Fermentasi Menggunakan Em4

Penggunaan probiotik Em4 ini bisa dicampurkan kedalam ransum pakan bebek peking salah satunya yang membuat proses penambahan berat badannya jauh lebih cepat disebabkan, oleh mikroorganisme dalam probiotik tersebut bekerja secara optimal.

Penggunaan Probiotik Em4

EM4 adalah salah satu jenis Probiotik yang mengandung Mikroorganisme hasil fermentasi, yaitu berasal dari bahan-bahan organik berwarna coklat dan bertekstur cair.

Memiliki manfaat dalam menjaga keseimbangan Mikroorganisme yang menguntungkan pada sistem pencernaannya, meningkatkan kesehatan dan mengurangi angka kematian bibit.

Menggunakan probiotik EM4 harus benar diperhatikan dan tidak boleh digunakan sembarangan dengan mencampur-campurkan bahan lain, karena penggunaannya memiliki aturan.

Penggunaan EM4 ke dalam air minum (Gunakan air sumur) dengan cara melarutkanya terlebih dahulu sebanyak 1-2 cc pada air yang berukuran 1-1,5 liter, lalu berikan setiap hari.

EM4 untuk kebersihan cara penggunaannya campurkan larutan EM4 dan Molase (gula dengan air), nah untuk perbandingannya sekitar 1 : 1 : 100, lalu semprotkan pada kandang-kandang sekitar 1-2 liter/meter persegi untuk luasnya.

Bahan Pakan Untuk Fermentasi

Pilihlah bahan pakan mengandung zat-zat seperti protein, karbohidrat, lemak, mineral, vitamin dan biasanya berasal dari bahan alami untuk dibuat fermentasi menggunakan Em4 agar lebih awet serta kaya kandungan nutrisi yaitu:

  • Dedak padi
  • Tepung singkong
  • Sorgum
  • Tepung ikan
  • Jagung kuning

Biaya pakan dapat ditekan dengan penggunaan probiotik dan dapat menghasilkan jenis pakan yang bermutu, sehingga akan meningkatkan kinerja dalam fungsi rumen disebabkan oleh bakteri selulotik yang tinggi.