Hiasan Dari Tali Pita

Hiasan Dari Tali Pita Untuk Dekorasi Rumah

Assalamualaikum temen temen, kembali lagi disini. Jadi kali ini kita akan membahas mengenai apa saja Hiasan Dari Tali Pita. Untuk lebih lanjut dan lebih jelasnya, Yuk simak penjelasan berikut ini dengan seksama dan jangan sampai ada yang terlewat ya.

Definisi Tali Pita

Bagi kebanyakan orang, hiasan pita identik dengan pita. Dekorasi pita dapat dibuat dari pita dengan beberapa cara berbeda, tergantung untuk apa Anda membuatnya. Ornamen ini dapat digunakan sebagai aksesoris rambut, aksesoris pakaian, pembungkus kado, kerajinan tangan, dll.

Hiasan Dari Tali Pita

Membuat Hiasan Pita Dasar

  1. Potong bahan selotip. Pastikan pita cukup panjang untuk membuat ornamen pita. Selalu tambahkan ukuran ekstra untuk mempermudah membentuk pita dan memberi sisa ekor pita yang panjang. Letakkan selotip di atas permukaan datar.
  2. Satukan kedua ujungnya di tengah pita. Satukan kedua ujungnya untuk membentuk dua lingkaran dan dua pita. Jika Anda tidak melihat bentuknya, maka Anda dapat membuat dua lingkaran.
  3. Sesuaikan proporsinya. Periksa apakah simpul dan ekor pita memiliki ukuran / panjang yang Anda inginkan dan simetris.
  4. Lipat lingkaran kiri ke atas lingkaran kanan. Putar ke bawah bagian belakang dan melalui lubang tengah. Tarik kencang bagian tengah.
  5. Selesai

Membuat Hiasan Dari Pita Grosgrain

  1. Ukur dan bungkus selotip. Potong pita grosgrain sepanjang dua meter. Bungkus pita di sekeliling kotak. Gunakan lem atau selotip untuk menyatukan kedua ujungnya, tetapi jangan memotong ujungnya.
    Ornamen pita ini sangat cocok untuk mendekorasi kotak kado.
  2. Buat lingkaran dari bahan pita. Bawa lingkaran yang baru saja terbentuk ke tengah. Pegang bentuk pita dengan jari Anda. Buat lipatan pada sudut yang dibuat saat lingkaran diratakan. Lipat kembali untuk membentuk lingkaran lain. Rekatkan dengan lem/pita perekat, jika Anda mau.
  3. Buat lebih banyak lingkaran. Bawa ujung ekor lainnya ke tengah. Ulangi proses ini dengan tiga lingkaran lagi dengan cara yang sama, tengah dan rekatkan.
  4. Selesai

Membuat Hiasan Pita Berkawat

  1. Potong selembar pita. Anda bisa menggunakan dekorasi tersebut sebagai pembungkus kado, rangkaian bunga, aksesoris rambut, dan dekorasi pesta. Tempatkan untaian pita pada permukaan yang rata.
  2. Buat dua lengkungan pita. Pusatkan kedua sisi pita sehingga saling tumpang tindih. Tinggalkan sebagian pita untuk ujung atau ekornya.
  3. Pegang bagian tengah pita agar tidak terkelupas.
  4. Bungkus kawat dan sembunyikan. Bungkus seutas kawat tipis di tengah pita. Bungkus pita atau selotip di sekitar kawat untuk menyembunyikannya. Gunakan pita dengan warna yang sama atau saling melengkapi. Setelah itu, Anda bisa merekatkan atau menjahit selotip agar tidak terkelupas.
  5. Sesuaikan kurva dan ekor pita. Sesuaikan keduanya secara simetris. Potong bagian ekor pita untuk mencegah untaian mudah berjumbai. Pasang pita kawat ke kado atau rangkaian bunga.
  6. Selesai

Membuat Hiasan Bunga Pita

  1. Potong bahan selotip. Ukur panjang 115 cm. Ornamen pita ini tampak seperti bunga besar yang sedang mekar dan dapat digunakan untuk dekorasi, dekorasi kado, atau aksesoris.
  2. Ukur lingkaran yang akan dibentuk. Buat lingkaran 1 inci dengan ujung pita sepanjang 8 inci. Tekan di antara ibu jari dan telunjuk untuk menahannya di tempatnya.
  3. Buat lingkaran. Buat lingkaran 1 inci (2,5 cm) di kiri loop yang Anda cubit dengan pita ekor panjang. Pegang dengan ibu jari dan telunjuk Anda.
  4. Lakukan di sisi lain. Buat lingkaran yang sama tetapi kali ini hanya di sisi kanan. Buat lingkaran dengan cara yang sama, bergantian sisi-sisinya. Bentuk tiga sampai lima pasang lingkaran.
  5. Ikat ornamen pita Anda. Bungkus kawat tipis di sekitar bagian tengah pita. Bungkus dengan erat dan potong kabel yang berlebih. Sembunyikan kabelnya. Bungkus selotip di atas gulungan kawat untuk menutupinya. Rekatkan atau jahit simpul pita.
  6. Perluas lingkarannya. Lingkaran ini harus diatur dalam lingkaran agar terlihat seperti bunga.

Membuat Hiasan Ekor Pita

  1. Jangan lupa tentang ekor pita. Seperti lingkaran busur, ekor pita juga merupakan bagian penting dari tampilan pita secara keseluruhan. Tidak semua dekorasi pita memiliki ekor, tetapi sangat penting untuk pita agar terlihat rapi dan tajam.
  2. Buat selotip selama mungkin. Pastikan ekor pita sepanjang mungkin. Anda bisa memotongnya lebih pendek, tentu saja, tapi tidak mungkin membuatnya lebih panjang tanpa memutus lingkaran pada ornamen pita.
  3. Potong ujungnya. Jika Anda memotong ujung ekor pita, tidak akan berjumbai dan terlihat rapi. Gunakan gunting kain yang tajam. Ujung ekor pita dapat dipotong dengan beberapa cara yaitu, Diagonal: potong ujung pita secara diagonal. Chevron Terbalik atau V-Cut: Pilih titik tengah di ujung pita. Potong secara diagonal dari sisi kiri lalu sisi kanan dan bertemu di titik tengah. Lepaskan bagian yang dipotong dengan hati-hati jika belum lepas.
  4. Selesai

Memilih Pita

  1. Tentukan tujuan dekorasi pita. Ini akan membantu Anda memilih tekstur dan warna material. Misalnya, jika hiasan pita digunakan untuk mendekorasi pakaian yang akan dijahit atau aksesori yang melengkapi pakaian tersebut, sesuaikan pita dengan warna atau tekstur pakaian Anda.
  2. Pilih berdasarkan kualitas. Satin merupakan salah satu jenis bahan yang biasa digunakan untuk membuat hiasan pita. Namun bahan jenis ini biasanya terlalu licin untuk pemula. Pilih bahan grosgrain karena lebih mudah digunakan oleh pemula. Pita berpola, beludru, pita emas, pita katun, pita tipis, dan jenis pita lainnya juga bisa digunakan. Pita dengan tepi kawat sangat bagus untuk mendekorasi hadiah dan karangan bunga.
  3. Pada dasarnya jika pita dapat diikat dengan erat maka dapat dibentuk dengan tangan menjadi ornamen pita.
  4. Beberapa jenis pita sangat kaku sehingga sulit dibentuk menjadi pita tanpa proses tambahan, seperti kawat atau penjahitan.
  5. Melakukan percobaan. Lakukan eksperimen dengan berbagai jenis bahan pita, termasuk berbagai jenis lebar, untuk menemukan gaya yang Anda inginkan.
  6. Perlu diingat bahwa Anda akan membutuhkan banyak bahan pita untuk membuat dekorasi pita. Dalam proses pembuatan ini, semua lipatan dan simpul membutuhkan banyak bahan.
  7. Selesai

Bukan hanya itu, jenis tali juga banyak. Contohnya tali sabut kelapa yang dapat dibuat secara manual menggunakan tangan atau dibuat dengan menggunakan mesin pemintal tali sabut kelapa.

Demikian pembahasan mengenai Hiasan Dari Tali Pita. Selamat mencoba, semoga bermanfaat, sekian dan terimakasih