Cara Menyemai Benih Tomat yang Benar

Cara Menyemai Tomat yang Benar

Salah satu langkah yang perlu dilakukan sebelum penanaman bibit tomat di lahan terbuka yaitu dengan menyemai benihnya. Yuk simak cara menyemai tomat yang benar dalam artikel berikut!

Tomat merupakan buah sekaligus sayuran yang memiliki rasa segar, manis dan sedikit asam. Tak heran, jika buah yang satu ini banyak peminatnya. Selain karena rasanya yang enak, buah tomat juga kaya akan kandungan vitamin A, vitamin B, dan vitamin C dan B. Bahkan kandungan vitamin A dalam tomat lebih banyak 2 kali lipat dibanding pada buah semangka. Jadi, tak ada alasan untuk tidak mengonsumsi buah yang satu ini.

Tanaman tomat pertama kali ditemukan di daerah Amerika Selatan. Tanaman dengan nama latin yaitu Lycopersicon esculentum L ini  mempunyai syarat-syarat tumbuh yaitu daerah yang memiliki suhu sekitar 20°C hingga 27°C, serta memiliki curah hujan sekitar 750 mg hingga 1250 mg per tahunnya. Selain itu, tanaman tomat juga cocok bila ditanam di daerah dengan ketinggian sekitar 0 hingga 1500 meter di atas permukaan laut.

Tomat memiliki keunikan tersendiri karena tanaman yang satu ini dapat digolongkan ke dalam jenis sayuran atau buah. Buah tomat sebagai sayur sekaligu buah memiliki segudang manfaat, bahkan dipercaya dapat mencegah dan menyembuhkan penyakit. Sebelum memulai menanam tomat, Anda perlu mengetahui jenis-jenis varietas pada tanaman tomat.

Seiring dengan perkembangan teknologi varietas, setidaknya ada 400 jenis varietas tomat yang telah dianggap unggul dalam varietas. Misalnya varietas berlian, mutiara dan kada. Jenis varietas yang digunakan dalam pembibitan umumnya berbeda-beda, tergantung pada kesesuaian tempat Anda membudidayakannya.

Cara Memilih Benih Tomat

Cara Memilih Benih Tomat

Langkah pertama yang harus Anda lakukan dalam menanam tanaman tomat yaitu menyiapkan benih. Benih dan varietas unggul tomat dapat Anda dapatkan di toko-toko pertanian terdekat. Pada umumnya, bibit tomat varietas unggul dibiayai dengan harga yang cukup tinggi.

Untuk menghemat biaya pengeluaran, Anda bisa mengantisipasinya dengan cara membuat benih tomat sendiri. Pastikan buah tomat yang dipilih adalah buah yang berkualitas dan tidak cacat. Dilihat dari ciri-cirinya, tomat yang baik adalah buah tomat yang tua di pohon, berwarna merah merata, kulit yang mulus, dan berukuran besar.

Cara Membuat Benih Tomat

Cara Membuat Benih Tomat

Setelah didapatkan buah tomat yang baik, Anda bisa memulai pembuatan benih tomat. Caranya yaitu dengan membelah buah tomat menjadi dua, kemudian pisahkan bagian biji dan dagingnya. Bersihkan biji tomat dari lendir yang menempel dengan menggunakan air.

Setelah itu, rendam biji tomat di dalam seember air dan sambil diamati. Buang biji tomat yang terabung, dan pilih hanya biji yang tenggelam saja. Selanjutnya, pilih biji tomat yang tidak cacat, permukaannya tidak keriput, serta memiliki bentuk yang seragam. Kemudian biji tomat dikeringkan dengan cara dijemur di bawah sinar matahari.

Cara Menyemai Benih Tomat

Cara Menyemai Benih Tomat

Cara menyemai benih tomat terbilang cukup mudah, setelah mendapatkan benih tomat, Anda hanya perlu menyiapkan media semainya saja. Biasanya, benih tomat akan mulai tumbuh pada usia 35 hingga 40 hari setelah disemai. Bibit tomat baru bisa mulai ditanam saat sudah memiliki daun dan batang yang kuat.

Penggunaan polybag saat penyemaian bertujuan untuk mengurangi risiko tanaman yang stres setelah dipindahkan media tanamnya. Pastikan untuk berhati-hari dalam memindahkan bibit tomat ke dalam media tanam agar tidak rusak atau mati.

1. Cara Menyemai Benih Tomat di Lahan Terbuka

Cara Menyemai Benih Tomat di Lahan Terbuka

Tanaman tomat dapat disemai pada lahan terbuka ataupun dalam polybag. Untuk persemaian pada lahan, Anda perlu menyiapkan bedengan yang telah digemburkan dan ditambahkan dengan pupuk kompos. Selanjutnya tanam benih tomat pada bedengan yang telah disiapkan dengan memperhatikan jarak tanamnya yaitu 2-3 cm.

Saat pemindahan bibit, Anda dapat menggemburkan tanahnya dengan air atau dengan mencongkelnya. Perlu diingat, Anda harus berhati-hati dalam memisahkan bibit tomat dari media semainya agar tidak merusak perakaran bibit tomat.

2. Cara Menyemai Benih Tomat di Polybag

Cara Menyemai Benih Tomat di Polybag

Media persemaian dengan menggunakan polybag bisa diisi dengan menggunakan tanah yang telah dicampur dengan pupuk kompos dengan perbandingan 1:1. Polybag yang diguanakan adalah polybag yang berukuran kecil atau berdiameter sekitar 10 cm. Setelah diisi dengan media semainya, kemudian buat luabng tanam sedalam 1 cm. Kemudian masukan benih tomat dan tutup menggunakan tanah semai.

Lakukan penyiraman secara teratur sebanyak dua kali sehari pada pagi hari dan sore hari. Saat akan dipindahkan ke media tanam, Anda dapat merobek bagian plastiknya lalu masukkan bibit tomat ke dalam lubang tanam bersama dengan media semainya.

Demikian tadi cara menyemai benih tomat yang benar, semoga informasi ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda tentang bagaimana cara membudidayakan tomat dari biji. Simak informasi selengkapnya hanya di Corey Mesler.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *