Briket tempurung kelapa

Menjelaskan Cara Pembuatan Briket Dari Tempurung Kelapa

pada artikel ini menjelaskan cara pembuatan briket dari tempurung kelapa, mari kita simak artikel dibawah ini

Definisi Kelapa

briket tempurung kelapa

Pohon kelapa merupakan pohon yang sangat cocok dibudidayakan di iklim tropis termasuk Indonesia. Pada penduduk – penduduk tropis buah kelapa memiliki kegunaan yang banyak sekali, sehingga buah kelapa sering sekali digunakan diindonesia.

Banyak sekali hal – hal yang ditawarkan oleh buah kelapa, salah satu hal yang menarik adalah buah kelapa untuk kehidupan manusia.

pohon kelapa yang baik akan menghasilkan buah kelapa yang baik juga. Kegunaan dari buah kelapa diantaranya sebagai minuman, sari/santan, minyak, dan dagingnya yang sangat juga untuk  dikonsumsi.

Buah kelapa yang masih muda selain bernilai ekonomi tinggi, daging buahnya memiliki komposisi gizi yang cukup baik, buah kelapa yang masih muda mengandung asam lemak dan asam amino esensial yang sangat dibutuhkan tubuh.

Sedangkan air kelapa selain dikonsumsi sebagai minuman segar juga mengandung bermacam-macam mineral, vitamin, gula, serta asam amino esensial sehingga dapat dikategorikan sebagai minuman ringan bergizi tinggi yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Keunggulan Briket Dari Tempurung Kelapa

Cara membuat briket dari bahan tempurung kelapa ini memiliki banyak keunggulan yaitu :

  • Lebih murah dan ekonomis.
  • Tidak beresiko meledak atau terbakar seperti kompor minyak tanah dan kompor elpiji.
  • Panas tinggi sangat baik untuk melakukan pembakaran yang membutuhkan waktu lama.
  • Tidak mengeluarkan suara bising dan membuat peralatan masak tidak rusak.
  • Ramah lingkungan dan juga aman bagi kesehatan.
  • Sumber briket dari batok kelapa ini berlimpah.

Cara Membuat Briket Dari Tempurung Kelapa

sudah banyak sekali pengelolaan terhadap pohon kelapa saat ini meskipun demikian, namun masih terdapat beberapa bahan dari pohon kelapa yang belum maksimalkan sehingga masih cocok untuk dujadikan lahan usaha, salah satunya dalam pemanfaatan limbah dari buah kelapa.

Yang menjadikan limbah kelapa menjadi padat adalah dengan memanfaatkannya menjadi bahan bakar alternatif. Dimana briket aranglah yang menjadi satu bentuk pemanfaatannya.

sebuah blok bahan yang bisa dibakar untuk dijadikan bahan bakar itu merupakan pengertian dari briket. hasil pembakaran bahan berukuran kecil  sehingga dijadikan sebagau bahan bakar alternative.

Briket bisa dibuat dari berbagai jenis salah satunya adalah arang, briket batu barang, briket biomas dan briket gambut yang merupakan bahan namun briket yang paling umum.

Cara Membuat Briket Batok Kelapa ini sangatlah mudah dan dalam pembuatannya bisa memanfaatkan bahan – bahan lain disekitar kita, jadi kita tidak perlu mendatangkan barang baru untuk melakukan pengolahannya.

Briket tentunya sangat membantu dalam hal memasak dan berbagai kebutuhan, briket ini menjadi pilihan masyarakat dan bisa menjadi bahan bakar alternatif yang cukup hemat.

karena mampu menghasilkan energi panas tinggi serta bisa tahan lama tentunya menjadi poin keunggulan bagi briket batok kelapa itu sendiri, membuat bahan bakar satu ini pilihan tepat untuk menghemat pengeluaran.

Arang batok kelapa, serbuk kayu, sampah organik, arang sekam merupakan bahan yang bisa digunakan sebagai cara membuat briket batok kelapa.Untuk membuat briket batok kelapa berbagai jenis bahan ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin untuk pembuatan bahan bakar.

Briket dari batok kelapa ini memiliki keuntungan jika menggunakannya. Dengan menggunakan briket batok kelapa tentunya ada keuntungan menggunakan briket batok kelapa ini yaitu hemat dan ekonomis, aman dan ramah lingkungan.

untuk memulai dan mempertahankan api bisa menggunakan briket yang merupakan sebuah blok bahan yang dapat menjadi bahan bakar.  Berikut adalah cara dan bahan yang diperlukan untuk melakukan cara membuat briket batok kelapa.

Alat dan Bahan :

  • Batok Kelapa
  • Tepung Kanji
  • Air
  • Pipa paralon
Baca juga artikel mengenai Membangun Citra Perusahaan dengan Bantuan Jasa Video Company Profile

Cara Membuat Briket Dari Tempurung Kelapa :

1. Pegarangan

Serbuk gergaji dan batok kelapa dibuat arang dengan pengarangan atau dibakar.

2. Pengayakan

Pengayakan dilakukan untuk memperoleh serbuk gergaji dan batok kelapa yang halus dan lembut. Arang serbuk gergaji dan batok kelapa diayak dengan saringan dengan ukuran 50 mesh dan arang batok kelapa dengan ukuran 70 mesh.

3. Pencampuran media

Pencamouran arang serbuk gergaji, batok kelapa dan lem kanji dicampur dengan perbandingan serbuk gergaji setengah dari tempurung kelapa dan arang batok kelapa agak banyak.

Pada saat pencampuran ditambah dengan lem kanji sedikit saja dari seluruh campuran arang serbuk gergaji dan batok kelapa.

4. Pencetakan Briket Arang

Setelah bahan-bahan tersebut sudah dicampurkan secara merata berikutnya dimasukan kedalam cetakan briket dan ditempa. Kemudian  jemur diterik sinar matahari sampai benar – benar kering. Setelah sudah benar-benar kering kemudian briket baru dapat digunakan.

Pembuatan briket dengan batok kelapa terhitung mudah dan sederhana namun memiliki banyak manfaatnya.

Briket arang memiliki nilai ekonomis yang tinggi apabila dikemas dengan menarik dan selain itu briket tempurung kelapa ini memiliki paanas yang lebih tinggi, tidak berbagai dan memiliki aroma alami serta lebih tahan lama dibandinhkan dengan arang kayu.

briket lebih tahan lama durasi waktu simpannya dibandingkan dengan arang biasa itulah yang membuat briket lebih unggul dibandingkan arang biasa.

Tidak hanya itu penggunaan arang batok kelapa ini membuat briket memiliki kalor pembakaran yang cukup tinggi dan juga asap yang lebih sedikit.engguaan kayu sebagai hasil utama hutan dan penggunaan briket sebagai bahan bakar alternatif sehingga kita dapat ikut serta dalam usaha pelestarian lingkungan meminimalisis penebangan hutan.

Itu dia resep – resep sajian jelaskan cara pembuatan briket dari tempurung kelapa yang bisa kalian coba buat dirumah. Bahan – bahan yang sederhana dan juga langkah – langkah yang mudah, pasti kalian juga bisa membuatnya sendiri dirumah tanpa repot.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua terutama bagi kalian yang sedang mencari cara pembuatan briket dari tempurung kelapa, dan kalian sudah tahu sekarang silahkan mencobanya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *