Cara Menggunakan Alat Pemadam Kebakaran Api Ringan (APAR)

Bencana kebakaran dapat terjadi kapan saja dan juga dimana saja, untuk itu kita harus tetap selalu waspada akan terjadinya kebakaran. Jika bencana kebakaran ringan sudah terjadi, salah satu cara yang dapat kita lakukan adalah dengan memakai alat pemadam api ringan (APAR) atau tabung pemadam kebakaran. Bagaimana cara menggunakan alat pemadam kebakaran ini? jika anda belum mengetahui cara penggunaan APAR, disini saya akan memberikan informasi tentang cara menggunakan alat pemadam api ringan.

Untuk cara yang paling mudah dan juga efektif yaitu dengan memegang alat pemadam kebakaran memakai tangan sebelah kiri sambil menarik pin pengaman di posisi leher falve pemadam. Setelah cabut pin pengaman, arahkan selang dan semprotkan ke setiap titik sumber kebakaran itu muncul dan lakukan dengan cara gaya semprot seperti menyapu agar membersihkan kebakaran yang terjadi. Pastikan juga semua api sudah padam semua nya.

saya juga akan memberikan tips menggunakan alat pemadam kebakaran kepada kalian. Berikut ini merupakan tips menggunakan alat pemadam apabila terjadi kebakaran.

1 . Jangan panik dan tetap fokus

Apabila terjadi kebakaran, yang harus anda lakukan pertama yaitu harus tetap tenang dan jangan panik. Segera lah menuju ke tempat APAR berada dan pastikan jarum indikator tekanan berfungsi dengan baik. lalu padamkan api di setiap titik kebakaran yang tejadi.

2. Perhatikan semua titik sumber terjadinya kebakaran

Tarik atau lepaskan pin pengaman yang berada di posisi valve leher alat pemadam kebakaran. Pastikan posisi anda berada diantara jarak 1,5 – 3 Meter dari api untuk mecegah dan juga menjaga anda dari kepanasan. Posisi anda jangan berada di lawah arah angin, agar pemadaman api dapat dilakukan secepat mungkin.

3. Pastikan anda memegang selang APAR ke arah sumber api berada

Pegang gagang APAR lalu kemudian tekan gagang alat pemadam dengan kencang dan semprotlah ke sumber titik kebakaran api itu terjadi, pastikan juga anda sudah memadam semua sumber api agar tidak terjadi kebakaran berkelanjutan.

bagi anda yang belum memiliki APAR untuk di rumah, di mobil, dan ditempat lainnya, kami PT. Kreasi Ukasah merupakan tempat jual alat pemadam kebakaran dengan harga yang cukup terjangkau. jika anda ingin menanyakan seputar APAR, silahkan kunjungi website kami atau hubungi customer service kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *