kemasan tape ketan bakung cirebon nalatra com

Mengenal Tape Ketan Bakung khas Cirebon yang lezat

Jalan jalan ke Cirebon menggunakan layanan travel membuat anda ingin segera sampai di lokasi karena banyak panganan khas yang lezat dan nikmat. Salah satu yang paling menggugah selera adalah tape ketan bakung yang sering menjadi panganan khas lebaran.

Bagi pengguna jasa travel jakarta cirebon yang memang warga asli, pasti paham betul dimana tempat menemukan panganan ini yang bercita rasa tinggi. Oleh karenanya mari kita sama sama mengenal lebih jauh tentang tape bakung khas cirebon.

kemasan tape ketan bakung cirebon nalatra.com

Tape adalah makanan ringan yang proses pembuatan nya biasa disebut dengan fermentasi . Bahan utama dari tapi bisa dari ketan ataupun singkong. Proses fermentasi secara sederhana memenfaatkan ragi kapang yang dibampur jamur. Proses fermentasi dengan ragi akan menhasilkan makanan yang lunak ataupun lembut, namun dibeberapa jenis panganan agak berair dan lengket.

Rasa yang dihasilnya sangat manis dengan tingakt ke asaman tinggi dan biasanya mengandung zat alkohol.

Nah, bila anda penggemar tape tapi baik yang berbahan ketan ataupun dari singkong dianjurkan mengkonsumsi dalam kadar yang wajar.

Ciri khas dari tape ketan bakung khas cirebon terdapat pada media pembungkusnya. Secara umum tape ini akan dibalut dengan daun pisang ataupun daun jambu. Tape bakung sungguh berbeda dengan tape singkong atau peuyeum dari Bandung yang disajikan tanpa pembungkus. Adapun penamaan bakung lantaran tape ini banyak ditemui di wilayah Bakung Lor, Kecamatan Jamblang, Cirebon, Jawa Barat.

Proses Pembuatan Tape Bakung

Setelah proses pembungkusan, para pembuat tape ini akan meletakan ketan selama lebih dari dua hari di sebuah tempat yang tertutup. Setelah proses fermentasi dirasa cukup, barulah tape ini dapat dikonsumsi.

Rasa manis dan asam yang dihasilkan dari panganan ini timbul akibat proses fermentasi dari ragi dan jamur. Anda yang menggemari rasa manis yang unik pasti cocok dengan cemilan yang satu ini.

Bila anda berniat membeli tape ini, silahkan kunjungi pusat oleh oleh khas cirebon yang banyak anda temui di sepanjang jalan pantura. Atau anda bisa langsung berkunjung ke sentra pembuatan tape bakung. di tempat pembuatannya atau di toko oleh-oleh khas Cirebon.

Saat tulisan ini dipublikasikan Harga tape bakung dijual seharga lima puluh ribu untuk satu paket. Untuk mendapatkan harga yang lebih murah, kami sarankan datang langsung ke pusat produksi nya. selain harga nya yang murah, di tempat produsen nya anda bisa melihat secara langsung proses pembuatan dari bahan sampai dengan siap didistribusikan.

Manfaat konsumsi tape bakung

Meskipun belum teruji secara medis, banyak orang menyebut bahwa tape bakung yang dibuat dengan proses fermentasi tradisional memiliki manfaat sebagai anti oksidan dan dapat meningkatkan imunitas tubuh. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *