kegunaan minyak esensial

Berikut Beberapa Kegunaan Minyak Esensial Terbaru!!!

Minyak esensial? Ini adalah beberapa kegunaan minyak esensial. Minyak atsiri atau essential oil adalah ekstrak parfum yang diperoleh dari penyulingan tanaman, bunga, akar, kayu, atau biji buah. Selain untuk menenangkan dan merilekskan pikiran ternya minyak esensial juga bisa menjadi penawar penyakit, lho! Lantas, apa saja manfaat minyak atsiri bagi kesehatan? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

Kegunaan Minyak Esensial

Baca juga : Alat Destilasi Minyak Atsiri

Minyak esensial bukanlah minyak seperti biasanya karena tidak mengandung asam lemak. Komponennya benar-benar murni dari ekstrak tumbuhan yang menjadi sumber sediaan.

Minyak esensial dapat dioleskan langsung pada kulit atau dihirup. Namun sebelum mengaplikasikannya pada kulit, cairkan terlebih dahulu dengan carrier oil seperti minyak zaitun atau minyak kelapa. Dengan demikian manfaat minyak atsiri dapat diperoleh dari bahan-bahan alami.

kegunaan minyak esensial

1. Peppermint : Masalah Pencernaan

Jika anda mengalami mual, diare, atau kram perut, yang terbaik adalah mencoba mengoleskan perut anda dengan minyak esensial peppermint. Oleh karena itu, minyak atsiri peppermint mengandung senyawa yang dapat mengendurkan otot-otot pencernaan dan membantu mengeluarkan gas penyebab sakit perut.

Minyak esensial peppermint juga bisa menambahkan atau meningkatkan energi dan stamina. Jika menurut para peneliti aroma dari minyak ini dapat menurunkan kadar hormon stres kortisol.

2. Lemon : Memperbaiki Suasana Hati

Minyak esensial lemon dapat membantu anda untuk mengendalikan gejala depresi. Padahal, penggunaan minyak esensial lemon dapat mengurangi penggunaan antidepresan pada orang yang mengalami depresi.

Minyak esensial lemon juga bisa membantu menyembuhkan jerawat dan menghilangkan racun dalam tubuh. Karena aroma yang ditimbulkannya dapat mengangkat mood, minyak ini juga dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi.

3. Lavender : Mengatasi Gejala PMS dan Masalah Tidur

Minyak lavender adalah minyak yang paling fleksibel. Selain manfaat minyak esensial lavender juga memiliki efek menenangkan dengan mengurangi kadar hormon stres kortisol dalam darah.

Studi menunjukkan bahwa aroma lavender dapat meningkatkan gelombang alfa di otak yang berhubungan dengan istirahat dan tidur nyenyak.

Anda bisa mengoleskan minyak esensial lavender ke perut sambil melanjutkan pikatan yang bertujuan untuk meredakan gelaja pada saat PMS.

4. Jeruk Bali Merah (grapefruit) : Menambah Nafsu Makan

Bagi anda yang sering tidak tahan lapar, coba hirup aroma minyak esensial grapefruit. Sebuah penelitian kecil yang diterbitkan dalam jurnal Neuroscience Letters menemukan bahwa menghirup aroma minyak esensial grapefruit dapat memblokir saraf lambung yang menyebabkan rasa lapar.

5. Minyak Kayu Putih : Mengobati Flu

kegunaan minyak esensial

Sudahkah anda mencoba berbagai metode, tetapi flu dan flu masih datang? Cobalah untuk menghirup aroma minyak kayu putih (eucalyptus) secara teratur.

Ya, manfaat minyak esensial kayu putih dapat meredakan hidung tersumbat dan tersumbat karena alergi. Eucalyptus mengandung sifat antibakteri yang mengendurkan otot-otot hidung. Anda juga bisa menyampurkan beberapa tetes minyak esensial kayu putih ke dalam air hangat agar aroma lebih segar.

6. Chamomile : Meningkatkan Fokus

Chamomile biasa digunakan sebagai minuman teh yang menyegarkan. Selain itu minyak esensial chamomile juga dapat membantu merilekskan pikiran dan tubuh dari stres yang tak ada habisnya. Anda mungkin sudah terbiasa meminum teh chamomile sebelum tidur dan sekarang anda coba untuk mengoleskan minyak esensial chamomile di bantal agar tidur anda lebih nyenyak.

Baca juga : Cara Menyimpan Sayuran Di Kulkas Agar Awet Terbaru 2021!!!

Berikut beberapa kegunaan minyak esensial. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Baca juga artikel lainnya di rumahmesin.com   Selamat mencoba…

Terima kasih:)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *