Cara Membuat Seblak Kering Dan basah

Hay kawan apa kabar kalian ,pada kesempatan kali ini saya mau mengulas cara membuat seblak kering bantat.

Siapa yang tidak suka dengan seblak makanan dengan ciri khas pedas dan memiliki beberapa toping seperti krupuk, telur ,sosis ,dll.

Pengertian Seblak

Seblak adalah makanan Indonesia, umumnya adalah makanan khas dari Sunda, Jawa Barat yang bercita rasa gurih dan pedas yang terbuat dari kerupuk basah yang dimasak dengan sayuran dan sumber protein seperti telur, ayam, boga bahari atau olahan daging sapi, dimasak dengan bumbu tertentu.

Resep seblak Basah mie krupuk

1. Mi Makaroni Seblak Krupuk:

bahan

1. 20 gram kerupuk

2. 15 buah siomay kering

3. 20 gram makaroni

4. 30 gram mie kuning

5. 1 butir telur

6. Bumbu:

7.1 siung bawang putih

8. 2 siung bawang merah

9. 3 ruas kencur

10. 2 buah cabai rawit

11. Bahan lainnya:

12. secukupnya garam

13. Untuk mencicipi gula pasir

14. Rasa yang cukup

15. 1 batang daun bawang

Langkah

1. Rebus kerupuk, mie kuning, siomay dan makaroni secara terpisah. Rebus hingga matang.

2. Haluskan bumbu halus, tambahkan garam dan gula.

3. Kocok telur.

4. Tumis bumbu halus dan daun bawang hingga harum.

5. Masukkan kerupuk, mie kuning, siomay, dan makaroni rebus. Tambahkan penyedap rasa, aduk rata.

6. Tambahkan telur kocok. Aduk rata. Masak sampai telur matang dan berbutir

 

Resep Seblak Kerupuk kering

 

Resep Seblak Kerupuk Kering

Bahan-bahan:

  • 250 gr kerupuk mentah
  • 1 bks bon cabe
  • 3 siung bawang putih,iris tipis
  • 2 cm kencur,iris tipis
  • 4 lembar daun jeruk,iris halus
  • 1/2 sdt penyedap
  • Minyak

Cara Membuat Kerupuk Seblak Kering:

  1. Rendam kerupuk dalam minyak dingin selama kurang lebih 30 menit
  2. Sambil menunggu kerupuk direndam,goreng bumbu yg sudah diiris secara terpisah,
  3. Masukkan bawang putih dan kencur yg sdah di goreng ke dalam plastik,lalu tumbuk hingga halus,sisihkan
  4. Jika kerupuk sudah direndam selama 30 menit,nyalakan api sedang cenderung kecil,goreng kerupuk smbil di aduk2 terus.goreng bantat saja ya bun,tapi kira2 tetap renyah (tidak terlalu keras)
  5. Terakhir masukkan ke dalam toples, masukkan semua bumbu dan penyedap, tutup rapat,kocok2 krupuk smpai tercampur rata dengan bumbunya. Selesai

Tips-tips Menjalankan Usaha Seblak

Dengan semakin digandrunginya Seblak karena rasanya yang gurih, pedas, dan cara membuatnya yang mudah, tentunya Seblak bisa menjadi pertimbangan Anda saat memilih usaha kulineri. Nah, bila Anda tertarik mulai usaha Seblak ini, inilah tips-tips yang bisa Anda terapkan, agar usaha ini dapat berkembang dan berjalan lancar.

1.Lokasi Strategis

Lokasi strategis menjadi pertimbangan utama saat Anda berjualan, apalagi dalam menjalankan usaha franchise ini. Seblak tidak hanya dikenal oleh kalangan orang tua, tetapi juga anak-anak muda. Oleh karenanya, harus dipertimbangkan untuk memilih lokasi yang dekat dengan tempat hang out anak muda seperti pusat perbelanjaan, kampus, taman, dan tempat ramai lainnya dengan mobilitas tinggi. Namun, jika harus membuka tenda pinggir jalan pun tidak masalah, asal lokasinya tetap strategis dan dijaga kebersihannya.

2.Kreativitas Rasa

Pelanggan tentu akan merasa bosan dengan rasa dan jenis makanan yang monoton. Jadi, usaha franchise Seblak ini pun perlu menawarkan kreativitas rasa dengan menghadirkan cita rasa dan eksperimen baru. Entah diberikan modifikasi sajian toping baru seperti jamur, siomay, aci, ataupun batagor. Level kepedasan yang berbeda bisa diterapkan dari 1-5 atau bahkan hingga 15, dengan memasukkan jumlah bumbu cabe yang berbeda dalam adonan.

3.Modifikasi Tempat Berjualan yang Unik dan Baru

Selain kreativitas dalam hal rasa, modifikasi tempat berjualan dan cara penyajian pun perlu dilakukan. Kedai atau Gerobak Seblak bisa tampil unik dengan tulisan ala kafe Italia dalam warna yang eyecatching. Dengan demikian, di lokasi yang banyak orang sibuk berlalu lalang, gerobak ataupun kios franchise Seblak Anda dapat menarik perhatian, dan keinginan mereka, untuk mampir dan mencobanya.

4.Strategi Kemasan Siap Saji

Harus diakui bahwa makanan seperti Seblak menjadi usaha franchise yang sangat menguntungkan, terbukti dengan adanya inovasi yang dilakukan secara kontinu. Salah satunya adalah mengemasnya yang mengunakan alat pres plastik atau hand sealer.Dalam kemasan siap saji seperti Pop Mi. Dengan melakukan strategi ini, Seblak bisa dipasarkan juga secara online.

5.Menjaga Kebersihan

Kebersihan peralatan masak dan bahan-bahan yang digunakan serta tempat berjualan menjadi hal yang tidak boleh diabaikan.Bumbu yang segar dan kerupuk basah sebaiknya juga dibuat sendiri atau bekerja sama dengan pihak yang berpotensi atau franchise sehingga kualitasnya tetap terjaga dan rasanya dijamin nikmat.

Demikianlah artikel yang telah saya buat semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *