Konsep Wisata Gaya Baru Melalui Open Trip Raja Ampat

Konsep Wisata Gaya Baru Melalui Open Trip Raja Ampat

Berdasarkan penelitian, melakukan perjalanan wisata mampu memberikan pengaruh positif bagi jiwa dan raga kita. Lazimnya dahulu, konsep wisata dilakukan bersama orang terdekat, seperti keluarga, ataupun teman, namun saat ini berkembang konsep wisata baru yaitu “open trip”. Open trip Raja Ampat bisa menjadi opsi menarik untuk menyegarkan kondisi diri.

Konsep Wisata Open Trip Raja Ampat

Konsep wisata melalui open trip memiliki pengertian bahwa liburan dilaksanakan dengan orang lain melalui sebuah kelompok tertentu yang belum dikenal namun mempunyai destinasi wisata yang sama. Melalui konsep ini kita bisa mendapatkan banyak relasi baru dan menambah pengalaman.

Penyedia jasa layanan wisata dengan konsep ini biasanya memberikan penawaran paket, baik berupa tempat menginap, acara yang akan dihadiri, makanan, dan juga destinasi wisata yang dikunjungi. Tarif yang ditawarkan juga bisa dibilang cukup murah.

Salah satu tempat wisata terbaik di Indonesia yang wajib dikunjungi dengan menggunakan konsep open trip adalah Raja Ampat. Raja Ampat dikenal sebagai surga wisata di kawasan Papua. Kepulauan di ujung timur Indonesia ini memberikan pemandangan alam yang sangat menakjubkan.

Berdasarkan data dari badan konservasi dunia, lautan Raja Ampat menyimpan kurang lebih 75% berbagai jenis hewan laut dunia. Perairan di sini merupakan salah satu dari sepuluh kawasan perairan paling baik untuk diving secara global. Salah satu peneliti dunia di bidang ahli karang menyampaikan bahwa wilayah karang terbaik di dunia berada di tempat ini.

Terdapat spesies yang unik yang dapat dijumpai di tempat ini, yaitu kuda laut katai, ikan pari manta, dan wobbegong. Ada juga jenis ikan asli Raja Ampat yaitu Eviota Raja. Di pulau ini terdapat juga peninggalan zaman prasejarah dalam bentuk cap tangan yang melekat pada dinding bebatuan karang.

Selain memiliki keindahan dan kekayaan bawah laut yang begitu melimpah, Raja Ampat juga dikaruniai begitu banyak pesona alam di atas permukaan lautan. Ada banyak pantai, pulau-pulau kecil, dan juga kawasan hutan tropis yang asri serta meneduhkan. Kita bisa menemukan burung Cendrawasih juga di daerah ini.

Tidak hanya kekayaan alam yang begitu melimpah, daerah Raja Ampat mempunyai beragam seni dan budaya. Di sana juga ada wisata sejarah yang bisa kita kunjungi untuk menambah pengetahuan mengenai sejarah Raja Ampat sejak dari zaman pra sejarah.

Wisata di Raja Ampat sudah terkenal baik di seluruh wilayah nusantara ataupun secara global. Fasilitas yang mendukung perkembangan pariwisata di sana juga disediakan dengan baik oleh pemerintah, seperti tempat penginapan. Namun karena akses transportasi yang masih terbatas, biaya yang diperlukan untuk datang ke Raja Ampat cukup tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *