8 Ide Contoh Daur Ulang Sampah Menjadi Kerajinan

Apakah kalian pernah membuat contoh daur ulang sampah menjadi sebuah produk yang bernilai tinggi?Ada banyak bahan yang tersedia untuk didaur ulang di sekitar Anda. Bahan seperti sampah plastik, botol, kertas, dll merupakan bahan daur ulang terbaik yang bisa digunakan.

Sampah ini tidak dapat diurai oleh bakteri, sehingga tidak akan dimusnahkan di dalam tanah. Pisahkan sampah basah dari sampah plastik agar bahan plastik dapat dengan mudah didaur ulang.

Barang daur ulang sangat praktis dan mudah untuk dibuang, sehingga bisa digunakan dalam keseharian Anda. Sampah plastik yang tidak didaur ulang akan merusak lingkungan, sehingga Anda bisa berperan dalam mendaur ulang sampah tersebut dan menambah penghasilan Anda. Berikut beberapa ide bisnis daur ulang yang bisa Anda manfaatkan.

Baca Juga : Bagaimana cara daur ulang sampah plastik?

Simak Ide Kreatif Contoh Daur Ulang Sampah

1. Tas Belanja Ramah Lingkungan

Contoh Daur Ulang Sampah

Jika ingin berbelanja di supermarket biasanya akan diberikan kantong plastik untuk menyimpan bahan makanan. Bahkan, Anda bisa menggunakan bahan sederhana untuk membuat tas belanja ramah lingkungan sendiri. Anda hanya perlu menyiapkan sedikit koran, lem, gunting, dan tali untuk menggunakan karton bekas sebagai bahan dasar.

Gunakan dua lapis koran untuk membuat tas kuat, lalu potong menjadi persegi. Lipat koran sehingga bagian bawahnya bisa ditutup dan oleskan lem agar koran tidak terbuka. Setelah semua koran berbentuk seperti tas belanja, Anda bisa menambahkan karton untuk memperkuat struktur tas. Tambahkan tali di bagian atas sehingga Anda dapat membawanya dengan mudah.

2. Tempat Serbaguna|Contoh Daur Ulang Sampah

Contoh Daur Ulang Sampah

Jika Anda menemukan beragam botol plastik berukuran 1,5 liter, Anda bisa mengubahnya menjadi berbagai tempat penyimpanan multifungsi. Potong botol plastik menjadi dua. Gunakan cat air untuk dekorasi agar warnanya menarik dan memenuhi kebutuhan Anda.

3. Pot Hiasan Rumah|Contoh Daur Ulang Sampah

Contoh Daur Ulang Sampah

Contoh daur ulang sampah plastik selanjutnya adalah Anda juga bisa menggunakan botol dan sendok plastik ukuran sedang dan kecil untuk dekorasi. Potong botol plastik dan sendok plastik bekas menjadi dua. Tempelkan sendok bekas ke bagian dalam botol hingga seluruh permukaan botol plastik tertutup oleh sendok.

Gunakan cat air untuk menghias dan membuatnya menarik dalam warna. Anda bisa dengan leluasa memajang dekorasi sederhana ini di mana saja.

Baca Juga : Cara Membuat Kompos Dari Daun Kering

4. Terompet Dari Botol Bekas

Contoh Daur Ulang Sampah

Anda dapat dengan mudah membuat botol bekas untuk membuat tanduk sederhana. Terompet yang terbuat dari botol bekas bisa menjadi salah satu kerajinan tangan paling menarik dan paling laris di pasaran. Yang Anda butuhkan hanyalah botol plastik bekas 1,5 liter, selotip, balon besar, koran bekas, dan karet gelang.

Potong botol plastik bagian tengah menjadi dua bagian yang sama. Anda bisa menggunakan balon tiup untuk menutup lubang di mulut botol agar udara tidak masuk.

Ikat erat mulut dan dasar botol berlubang dengan karet gelang. Semakin erat karet gelang, semakin keras suaranya. Tutup celah di botol dengan selotip sampai kencang. Hiasi terompet dengan cat air agar terlihat dan dijual lebih menarik.

5. Celengan Botol Plastik|Contoh Daur Ulang Sampah

Contoh Daur Ulang Sampah

Salah satu produk daur ulang yang mudah dibuat adalah celengan botol plastik. Yang Anda butuhkan hanyalah botol bekas dengan berbagai ukuran, vial, lem, dan pemotong kertas. Potong botol bekas menjadi dua bagian yang sama, lalu gabungkan kedua bagian tersebut menjadi bagian yang lebih kecil.

Potong bagian atas botol, seperti lubang untuk memasukkan uang. Pastikan ukurannya tepat dan sesuai dengan koin dan uang kertas. Hiasi celengan sederhana dengan cat air agar lebih menarik.

6. Sapu Ijuk Botol Bekas|Contoh Daur Ulang Sampah

Mendaur ulang botol bekas menjadi sapu ijuk adalah pekerjaan yang sangat menarik. Setiap rumah membutuhkan sapu ijuk untuk membersihkan halaman.

Cara pembuatan yang sederhana juga menjadi nilai tambah dari produk daur ulang ini. Anda membutuhkan 5 botol dengan ukuran yang sama, gunting, tongkat kayu tua, tali dan paku.

Potong bagian bawah botol dan potong setipis mungkin sehingga menyerupai bulu sapu. Potong secara vertikal dan usahakan agar setiap bagian memiliki ukuran halus yang sama.

Setelah pemotongan selesai, botol dapat dipasang dengan erat pada tongkat kayu bekas dengan paku. Ikat bagian yang sudah dipaku dengan tali agar terlihat rapi dan rapi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *