cara tidur orang asma

Cara Tidur Orang Asma agar Tidak Kambuh di Malam Hari

Kenapa juga harus tahu cara tidur orang asma? Memangnya adakah hubungan antara posisi tidur dengan kambuhnya penyakit asma? Ternyata jawabannya adalah ada. Itulah salah satu alasan kenapa asma sering kambuh pada malam hari. Hal ini dikarenakan posisi tidur yang salah.

Misalnya saja posisi tidur yang telentang. Orang yang menderita asma sangat tidak dianjurkan tidur dengan posisi telentang. Soalnya asam lambung mudah naik kembali ke kerongkongan.

baca juga: cuci sofa bandung

Anda tahu sendiri jika kerongkongan adalah saluran penghubung antara mulut dan perut. Alih-alih tertelan kembali, bahayanya ada sebagian cairan yang justru masuk ke saluran udara. Sehingga asma pun akan menjadi kambuh. Jika memang demikian, lalu seperti apa cara tidur yang benar untuk orang asma?

Cara Tidur Agar Asma Tidak Kambuh

Ada beberapa penyebab penyakit asma kambuh. Namun penyebab yang paling sering terjadi adalah debu dan udara. Pada saat kambuh di malam hari, sudah pasti waktu istirahat Anda akan sangat terganggu.

Lebih menjengkelkannya lagi jika tidak kunjung sembuh. Artinya besar kemungkinan kondisi Anda akan semakin memburuk saat pagi hari. Agar kondisi tidak mengenakkan ini terjadi, sebaiknya lakukan beberapa tips berikut ini.

baca juga cuci springbed bandung

  • Selalu Pastikan kebersihan Kasur, Bantal, dan Guling

Para penderita penyakit asma sangat sensitif terhadap debu. Itulah kenapa menjaga kebersihan kasur, bantal, dan guling dari debu adalah hal pertama yang harus dilakukan.

  • Buang Benda Berbulu dari Tempat Tidur

Ingat, debu mudah sekali menempel pada benda-bedan yang berbulu. Artinya jika Anda merupakan penderita asma, ada baiknya untuk membuang jauh-jauh benda berbulu dari tempat tidur Anda. Misalnya seperti selimut. Pilihlah selimut tanpa bulu saja.

  • Hindari Tidur dengan Hewan Peliharaan

Sesayang apapun Anda dengan hewan peliharaan, sebaiknya jangan pernah mengajaknya tidur jika Anda merupakan penderita asma. Hewan berbulu di klaim bisa memicu asma kambuh. Selain itu bisa memperparah asma pada saat sedang kambuh.

  • Gunakan Humidifier di Kamar Anda  

Humidifier pada dasarnya berfungsi sebagai pelembap udara. Untuk penderita asma, humidifier sangat berguna saat cuaca sangat panas atau sangat dingin. Apalagi alat ini pun di klaim bisa menyaring debu dan juga tungau udara.

  • Rutin Bersihkan Kamar Tidur

Membersihkan seluruh isi kamar secara rutin adalah hal wajib yang harus dilakukan oleh para penderita asma. Selain itu jangan lupa juga untuk rutin mengganti gorden dan karpet yang ada di kamar tidur Anda.

Posisi Tidur Terbaik untuk Penderita Asma

Mengatur posisi tidur yang benar menjadi hal yang sangat penting untuk para penderita asma. Dalam hal ini posisi tidur terbaik adalah dengan meninggikan posisi kepala. Caranya bisa dengan menumpuk bantal.

Posisi tidur kepala sejajar dengan tubuh bisa memicu asma kambuh. Utamanya untuk Anda yang sedang pilek atau sinusitis. Dengan posisi tidur berbaring, hanya akan memperburuk penyumbatan pada saluran pernapasan. Kondisi yang bisa menjadi pemicu asma kambuh.

Kemudian untuk penderita asma yang memiliki riwayat GERD (refluks asam lambung), tidur dengan posisi berbaring datar ternyata berpotensi memperburuk penyakit asma. Maka dari itu cara tidur orang asma adalah dengan meletakkan kepala di posisi lebih tinggi dari kaki.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *