Cara Menyimpan Sayuran Di Kulkas Agar Awet Terbaru 2021!!!

 Assalamu’alaikum Wr. Wb. pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai cara menyimpan sayuran di kulkas agar awet. Menyimpan sayuran perlu anda ketahui baik untuk waktu singkat maupun untuk waktu yang lama dan bagaimana cara menyimpan sayuran di kulkas agar tetap awet.

Baca juga Web utama kami Rumah Mesin

Cara Menyimpan Sayuran Di Kulkas Agar Awet

cara menyimpan sayuran di kulkas agar awet

Pilih Sayur yang Masih Segar

Jika anda membeli sayuran atau buah-buahan anda lebih baik jika anda memilih yang burkualitas. Karena berupaya untuk mencegah sayuran layu saat disimpan ke dalam kulkas. Jika anda minyimpan sayuran yang tidak berkualitas tetap sayur akan menjadi layu dan busuk.

Simpan Dalam Plastik Terlebih Dahulu

Simpanlah sayuran ke dalam kulkas agar dapat menjaga tingkat kelembapan. Karena kandungan air yang berada dalam sayuran dan buah harus dijaga agar tahan lama dan tidak cepat membusuk. Karena pada saat buah atau sayuan di panan, pasti banyak air yang hilang karena akibat penguapan. Bisa juga menggunakan mesin vacuum sealer.

Pastikan Kulkas Bersih

Jagalah kebersihan saat anda menyimpan makanan baik sayuran ataupun buah baik di tempat yang bersih maupun wadah yang bersih. Dan juga kulkas yang menjadi tempat penyimpanannya. Pastikan jika tidak ada makanan yang basi atau berbau tidak sedap di kulkas. Dan juga memastikan bahwa kualitas dan kesegaran sayuran juga terjaga karena tidak terpengaruh oleh makanan yang basi.

Jangan Simpan di Freezer

cara menyimpan sayuran di kulkas agar awet

Suhu di dalam kulkas sangat memengaruhi penyimpanan sayur atau buah-buahan. Jika anda tidak tepat untuk mengatur suhu dalam kulkas akan menyebabkan kemunculan terhadap bakteri. 1 sampai 4 derajat celcius merupakan suhu yang ideal yang baik untuk sayuran dan buah-buahan. Jika suhu lebih tinggi dari suhu tersebut makan bisa menimbulkan bakteri yang dapat memengaruhi rasa dan aroma sayuran tersebut. Dan jika lebih rendah akan menyebabkan sayuran tersebut membeku.

Jangan Cuci Sayuran Sebelum Menyimpannya

Cara menyimpan selanjutnya adalah dengan tidak mencuci sayuran sebelum menyimpannya. Jika anda ingin menyimpannya ke dalam kulkas pastukan sayur atau buah ada dalam keadaan kering.

Jangan mencuci sayuran karena dapat menyebabkan kelembaban terhadap sayuran dan akan mempercepat proses pembusukan. Terdapat dua sayuran yang dapat dicuci yaitu asparagus dan bawang.

Simpan dengan Kertas dan Tisu Dapur

Anda dapet memanfaakan kertas untuk menjaga kelembapan juga bisa diterapkan sebagai cara menyimpan sayuran di kulkas agar awet. Anda bisa membungkus sayuran atau buah-buahan tersebut dengan menggunakan kertas.

Karena kertas mampu menyerap kelembapan dari sayur atau buah tersebut. Sehingga sayur atau buah tidak akan cepat membusuk. Jika anda ingin lebih kering, maka anda bisa melapisi dengan menggunakan tisu dapur di bagian bawah sayur, setelah itu bungkus dengan kertas.

 

Simpan Sayur di Tempat Khusus

Cara berikut ini yaitu dengan menyimpan sayur di tempat yang khusus atau tempat yang tepat. Sekarang sudah banyak beberapa jenis tempat penyimpanan sayur dan buah yang dapat menjaga kesegaran dari sayur atau buah tersebut. Pastikan jika anda menyimpan sayur atau buah tersebut yang kedap udara sehingga sayur dan buah anda akan lebih tahan lama.

Ambil Sesuai Kebutuhan

Jika anda ingin menggunakan anda bisa mengambil sesuai dengan kebutuhan. Bertujuan agar sayur atau buah tidak terlalu keluar masuk kulkas. Jika sayur atau buah anda sering masuk keluar kulkas maka kualitas dari sayur atau buah tersebut akan menurun dan akan mudah busuk karena sering terpapar suhu yang berbeda-beda. Jadi ambilah seperlunya.

Baca juga : Cara Membuat Kacang Telur Takaran Sendok yang Renyah

Sekian dari saya kurang lebihnya mohon maaf. Semoga artikel saya tentang cara menyimpan sayuran di kulkas agar awet bermanfaat dan berguna bagi anda. Selamat mencoba…

Terima kasih:)