Cara Mengatur Keuangan Anak Kos Agar Sejahtera Terus

Memahami bagaimana cara mengatur keuangan anak kos menjadi sebuah hal yang wajib diketahui. Hal ini karena tidak sedikit anak kos yang malah menerapkan pola hidup yang tidak hemat. Dia cenderung tidak bisa mengontrol keuangannya sehingga membuatnya kehabisan uang padahal belum pergantian bulan. 

Cara Atur Uang bagi Anak Kos - Cermati.com

Padahal hidup sebagai anak kos menuntut kita untuk hidup mandiri. Selain itu, sebagai anak kos maka kita harus memahami apa saja barang-barang yang perlu kita beli atau tidak. Dengan memahami hal tersebut, maka kita tidak mudah tergiur untuk membeli barang yang tidak kita butuhkan.

Agar Hemat, Inilah Cara Mengatur Keuangan Anak Kos yang Benar

Jika kamu sekarang menjalani hari-hari sebagai anak kos, kamu perlu memperhatikan beberapa cara mengatur keuangan anak kos yang akan kami jelaskan sebagai berikut.

1. Membuat Daftar Pengeluaran dan Pemasukan

Cara pertama yang harus kamu lakukan yaitu dengan membuat daftar pemasukan dan juga pengeluaran. Ini sangat penting karena melalui cara inilah kamu bisa mengetahui kira-kira berapa banyak  uang yang kamu habiskan serta untuk apa saja. Kamu bisa mulai membuat daftar pemasukan serta pengeluaran mulai yang terkecil sampai terbesar.

Namun kamu juga harus menyadari bahwa pastikan kamu tidak sembarangan membeli sesuatu. Kamu juga harus menyesuaikan dengan uang saku atau gaji yang kamu dapatkan. Dengan begitu, kamu tidak akan membeli barang yang bukan menjadi kebutuhan yang harus kamu penuhi. Ini juga akan membuatmu menjadi lebih hemat.

2. Menerapkan Jatah Per hari

Meskipun cara yang kedua ini terbilang sederhana, nyatanya bermanfaat untuk membuat kondisi keuanganmu stabil. Di sini kamu perlu menerapkan berapa besar jatah yang kamu dapatkan setiap hari. Jatah yang kamu terapkan meliputi uang makan, uang transport, dan lain-lain.

Dengan menerapkan cara ini kamu bisa membatasi pengeluaranmu. Jadi kamu hanya akan menghabiskan sesuai jatah yang sudah kamu tentukan. Bukan tidak mungkin kamu akan menjadi seseorang yang hemat dan bisa menyisihkan uangmu untuk menabung.

3. Mencari Tempat Makan Harga Terjangkau

Cara mengatur keuangan yang ketiga yaitu kamu harus menemukan tempat makan harga terjangkau. Mungkin kamu tidak sempat memasak sehingga mau tidak mau harus makan di luar. Namun pastikan tempat makanmu tidak menjual makanan yang mahal. Cukup cari tempat makan dengan harga anak kos.

Jadi, kamu tidak sampai menghabiskan banyak uang hanya untuk sekali makan. Akan lebih baik jika kamu malah memasak sendiri kemudian menyiapkan makanan untuk bekalmu. Dengan begitu kamu tidak harus mengeluarkan uang untuk membeli makanan di luar.

4. Mengumpulkan Uang Receh

Uang receh terkadang dianggap tidak penting di awal bulan. Namun ketika sudah memasuki akhir bulan, uang receh ibarat sebagai harta karun. Namun kami menyarankan agar tujuanmu mengumpulkan uang receh bukan karena sedang membutuhkan uang. Namun mengumpulkan uang receh di sini bertujuan untuk kamu tabung.

Uang receh memang jumlahnya tidak seberapa. Meskipun begitu, kamu tetap harus mengumpulkan uang receh sebagai tabunganmu. Maka dari itu sekarang jangan menganggap remeh uang receh. Jika mendapatkan kembalian berupa uang receh, segera simpan dan tabung.

Demikian informasi mengenai apa yang harus kamu lakukan untuk mengatur keuangan agar tetap stabil. Sebenarnya masih ada beberapa tips lainnya yang belum kami sebutkan. Kuncinya kamu harus menyesuaikan antara uang kiriman orang tua atau gaji yang kamu dapatkan dengan kebutuhanmu. Selain itu, jangan mudah membeli barang-barang yang tidak kamu butuhkan. Semoga informasi ini bermanfaat.