-anak hingga orang dewasa. Roti bantal ini sangat mudah disiapkan. Bahan yang digunakan juga sangat mudah didapatkan. Bahan pembuatan roti bantal ini adalah tepung terigu dan campuran bahan lain seperti gula.

Biasanya cara membuat kue bantal ini jika tidak digoreng pasti di panggang menggunakan oven. Roti yang terkenal dengan harganya yang sangat terjangkau ini sering dijadikan oleh masyarakat baik sebagai snack maupun makanan untuk acara-acara.

Cara membuat roti bantal ini sangat mudah. Untuk kalian yang ingin mencoba membuat kue dirumah tapi tidak tau resep serta tidak tau cara membuatnya. Jangan menyerah, karena disini saya akan membagikan resep dan cara membuatnya. Resep membuat roti bantal adalah sebagai berikut.

Cara Membuat Kue Bantal

Peralatan :

daging panggang
sendok teh
skala
wadah
Bahan-bahan :

Bahan I:

Ragi instan 1 sdt
Gula 1 sdt
60 gram air hangat
Tepung terigu protein tinggi 50 gram

Bahan II:

330 gram tepung terigu protein tinggi
Gula 80 gram
1 telur
Susu bubuk 1 sdm
215 ml air hangat
Mentega putih 1 sdm

Bahan III:

Gula 160 gram
Baking powder sdt
Air 260 ml
garam sdt
450 gram tepung terigu protein tinggi
Tepung terigu protein sedang 100 gram
Kayu manis 2 sdm

Cara Memasaknya :

  1. Yang pertama adalah mencampur gula, ragi, dan air hangat bersama-sama
  2. Tambahkan 50 gram tepung terigu hingga rata
  3. Biarkan selama 10 menit.
  4. Lalu masukkan bahan II, uleni semuanya sampai kalis
  5. Kemudian larutkan gula, soda, amonia, air dan garam
  6. Kemudian tambahkan tepung terigu dan kayu manis, aduk hingga rata.
  7. Tambahkan ke campuran di atas. Uleni sampai elastis. Diamkan adonan selama 3 jam
  8. Kemudian adonan dengan ketebalan cm. gulung tipis
  9. Kemudian potong adonan 7×7 cm.
  10. Siapkan wajan lalu panaskan dengan minyak didalamnya. Lalu masak hingga kue matang. Angkat kue lalu tiriskan.
  11. Siap dihidangkan.

 

Hal Menarik Kue Bantal ( Odading )

Nah ini merupakan beberapa hal menarik yang ada pada kue bantal. Berikut beberapa informasi tentang kue bantal.

1. Asal usul nama kue Odading

Nama kue odading didapatkan dari sebuah keluarga kolonial belanda yang sedang tinggal di Indonesia. pada waktu itu ada anak dari ibu kolonial belanda yang ingin membeli kue yang dijual oleh warga pribumi indonesia.

Tanpa mengetahui nama jajanan yang diinginkan anaknya, si anak hanya menunjuk ke penjualnya. Kemudian ibu dan anaknya menoleh ke penjual. Saat sang ibu membuka tutup makanan milik pedagang, sang anak langsung menunjuk kepada sebuah jajanan yang dibilangnya.

Kemudian sang ibu berkata “O, dat ding” dalam bahasa Belanda yang artinya O. Sejak saat itu, kue goreng tersebut diberi nama odading karena warga tidak memberikan nama saat itu.

2. Jajanan Khas Bandung

Odading dikenal sebagai jajanan tradisional dari Bandung, Jawa Barat. Jajanan tersebut dibuat dari adonan roti namun melalui proses penggorengan, sehingga tak heran ada orang yang menggunakan istilah roti goreng.

Odading memiliki rasa yang manis dengan tekstur yang lembut. Sangat enak disantap dengan kopi atau teh. Banyak orang menyebutnya roti goreng, dan ada juga yang menyebutnya roti bantal.

Umumnya dijual dengan jajanan cakwe. Tak sedikit yang mengatakan bahwa Odad ini sama dengan Cakwe, hanya saja Odading lebih manis dari Cakwe. Tak heran jika banyak penjual cakwe yang juga menjual Odad. Meski begitu, adonan yang digunakan oleh odading berbeda dengan adonan yang digunakan cakwe

3. Kue Odading memiliki banyak nama

Meski berasal dari Bandung, Odading juga dikenal di beberapa daerah lain. Oleh karena itu, odading memiliki banyak nama istilah. Di Bandung misalnya, Odading dikenal dengan nama roti goreng atau roti bantal.

Istilah Roti Bolang-Ballen kini dikenal di Jawa Tengah. Namun, di Jawa Tengah bola roti ini sering ditaburi wijen di bagian luarnya.

Adonan roti goreng yang sama tidak hanya ditemukan di Jawa, tetapi juga di Medan. Di Medan, roti goreng itu dikenal bohong. Seharusnya bohong karena rotinya tidak ada isinya, sederhana saja.

 

Itulah artikel yang dapat saya bagikan pada kali ini. Jika kalian ingin membaca artikel serupa, kalian dapat membaca artikel tentang  cara membuat bolang baling empuk dan manis. Atau kalian dapat membaca artikel bermanfaat lainnya di website ini.