internet marketing

Penerapan dan Keuntungan Internet Marketing

Internet marketing adalah salah satu cara promosi yang dapat dilakukan oleh berbagai macam bisnis untuk memasarkan produknya. Cara ini merupakan cara yang efektif tanpa harus mengeluarkan biaya yang terlalu besar.

Penerapan Internet Marketing untuk Bisnis

Mungkin banyak orang yang bertanya, apakah internet marketing bisa diterapkan untuk berbagai macam bisnis? Internet marketing bisa diterapkan dalam berbagai macam bisnis, namun jenis marketingnya bisa saja berbeda. Berikut penerapan internet marketing dalam bisnis:

1.   B2C 

Apabila bisnis Anda ditujukan untuk konsumen, maka biasanya internet marketing yang dilakukan adalah untuk membuat calon konsumen masuk ke situs web dan membuatnya menjadi pelanggan tetap. Tujuannya adalah tanpa harus menggunakan tenaga penjualan. 

Langkah yang perlu Anda lakukan dalam melakukan internet marketing adalah mengumpulkan data mengenai konsumen. 

Anda harus mengetahui perjalanan konsumen, mulai dari memasuki situs sampai melakukan pembelian. Umumnya, platform yang digunakan oleh bisnis ini adalah Instagram atau Pinterest.

2.   B2B 

Internet marketing yang dilakukan untuk bisnis ke bisnis adalah membuat strategi pemasaran yang unik, sehingga bisa memperoleh konsumen yang berkualitas untuk tenaga penjualan Anda. 

Di luar situs yang dimiliki, Anda bisa lebih berfokus pada platform lain, misalnya LinkedIn untuk media marketing bisnis.

Keuntungan Menggunakan Internet Marketing

Hal yang membedakan antara internet marketing dan offline marketing, yaitu internet marketing memungkinan Anda untuk melihat hasil yang akurat berdasarkan waktu saat Anda memasukkan data. Selain itu, terdapat banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari internet marketing, yaitu:

  • Menghubungkan penjual dengan calon konsumen
  • Mengukur performa konten serta mengumpulkan leads
  • Biaya yang dikeluarkan lebih efisien
  • Return on Investment lebih tinggi
  • Membantu usaha bisa bersaing dengan perusahaan besar
  • Membantu meningkatkan pendapatan

Melalui kegiatan marketing yang dilakukan secara internet, Anda bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Internet marketing akan membuka jalan untuk melakukan pemasaran, sehingga hasil yang diperoleh juga lebih besar.

Internet marketing juga sangat cocok digunakan oleh usaha kecil, terdapat banyak pilihan jenis internet marketing yang tidak memerlukan biaya terlalu besar.

Apabila Anda tertarik untuk menggunakan jasa layanan Google Ads, Anda bisa mencari tempat yang sudah terpercaya, seperti rumahads.com. Google Ads adalah salah satu bentuk internet marketing yang efektif untuk menjangkau konsumen yang lebih luas.