cara menyimpan sayur dikulkas

Cara Mengawetkan Sayuran Di Kulkas

Haloo semua? alhamdulillah masih diberi umur panjang dan bisa menulis artikel ini. Dan kali ini akan membahas tentang ” Cara Mengawetkan Sayuran Di Kulkas “. Sering kali disepelekan oleh banyak orang tentang meyimpan sayurana di kulkas. Namun sebenernya ada cara yang lebih efektif dan lebih efisien , Mau tau caranya? Yuk simak pembahasannya dibawah ini !

cara mengawetkan sayuran di kulkas

Cara Mengawetkan Sayuran Di Kulkas

Sayuran memiliki kandungan air sekitar 90%. Kandungan air yang tinggi membuat sayuran mudah membusuk jika disimpan terlalu lama. Proses dekomposisi sayuran dimulai setelah dipanen. Aliran airjuga menjadi sumber utama asupan sayuran ini otomatis akan berhenti.
Agar sayuran tetap segar dan dalam kondisi baik, ada beberapa cara mudah menyimpan sayuran di lemari es.

1. mempertahankan tingkat kelembapan.

Seperti yang kita ketahui, sayuran mengandung 90% air. Kandungan air inilah yang harus dijaga agar awet dan tidak membusuk. Cobalah untuk menahan napas dari sayuran. Kandungan air dalam sayuran dapat dipertahankan dengan menyimpannya dalam plastik berlubang. Kemudian masukkan saja ke dalam lemari es.

2. Cuci dan keringkan sayuran sebelum disimpan.

Setelah membeli sayuran, segera cuci setiap bagian dengan air mengalir dan sabun antibakteri. Hal ini dilakukan agar bakteri tanaman mati. Hal ini karena bakteri merupakan salah satu faktor penyebab cepat busuk. Setelah dicuci, keringkan sayuran dengan kain lalu masukkan ke dalam lemari es.

3. Pisahkan buah dan sayuran.

Bagi yang ingin membeli sayur dan buah sekaligus, sebaiknya pisahkan keduanya saat disimpan di lemari es. Ini karena buah-buahan menghasilkan etilen, yang dapat mempercepat pematangan makanan lain. Tidak ada orang lain yang bisa mempercepat proses penguraian sayuran lebih cepat.

4. Sortir sebelum disimpan.

Sebelum menyimpannya di lemari es, ada baiknya memesan sayuran yang Anda beli terlebih dahulu. Hapus semua warna yang menguning atau menyepuh untuk mencegah kerusakan menyebar ke area lain. Jangan lupa untuk memotong sayuran akar sebelum menyimpannya.

5. Periksa suhu lemari es.

Selalu periksa suhu lemari es agar sayuran tahan lama. Suhu yang cocok untuk menyimpan sayuran adalah 1-4 derajat Celcius. Jika suhu lebih tinggi, bakteri mudah berkembang biak dan sayuran akan berbau tidak sedap.

6. Periksa kondisi sayuran secara teratur.

Tidak mungkin menyimpan sayuran di lemari es untuk waktu yang lama. Yang terbaik adalah tidak menyimpan sayuran di lemari es selama lebih dari tiga hari. Jika Anda ingin menyimpannya lebih lama dari tiga hari, Anda harus memeriksa suhu lemari es secara teratur. Jangan lupa juga untuk membuang daun yang sudah menguning agar tidak menyebar ke bagian yang baik.

7. Tidak semua sayuran bisa disimpan di lemari es.

Ada beberapa sayuran yang bisa disimpan di lemari es. Salah satunya adalah tomat. Karena suhu dingin justru dapat menghambat proses pematangan buah tomat. Begitu pula dengan daun kemangi, jika disimpan di lemari es karena mudah layu dan tidak segar.

8. Susun sayuran sesuai dengan jenisnya masing-masing.

Umumnya lemari es memiliki 3-4 rak. Gunakan setiap rak untuk menyimpannya sesuai dengan jenisnya masing-masing. Misalnya pada rak paling bawah untuk menyimpan sayuran berdaun hijau seperti sawi, kangkung dan bayam. Karena rak paling bawah memiliki suhu yang cenderung stabil. Dengan menyimpan sayuran berdasarkan jenisnya, Anda akan lebih mudah mengeceknya setiap hari.

9. Simpan sayuran dalam bentuk utuh.

Jika Anda ingin sayuran yang Anda beli bertahan lebih lama, simpan utuh. Jika Anda memotongnya lebih awal, sayuran akan membusuk lebih cepat. Sayuran hanya perlu dipotong dari akarnya sebelum disimpan di lemari es.

10. Pastikan kulkas bersih.

Kulkas yang bersih penting karena lebih meningkatkan kualitas sayuran. Jika lemari es kotor, kualitas sayuran tidak akan baik dan kerusakan akan lebih cepat. Jadi pastikan Anda selalu membersihkan kulkas.

Macam – Macam Sayuran Yang Sering Di Awetkan

Makan makanan sehat memang dipercaya bisa menjaga sistem imun kita. Untuk itu, enggak ada salahnya buat menyetok sayuran seperti yang disarankan dokter Ina. Lantas, kalau sudah distok perhatikan juga cara penyimpanannya.

1. Sayuran hijau tua

Untuk menunjukkan Kesehatan Harian, sayuran hijau tua; seperti kol, lobak dan sawi umumnya tersedia dalam jumlah besar, terlepas dari musimnya. Sayuran ini juga kuat, lho. Simpan dalam cetakan potong kecil-kecil agar tahan lebih lama. Simpan dalam wadah kering dan dinginkan. Itu baru nanti, sebelum digunakan, ya.

2. Jagung

Jagung juga memiliki umur simpan yang lama. Anda hanya perlu menyimpannya tanpa membuang jagung dari kulit atau bulu halusnya. Simpan di kulkas seperti biasa. Jika Anda ingin mencoba, itu yang pertama.

3. Mentimun

Mentimun memiliki tubuh yang kencang dengan kulit yang kering. Tak heran jika sayuran yang juga termasuk dalam kategori buah ini bisa bertahan lama. Coba saja tambahkan beberapa mentimun. Jika Anda tidak memiliki sayuran, Anda bisa memakannya, bukan?

Baca Juga : Cara Menyimpan Bahan Makanan Agar Tahan Lama

4. Akar

Seperti halnya mentimun, wortel juga bisa disimpan dalam waktu lama. Anda cukup menyimpannya di dalam lemari es, atau jika Anda ingin menyimpannya di dalam freezer, sebaiknya dipotong kecil-kecil terlebih dahulu.

5. Tulang

Jika Anda makan dengan baik, jika Anda ingin mengawetkan buncis, Anda harus terlebih dahulu membersihkannya dari serat di tepinya. Kemudian masukkan kembali ke dalam plastik dan bor lubang agar udara bisa masuk. Simpan di lemari es agar kacang bisa bertahan hingga satu bulan.

6. Brokoli

Brokoli juga bisa Anda jadikan salah satu pilihan sayuran untuk kuah kaldu di rumah. Untuk menyimpan makanan super ini, Anda harus memasukkannya ke dalam lemari es. Selain itu, pastikan plastiknya tidak terbuka agar brokoli tidak lembek. Tapi kalau agak menguning sebaiknya langsung dimasak ya? Saat memasak brokoli, biasanya membutuhkan waktu lebih lama.

7. Kubis

Kubis atau kol juga memiliki umur yang panjang jika disimpan di lemari es. Selama punuknya tidak dipotong, sayuran kaya vitamin C dan belerang ini tetap segar.

Manfaat Sayur Hijau Untuk Tubuh

Berbagai menu makanan saat ini sedang dikembangkan, mulai dari daging olahan hingga menu yang mengandalkan rasa pedas. Namun Anda menyadari bahwa tidak semua menu makanan memiliki jumlah vitamin dan serat yang baik untuk tubuh. Rasa makanan seringkali menjadi prioritas kita daripada manfaatnya bagi tubuh kita.

Begitu juga dengan sayuran hijau yang rutin kita temui sebagai pelengkap dengan komposisi porsi makanan yang minim. Sedangkan sayuran dan buah-buahan hijau mengandung klorofil, serat, lutein, zeaxanthin, kalsium, asam folat, vitamin C dan beta-karoten yang baik untuk tubuh.

Berikut empat manfaat bagi tubuh kita:

1. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Kandungan serat dalam sayuran hijau dapat menyerap air ekstra di usus dan juga menjaga keberadaan bakteri sehat. Brokoli, kacang hijau, lobak dan apel adalah contoh sayuran hijau yang baik untuk sistem pencernaan.

2. Menjaga kesehatan mata

Kandungan lutein dan zeaxanthin pada bayam, kiwi dan anggur dapat mencegah munculnya katarak pada mata kita. Dengan asupan vitamin A yang seimbang, kesehatan mata secara alami menjadi lebih terjaga.

3. Mencegah penyakit jantung

Kandungan vitamin K dalam brokoli dan asparagus sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung. Kekurangan vitamin K dapat menghambat sirkulasi darah ke jantung. Jika Anda tidak menyukai kedua sayuran ini, Anda bisa mengakalinya dengan mencampurkannya ke dalam kuah kaldu ayam.

4. Menurunkan berat badan

Jika Anda memiliki masalah dengan kelebihan berat badan, maka solusi yang tepat adalah dengan mengonsumsi sayuran hijau secara rutin. Selain kaya akan serat, sayuran hijau juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh, karena terdapat vitamin B seperti bayam dan paprika hijau.

Dari artikel diatas bisa tau bahwa pentingnya sayuran untuk tubuh kita. Selain itu juga tau bahwa enyimpan sayuran di kulkas juga perlu diperhatikan karena terlihat sepele namun bermkana. Sekian dari artikel kali ini semoga dapat membantu dan selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *