Cara Memeriksa Backlink

Cara Memeriksa Backlink: 5 Alat untuk Membantu

Cara Memeriksa Backlink – SEO (Search Engine Optimization) bukan hanya tentang mengoptimalkan konten, tetapi juga tentang mengoptimalkan di luar konten, yang sering dikenal sebagai optimasi off page. Inilah sebabnya mengapa Anda harus memahami cara memeriksa backlink.

Tunggu sebentar. Apa sebenarnya backlink itu?

Backlink adalah tautan dari situs web lain yang mengarah ke situs Anda. Semakin banyak situs web yang terhubung dengan Anda, semakin terkenal dan dapat dipercaya situs web Anda.

Dan semakin banyak backlink yang Anda miliki, semakin besar kemungkinan Google memasukkan situs web Anda ke hasil pencarian. Karena website Anda memiliki reputasi yang solid.

Sebagai? Anda pasti penasaran dengan cara cek backlink website dan kelebihannya sekarang, bukan? Yuk kita baca artikel ini sampai selesai!

Apa Keuntungan dari Analisis Backlink?

Ada beberapa alasan mengapa Anda harus memahami Cara belajar SEO dan cara memeriksa backlink. Seperti yang dinyatakan di awal posting ini, semakin banyak backlink yang Anda peroleh, semakin besar kemungkinan Google akan menganggap situs web Anda dapat diandalkan.

Pada dasarnya, ini adalah beberapa keuntungan backlink teratas yang harus Anda ketahui seperti dikutip dalam situs Dooplan:

  1. Meningkatkan Peringkat Situs Web Google – Menurut Ahrefs, salah satu faktor terpenting yang dianalisis Google dalam hal meningkatkan peringkat konten dalam hasil pencarian adalah jumlah tautan balik.
  2. Meningkatkan lalu lintas – Semakin banyak tautan yang mengarah ke situs web Anda, semakin besar kemungkinan pengunjung situs web lain akan menjadi pengunjung situs web Anda, sekaligus sebagai Cara optimasi Google Maps.
  3. Google dapat menemukan halaman situs web Anda tidak hanya melalui backlink, tetapi juga melalui pengunjung. Backlink tentu saja harus dari jenis dofollow.

Cara Memeriksa Backlink dengan 5 Alat Bantu

Kami telah menyusun daftar alat teratas untuk memeriksa backlink. Berikut adalah daftarnya:

1.  Ubersuggest

Jika Anda bekerja di SEO, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan tool yang satu ini.

Ya, Ubersuggest adalah alat SEO Neil Patel dengan banyak kemampuan. Mulailah dengan penelitian kata kunci, analisis kompetitif, dan brainstorming konten.

Anda juga dapat memeriksa tautan balik ke situs web Anda di sini. Data yang ditampilkan juga cukup lengkap, termasuk jumlah keseluruhan backlink yang terhubung ke situs web Anda, jumlah backlink yang hilang, dan jumlah backlink nofollow.

2. LinkMiner

LinkMiner adalah alat lain untuk memeriksa tautan balik.

Alat Mangools ini mencakup banyak fitur keren, seperti fungsi backlink yang populer. Ini akan membantu Anda dalam menentukan tautan balik mana yang sering diperiksa.

Selanjutnya, LinkMiner menyediakan layanan pemeriksa backlink standar seperti memfilter backlink berdasarkan jenis (nofollow atau dofollow), waktu, dan domain (baru atau lama).

Oh, dan karena LinkMiner adalah produk Mangools, Anda harus masuk dengan akun Mangools untuk menggunakannya. Untungnya, mereka menyediakan uji coba gratis 10 hari untuk memungkinkan Anda menguji layanan mereka terlebih dahulu.

3. Ahrefs

Saat ini, Ahrefs kemungkinan adalah salah satu alat SEO yang paling banyak digunakan. Apa salahnya? Aplikasi ini menyediakan berbagai pilihan bagi para profesional SEO, salah satunya adalah pengecekan backlink.

Kabar baiknya adalah bahwa pemeriksa backlink Ahrefs sepenuhnya gratis! Meskipun demikian, seperti yang diketahui secara umum, kualitas alat tidak boleh dianggap remeh.

Karena alat ini memungkinkan Anda mengakses banyak informasi berguna. Dimulai dengan jumlah backlink yang Anda terima, beralih ke proporsi backlink dofollow, dan akhirnya ke 100 backlink teratas yang mengarah ke situs web Anda. Sangat komprehensif bukan?

4. SEMrush (Pemasaran Mesin Pencari)

Selain Ahrefs, SEMrush adalah alat SEO premium yang terkenal. Alat ini, seperti alat SEO lainnya, dapat digunakan untuk memeriksa tautan balik.

Fungsi pemeriksa backlink di SEMrush agak menyeluruh. Karena Anda dapat menentukan berapa banyak backlink yang Anda terima per halaman. Ini adalah bagaimana Anda menentukan halaman mana yang menerima backlink spam.

Anda juga dapat menyelidiki backlink saingan. Ini adalah bagaimana Anda dapat menentukan kualitas backlink dari situs web saingan.

5. Moz Pro

Moz menyediakan sejumlah alat SEO yang dapat Anda gunakan. Penjelajah tautan adalah salah satunya.

Alat ini dapat digunakan untuk memeriksa profil tautan situs web Anda. Substansi dari link profile itu sendiri sangat bervariasi, mulai dari jumlah backlink yang masuk ke website Anda, proporsi link dofollow hingga persentase backlink spam. / Dy

Baca Juga: 4 CARA AGAR SITUS WEB ANDA BERADA DI HALAMAN PERTAMA GOOGLE