Macam Macam Tali Pita Yang Sering Kita Pakai

Assalamualaikum temen temen, kembali lagi disini. Jadi, kali ini kita akan membahas mengenai Macam Macam Tali Pita. Untuk lebih jelasnya, Yuk simak penjelasan dibawah ini dengan seksama dan jangan sampai ada yang terlewat ya.

Definisi Tali Pita

Jika kita ingin menyiapkan kado atau souvenir acara, kita harus membungkusnya serapi dan seindah mungkin. Adanya pita pada kemasan atau kemasan apapun dapat membuat tampilan kado dan souvenir kita semakin elegan.

Memang terkadang cukup dengan membubuhkan pita pada barang yang ingin kita berikan agar terlihat sesuai tanpa harus membungkusnya dengan bungkus kado atau plastik dekoratif.

Selain kado dekorasi, para pencinta kerajinan kerap menggunakan pita untuk mempercantik karyanya. Ternyata banyak sekali jenis tali pita di pasaran yang memiliki sifat yang berbeda-beda untuk tiap jenisnya. Pilihan tali pita ini tergantung pada cara penggunaan dan penerapannya.

Macam Macam Tali Pita

Anda tidak harus terlalu jelas tentang jenis pita yang Anda butuhkan. Berbagai jenis pita yang dapat Anda pilih untuk mempercantik tampilan kado dan suvenir Anda tercantum di bawah ini.

Pita Organza

Pita organza terbuat dari kain organza yang memiliki tampilan elegan dan berkelas. Bahan untuk pita ini biasanya polyester dan nylon, bahkan ada pita organza yang terbuat dari sutra.

Kedua pita tersebut terbuat dari sutra alami atau sintetis, keduanya sama-sama halus. Karena tekstur pita ini dengan serat yang sedikit melar juga semi transparan, jenis pita ini ideal untuk sulaman pita.

Organza memiliki berbagai macam kegunaan, dari aksen gaun pengantin dan tas hingga membuat bunga tiruan. Pita organza kerajinan ringan dan tipis, tetapi serbaguna dan tahan lama. Karena pita jenis ini dikenal mudah diwarnai, pilihan warnanya pun beragam.

Pita Grosgrain

Pita grosgrain merupakan pita dekoratif dengan tekstur bergaris yang memberikan tampilan berbeda dan sedikit kilau. Dikenal karena kualitasnya yang baik, tali pita ini tahan lama dan kuat.

Pita ini sangat modis dan dapat digunakan untuk memberikan kesan berkelas dan mewah. Pita grosgrain tersedia dalam berbagai warna dan corak.

Penggunaan pita grosgrain tidak terbatas karena dapat diterapkan pada berbagai acara atau kerajinan. Pita grosgrain juga dapat digunakan untuk memperindah tampilan kado, souvenir ulang tahun atau acara perusahaan.

Untuk membuat hadiah Anda terlihat lebih unik dan pribadi, cukup cetak nama perusahaan Anda atau bahkan milik Anda sendiri di pita grosgrain. Bagi Anda yang suka membuat scrapbook, kehadiran pita grosgain akan membuat foto di dalamnya lebih menonjol.

Pita Satin

Pita ini terbuat dari poliester atau nilon dan memiliki tingkat kelenturan yang tinggi. Pita satin adalah alternatif murah untuk pita sutra dengan tampilan yang hampir tidak bisa dibedakan.

Pita jenis ini dibagi lagi menjadi dua bagian, yaitu satin wajah dan dua satin wajah. Yang membedakan mereka adalah permukaannya yang halus dan berkilau. Pada tipe wajah pertama, permukaan halus hanya pada satu sisi, sedangkan pada tipe kedua, meski kedua permukaan selotip diputar maju mundur, namun tetap terlihat mulus dan berkilau.

Saat menggunakan selotip ini, harus dipertimbangkan bagaimana ujungnya akan dipotong. Coba potong dengan sudut miring alih-alih lurus agar lebih rapi dan tidak berantakan. Pita satin sangat populer sebagai dekorasi pernikahan, aksesoris rambut dan tentunya pembungkus kado. Selain itu, pita satin juga mudah disesuaikan dengan kebutuhan Anda dan bagus untuk menambahkan huruf.

Pita Jacquard

Pita secara umum dapat dibedakan menjadi dua jenis, anyaman dan bukan tenunan. Dan pita jacquard ini adalah pita yang paling banyak kita temukan di pasaran. Nama pita ini berasal dari penemu alat tenun dari mana pita ini dibuat, Joseph-Marie Jacquard. Pita ini memiliki ciri pola yang unik dan berulang serta mudah dikenali yaitu bagian depan dan belakang.

Awalnya, pita jacquard banyak digunakan di industri pakaian sebagai aksen untuk pakaian dan taplak meja. Namun dalam perkembangannya, banyak pengrajin yang menggunakan tape ini untuk memberikan kesan klasik. Jika Anda berencana membuat suvenir dengan nuansa pedesaan, pita jacquard jelas merupakan dekorasi yang bagus.

Pita Renda

Renda bisa digunakan tidak hanya untuk mempercantik tampilan pakaian, tetapi juga untuk menghias suvenir dan hadiah. Memang tidak sekuat pita satin atau grosgrain, namun kehadiran renda memberikan kesan elegan pada acara tersebut. Sekarang sudah ada renda yang bukan terbuat dari kain melainkan dari kertas dan dikhususkan untuk pekerjaan manual.

Penggunaan renda sangat cocok untuk oleh-oleh yang bernuansa rustic, seperti sendok kayu atau mason jar. Tak hanya itu, renda juga bisa dihias dengan bunga atau dibuat berlapis-lapis sehingga menyerupai selembar kain yang elegan. Pilih saja pita dengan lebar dan warna yang Anda inginkan yang sesuai dengan tema acara.

Pita Kertas

Tali pita ini biasanya terbuat dari kertas yang cukup tebal atau kertas krep bertekstur. Karena sifat kertas yang tidak terlalu kuat, maka saat mengaplikasikannya harus berhati-hati agar tidak mudah robek. Jika ditempelkan pada kado atau oleh-oleh, maka Anda perlu berhati-hati agar tidak depresi, karena bentuk pita yang semula cantik bisa berubah bentuk menjadi datar.

Biasanya pita kertas dijual dalam bentuk ikatan yang sudah jadi, jadi tinggal kita pasangkan saja. Namun, jika Anda tidak dapat menemukannya dalam bentuk jadi, Anda dapat membuatnya sendiri dari kertas kado yang dipotong.

Namun hal ini tentunya lebih rumit, lebih rumit dan membutuhkan lebih banyak waktu. Jika Anda memiliki waktu terbatas untuk mendekorasi, yang terbaik adalah membeli pita kertas dalam bentuk jadi dan kita bisa menggunakannya.

Pita Warna Warni

Pita jenis ini memiliki permukaan yang mengkilap seperti mutiara. Ini secara unik membuat warnanya tampak berubah tergantung pada sudut yang kita lihat. Pita ini cocok untuk memberikan kado, souvenir atau rangkaian bunga yang berkesan elegan.

Pita ini juga sangat cocok untuk menghiasi dekorasi berbagai acara, mulai dari ulang tahun hingga pernikahan hingga acara perusahaan. Karena warnanya bervariasi dan dapat berubah tergantung pada pencahayaan, pita ini memberikan kesan yang unik.

Selain itu, pilihan warna yang berbeda memudahkan untuk memadukan dan mencocokkan dengan berbagai warna dan desain bungkus kado. Banyak sekali jenis pita yang beredar di pasaran sehingga Anda tidak perlu lagi bingung memilih yang sesuai dengan kebutuhan. Cari tahu apa yang Anda inginkan dan beli pita berdasarkan selera dan tema warna Anda.

Perlu kita ketahui macam macam tali itu banyak jenisnya. Ada yang dipintal ada juga yang tidak. Misalnya tali sabut kelapa dalam proses pembuatannya menggunakan bantuan mesin pemintal tali sabut kelapa.

Demikian penjelasan mengenai Macam Macam Tali Pita. Selamat membaca, semoga bermanfaat, sekian dan terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *