Cara Membuat Roti Goreng Pisang Coklat

Assalamualikum….mimin kembali lagi nih dengan artikel baru cara membuat roti goreng pisang coklat.Simak sampai akhir artikel ya…

cara membuat roti goreng pisang coklat

Roti memang disukai semua kalangan,dari muda ataupun tua menyukai roti.Apalagi di era sekarang  roti sudah banyak variasi rasa dan bentuknya contohnya saja roti goreng pisang coklat.Roti goreng memang roti yang juga banyak digemari masyarakat Indonesia lo.

Roti goreng sudah ada sejak zaman dulu ,tapi  zaman dulu rasa roti goreng hanya ada gurih dan manis dan sekarang rasa  roti goreng sudah ada berbagai macam rasa.Salah satunya yang mau mimin bahas yaitu roti goreng pisang coklat.

Baca Juga:cara bikin mie untuk mie ayam

Berikut ini cara membuat roti goreng pisang coklat…

Cara Membuat Roti Goreng Pisang Coklat

Bahan-bahan adonan roti:

  • Tepung terigu 250 gram
  • Gula pasir 6 sdm
  • Ragi instan 2 sdt
  • Susu bubuk 4 sdt
  • Kuning telur 1 butir
  • Margarine 2 sdm
  • Air 100 ml

Bahan isian :

  • Pisang kapok 4 buah
  • Gula pasir 3 sdm
  • Susu cair 50 ml
  • Cengkeh 2 butir
  • Dark coklat/coklat batang
  • Tepung roti /tepung panir

Langkah pembuatan :

  1. Langkah pertama yang harus  dilakukan adalah campur tepung, susu, ragi, gula dan telur, aduk rata hingga tercampur dengan merata
  2. Kemudian masukkan air/ susu cair dan uleni sampai rata
  3. Kemudian masukkan margarine
  4. Kemudian diamkan adonan selama 1 jam
  5. Tutuplah adonan dengan plastik agar adonan bisa mengembang
  6. Kupas buah pisang kemudian potong dadu kecil
  7. Kemudian tumis buah pisang dengan 1 sdm margarin
  8. Tambahkan gula pasir, susu cair dan cengkeh dan masak
  9. Kemudian  adonan  yang sudah mengembang dipiphkan
  10. Kemudian bagilah menjadi beberapa bagian sesuai selera kalian.
  11. Isi adonan dengan pisang dan juga coklat batang
  12. Kemudian diamkan lagi
  13. Kemudian celupkan adonan ke telur yg sudah dikocok dan balikan dengan tepung roti
  14. Kemudiang goreng adonan sampai warna keemasan, angkat dan tiriskan
  15. Roti goreng pisang coklat siap dimakan

Asal – Usul Roti Goreng

Roti Goreng di berbagai daerah disebut dengan nama yang berbeda-beda.Jika di Jawa Timur khususnya surabaya di sebut odading ,di Jawa Barat  disebut kue bantal dan di Jawa Tengah disebut chakuwe atau roti “bolang baling”.

Mengenai penamaan Odading, Remy Sylado mengisahkan sebuah etimologi yang menarik. Kisahnya bermula dari seorang bocah belanda yang menginginkan makanan yang dijajakkan oleh seorang pria. Ia menunjuk-nunjuk makanan tersebut dengan maksud agar mamanya membelikan satu untuknya.

Lalu,Ibu anak tersebut kemudian memanggil pria yang menjajakkan makanan tersebut lalu membuka penutupnya. Setelah tahu makanan apa di balik penutup itu, ia pun berujar, “oh, dat ding.” Maksudnya mengungkapkan, “oalah itu toh.Demikianlah, hingga saat ini roti goreng  itu pun dikenal dengan nama Odading.

Lambat laun, penamaan roti tersebut berkembang menjadi kue bantal lantaran bentuknya yang seperti bantal mini. Sedangkan di Jawa Tengah bernama bolang-baling, atau galundheng. Di berbagai daerah pun rasa roti goreng tidak berbeda rasanya asin dan juga manis.

Makanan ringan ini biasanya berdampingan nyaman dengan Cakwe atau Youtiao dalam bahasa Mandarin. Cakwe sendiri merupakan makanan khas dari negeri tirai bambu, Cina. Penamaan ini berhubungan dengan kematian seorang jenderal yang dibenci pada masa dinasti Song.

Saat ini, roti goreng bisa ditemukan di daerah manapun yang anda lewati. Variannya pun bermacam-macam . Mulai yang ditaburi wijen, yang ditaburi tepung roti, atau yang berisi aneka rasa.

Mudah kan cara membuat roti goreng pisang coklat?pasti mudah lah apalagi buat kalian yang suka masak kalian bisa lo mencoba membuatnya.Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian dan selamat mencoba.Assalamualaikum dan sampai jumpa di artikel selanjutnya …..