Cara Membuat Puding Vla Coklat Ala Rumahan

Assalamualaikum..hai-hai kembali lagi dengan mimin ,di artikel ini mimin bakal kasih tau kalian cara membuat puding vla coklat.Simak sampai akhir artikel ya….

cara membuat puding vla coklat

Puding memang kudapan yang diminati banyak orang ,rasanya yang manis dan juga teksturnya yang lembut membuat makanan ini menjadi kesukaan semua kalangan.Variasi puding sekarang sudah banyak salah satunya puding vla coklat.

Rasa coklat menjadi rasa yang disukai banyak orang,apalagi puding rasa coklat banyak orang yang menyukainya.Kelembutan puding dicampur dengan rasa coklat membuat rasa puding semakin nikmat dimakan.

Buat kalian yang suka sama puding rasa coklat tapi mager beli diluar,kalian bbisa banget lo buat dirumah.Cara membuat puding pun mudah dan juga bahan-bahannya mudah ditemukan di swalayan atau warung klontong .Berikut ini,mimin bakal kasih tau cara membuat puding vla coklat anti ribet….

Baca Juga:proses pembuatan gula merah dari nira kelapa

Cara Membuat Puding Vla Coklat

Bahan untuk puding :

  • Agar-agar serbuk rasa cokelat sebanyak 1 bungkus
  • Susu cair sebanyak 500 ml
  • Susu kental manis rasa cokelat sebanyak 2 sachet
  • Vanili serbuk sebanyak ½ sendok teh
  • Gula pasir sebanyak 65 gram

Bahan untuk vla :

  • Susu kental manis rasa coklat
  • Telur ayam sebanyak 1 butir
  • Tepung maizena sebanyak 10 gram
  • Air bersih sebanyak 200 ml
  • Garam sebanyak ¼ sendok teh

Cara membuat vla :

  1. Langkah pertama adalah masukkan maizena dan garam kedalam wadah dan aduk hingga rata
  2. Setelah itu, masukan bahan lain seperti air, susu kental manis, dan telur kedalam adonan pertama tadi. Aduk perlahan hingga semua bahan tercampur rata.
  3. Kemudian rebus seluruh bahan vla tersebut dengan api sedang dan aduk perlahan hingga mendidih dan semua bahan bercampur rata. Setelah mengental, angkat vla dan dinginkan.

Cara Membuat puding Vla Coklat:

  1. Pertama-tama siapkan panci masukkan air dan rebus sampai mendidih.Setelah mendidih masukkan agar-agar,susu cair,susu kental manis,vanili serbuk dan gula pasir.Aduk adonan sampai tercampur dan tunggu sampai mendidih.
  2. Langkah selanjutnya yakni siapkan cetakan terlebih dahulu (disesuaikan dengan selera masing-masing). Lalu, tuangkan adonan puding tadi ke dalam cetakan
  3. Biarkan terlebih dahulu adonan puding tadi hingga dingin dan mengeras. Bagi yang menyukai makanan dingin maka dapat memasukannya ke lemari pedingin terlebih dahulu.
  4. Setelah dingin, letakan puding pada piring saji kemudian siram dengan saus vla di atasnya.
  5. Puding vla coklat pun siap dihidangkan

Manfaat Puding Bagi Tubuh

1.Melancarkan Pencernaan

Serat yang terdapat pada puding sangat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Salah satu fungsi serat adalah untuk membersihkan usus dengan cara memperlancar metabolisme. Dengan lancarnya metabolisme kita, maka tubuh akan menjadi lebih sehat.

2.Sebagai Makanan Diet

Selain untuk membersihkan usus, serat yang terkandung pada puding juga bisa untuk menahan rasa lapar. Kandungan serat pada puding bersifat mengenyangkan namun tidak membuat gemuk. Jadi cocok banget dikonsumsi untuk kamu yang sedang menjalankan program diet.

3.Pencegah Kanker dan Kardiovaskular

Rumput laut memang dikenal kaya akan manfaat, salah satunya sebagai pencegah kanker. Oleh karena itu, puding baik untuk mencegah kanker. Selain itu rumput laut juga berguna untuk menyerap kelebihan garam pada tubuh dan dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi.

4.Antioksidan

Ekstrak rumput laut yang terkandung pada puding dapat berfungsi sebagai antioksidan selain itu zat krolofil yang ada pada rumput laut dapat membantu tubuh menangkal radikal bebas yang dapat membahayakan tubuh .

Mudah kan cara membuat puding vla coklat ala mimin?pasti mudah dong .Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba membuat ….Assalamualaikum dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.