Cara menghilangkan komentar spam di blog

Jika blog mu di build dengan memakai wordpress , Tentu kamu sudah mafhum bahwa wp telah menyediakan kolom komentar khusus bagi visitor yang hendak meninggalkan komentar disana . Karena memang, komentar yang diberikan oleh pembaca dan pengunjung menjadi cara terbaik bagi Anda untuk berinteraksi dan memperoleh umpan balik dari mereka. Sayangnya, fasilitas kolom komentar ini sering disalahgunakan dan menjadi target untuk spammer ya.

Nah dari kenyataan bahwa, biasanya situs wordpress akan rentan terhadap tumpukan tersebar dari spam komentar. Dan tentu saja akan sangat mengganggu dan membuat Anda sebagai pemilik website jengkel harus menghapusnya satu per satu. Dan dengan kecanggihan di era modern ini, spammer menggunakan software otomatis untuk komentar menulisakan dan link yang cuti yag akan mengarahkan pembaca untuk pergi ke halaman spammer lainnya.

Alasan kenapa spam komentar di blog tidak bagus buat blog

Menjatuhkan reputasi blog

Ketika sebuah blog telah banyak bertebaran komentar spam dengan mungkin disertai link OBL disana . Secara tidak langsung kondisi ini menurunkan value / reputasi blog tersebut di mata google .

Menurunkan ranking seo

Sebuah komentar spam pasti berisi sesuatu yang tidak ada kaitannya dengan isi artikel atau postingan. Nah, hal tersebut berarti komentar spam menjadi komentar yang tidak relevan dan membuat konsistensi dan relevansi konten sebuah halaman menurun dan berefek pada ranking.

Bandwidth naik

Komentar Spam akan mengakibatkan penggunaan internet untuk menghapus spam menjadi lebih dan juga mengarah ke situs web menjadi lambat karena proses banyak komentar spam.

Nah, dilihat dari beberapa dampak tentu saja Anda tidak ingin terjadi ke website Anda dong. Tetapi juga tidak mungkin untuk menangani spam komentar untuk menghapusnya satu per satu. Tenang, karena wordpress sudah menyediakan plugin untuk membantu Anda menangani komentar ini dengan mudah. Namanya Anti Spam Plugin Akismet.

Anti Spam Plugin Akismet adalah yang paling banyak digunakan untuk berhenti spam komentar. Fungsi Plugin Akismet adalah untuk mengirim semua komentar ke server Akismet untuk kemudian menggunakan algoritma yang kompleks. Jika komentar yang disampaikan terbukti adalah spam, Akismet kemudian akan menyaringnya.

Cara Menghilangkan Komentar Spam di WordPress dengan plugin AKISMET

  1. Langkah pertama adalah menginstall dan mengaktifkan plugin akismet. Nah, biasanya ketika awal penginstalan wordpress, plugin akismet secara otomatis sudah terinstall ke dalam wordpress kalian. Sehingga, kalian langsung saja klik menu Plugins » Installed Plugin. Kemudian, klik Activate pada plugin Akismet.
  1. Namun, apabila memang belum disediakan pluginnya, kalian bisa menginstallnya via dashboard terlebih dahulu kemudian klik Activate
  2. Setelah plugin berhasil aktif, maka akan muncul pemberitahuan atau notifikasi berwarna hijau. Untuk mengkonfigurasi atau mengaktifkan akun Akismet, klik Activate your Akismet Account
  1. Kemudian akan muncul halaman Akismet seperti gambar di bawah ini. Kalian akan diminta untuk menginputkan API KEY. API Key ini dibutuhkan agar Akismet dapat berfungsi dengan baik. Klik Get your API Key, apabila kalian belum memilikinya. Nah, pilihan lain, jika kalian sudah memiliki API Key, maka masukkan key tersebut ke kolom di bawahnya, dan klik Connect With API Key 
  1. Selanjutnya, kalian akan diarahkan ke halaman website resmi Akismet yang meminta kalian untuk membuat API key yang berfungsi untuk mengaktifkan plugin. Silahkan klik ACTIVATE AKISMET
  1. Klik Approve untuk masuk ke Akismet menggunakan akun WordPress kalian
  1. Kemudian, pilih Personal. Dan klik Get Personal
  1. Kemudian masukkan data diri kalian mulai dari Nama Depan, Nama Belakang, URL Situs website kalian dan centang seluruh checkbox. Nah, jika kalian ingin yang GRATIS, maka kalian cukup geser plan menjadi $0/Year. Kemudian klik Proceed
  1. Setelah itu, kalian sudah berhasil mendapatkan API Key. Copy API KEY tersebut
  1. Kemudian, kembalilah ke dashboard wordpress kalian. Paste/Tempel API KEY tadi ke dalam kolom kemudian klik Connect with API Key

Buat anda pengguna blogspot , cara untuk mengatasi spam komentar juga cukup muda . Anda hanya perlu memasang script anti link aktif di komentar blog , setelah itu semua masalah tersebut kelar .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *