manfaat minyak vco untuk kesehatan

Manfaat Minyak VCO untuk Kesehatan Tubuh yang Baik

VCO atau virgin coconut oil merupakan jenis minyak kelapa murni yang memiliki kegunaan lebih, tak terkecuali untuk kecantikan kulit wajah. Apa saja manfaat minyak vco untuk kesehatan? Beberapa alat mesin pada umkm seperti produk mesin untuk vco

Beberpa hasil penelitian membuktikan bahwa kegunaan vco untuk kulit lebih efektif dalam mencegah oksidasi dan menetralisir radikal bebas sehingga mampu menghancurkan sel penyebab peradangan dan penyakit pada kulit. Kegunaan minyak VCO untuk wajah tidak terlepas dari kandungan antioksidan dan polifenol yang tinggi di dalamnya. Untuk mengetahui selengkapnya mengenai kegunaan minyak vco untuk wajah, simak ulasan artikel berikut ini.

Apa Manfaat Minyak Vco untuk Kesehatan Tubuh?

Manfaat Minyak VCO untuk Kesehatan Tubuh yang Baik

Berikut adalah kegunaan VCO untuk kesehatan wajah selengkapnya.

1. Menghilangkan Bakteri dan Jamur di Kulit

Salah satu kegunaan VCO untuk wajah yaitu menghilangkan bakteri dan jamur di kulit. VCO disebut baik untuk kesehatan kulit karena minyak yang satu ini dapat membantu membunuh  beberapa bakteri, jamur, maupun mikroorganisme berbahaya lainnya yang sering jadi biang kerok berbagai masalah kulit. Sebut saja, jerawat, selulitis, folikulitis, dan kutu air. 

Adapun, sebuah riset lain melakukan uji sifat antibakteri dari 30 jenis asam lemak terhadap 20 strain bakteri berbeda. Ditemukan bahwa asam laurat yang terkandung pada minyak VCO paling efektif dalam menghambat pertumbuhan bakteri. Untuk mendapatkan kegunaan VCO untuk kulit ini, pastikan Anda mengoleskannya pada area kulit yang terinfeksi jamur.   Produk mesin untuk minyak kelapa (VCO)

2. Mengurangi Peradangan

Manfaat minyak vco untuk kesehatan keduaa untuk wajah adalah mengurangi peradangan. Peradangan di kulit biasanya terjadi di orang yang mengidap psoriasis, dermatitis kontak, dan eksim. Ya, minyak kelapa murni dinilai bisa membantu mengatasi kondisi tersebut. Kegunaan VCO untuk kulit ini sudah diuji lewat sebuah penelitian yang dimuat dalam Pharmacheutical Biology. Pada riset tersebut, peneliti mengoleskan minyak kelapa murni pada bagian tubuh hewan yang terserang jamur atau peradangan.

Hasilnya, ditemukan bahwa minyak kelapa tidak hanya memiliki efek antiradang, tetapi juga menghilangkan rasa nyeri. Meski kegunaan VCO untuk kulit disebut dapat meredakan peradangan, penelitian lebih dalam pada manusia masih perlu dilakukan untuk mengetahui efektivitasnya.

3. Meningkatkan produksi kolagen

Selanjutnya untuk wajah yang utama bersumber dari kandungan asam laurat di dalamnya. Kandungan tersebut dipercaya dapat memicu produksi kolagen sehingga membuat kulit terlihat lebih kencang dan elastis. Kolagen merupakan komponen yang sangat krusial pada kulit. Komponen inilah yang bisa membuat Anda terlihat awet muda. Dengan demikian, tanda penuaan, seperti keriput dan garis halus, dapt dicegah pembentukannya. 

4. Melancarkan pencernaan sebagai manfaat virgin coconut oil

Kegunaan virgin coconut oil untuk wajah yang bisa jadi tidak Anda sangka yaitu mampu membersihkan wajah. Caranya, cukup oleskan minyak kelapa pada seluruh wajah hingga leher semabari memijat kulit perlahan. Hal ini juga sama dengan ketika untuk menghapus riasan mata.

Cukup ambil minyak kelapa secukupnya pada kapas, lalu oleskan pada area mata dan beri sedikit tekanan agar make up mata dapat terangkat. Jika sudah selesai, bilas wajah Anda menggunakan sabun cuci muka untuk memastikan seluruh residu make up dan kotoran di wajah  hilanh sempurna. 

5. Meringankan luka bakar

Manfaat minyak vco untuk kesehatan untuk wajah berdasarkan hasil uji pada hewan menghasikan pernyataan bahwa minyak kelapa murni terbukti efektif untuk membantu penegeringan atau penyembuhan luka bakar. Tetapi, hasil studi tersebut efektif bila penggunaan VCO dikombinasikan dengan antibiotik oles pada kulit efektif dalam menyembuhkan luka bakar. 

6. Mempercepat penyembuhan luka

VCO untuk wajah diyakini juga dapat membantu proses penyembuhan luka. Hal ini berkat kemampuan minyak kelapa dalam manambah aktivitas antioksidan dan produksi kolagen sehingga mencangkup untuk mempercepat penyembuhan luka. Akan tetapi, hasil studi yang ada baru dilakukan pada uji coba hewan. Selain itu, sifat antimikroba yang terkandung pada minyak kelapa murni juga diyakini mampu mencegah infeksi.

Itulah beberapa informasi mengenai manfaat minyak vco untuk kesehatanwajah. Semoga bermanfaat dan dapat diapliasikan dirumah ya teman-teman.

Terima Kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *