Tanaman-Bunga-Mawar

Merawat Tanaman Bunga Mawar Yang Baik dan Benar

Menanam bunga bukanlah suatu hal yang mudah. Dalam menanam bunga banyak hal yang harus dipahami dan dilakukan. Setidaknya ketika kita ingin menanam bunga memiliki lahan adalah salah satu hal yang perlu diperhitungkan.

Apa yang akan kita tanam dan bagaimana merawatnya menjadi satu hal yang juga harus diingat. Jika anda memiliki lahan yang luas atau taman yang luas hal tersebut tidak menjadi kendala namun jika anda tidak memiliki taman dan memiliki teras rumah yang tidak seberapa mungkin menanam bunga hias akan menjadi solusi terbaik untuk anda.

Contoh tanaman hias adalah bunga mawar atau bunga anggrek dan bunga melati. Bunga mawar adalah salah satu bunga hias yang menjadi bunga favorite untuk ditanam dan dipelihara. Karena memelihara bunga mawar terhitung tidak amat menyulitkan apa lagi bunga mawar adalah bunga yang mudah tumbuh di negara Indonesia. Bunga mendapatkan bibit dan tubuhannya pun juga tidak terlalu ribet karena disetiap penjual tanaman pasti menjual bibit bunga mawar.

Tanaman bunga mawar paling cocok untuk ditanam didepan rumah atau teras rumah. Tanaman ini cocok dan akan sangat enak dipandang. Dari hasil tanaman ini biasanya akan tumbuh satu atau dua pucuk bunga mawar yang akan menghiasi.

Karena keindahan bunganya ini, bunga mawar kerap sekali ditanam tidak hanya di jadikan hiasan rumah namun terkadang tidak sedikit para pedagang juga menternaknya yang kemudian diambil bungannya untuk dijual.

Biasanya jika kita membeli bunga mawar di toko bunga satu pucuk bunga mawar dihargai Rp 10.000. Hal ini cukup terbilang murah karena dengan keindahan serta kecantikan bunganya dan warnanya yang merah melekat.

Tips Menanam Bunga Mawar

Jika anda ingin mencoba merawat bunga mawar di rumah, anda bisa melakukannya dengan langkah awal membeli bibit atau tanamannya yang baru saja tumbuh dan berukuran kecil. Kemudian belilah pot bunga yang menurutmu cukup untuk tanaman tersebut. Setelah itu berikanlah dan isi pot tersebut dengan tanah.

Tanah untuk menanam bunga mawar ini bukanlah tanah biasa yang kerap anda temui. Tanaman bunga mawar membutuhkan tanah yang baik untuk dapat tumbuh kuat dan sehat sempurna seperti yang kita harapkan. Terlepas dari apakah anda menanam bunga di pot atau kebun, tanah yang baik adalah suatu keharusan.

Usahakan untuk menanam bunga mawar hindari tanah yang berat namun mengandung tanah liat, pasir, atau batu, dan yang memiliki tingkat keasaman (pH) yang seimbang. Anda tidak perlu untuk mencari tanah dengan kriteria seperti itu karena tanah yang memiliki kriteria seperti itu biasanya juga banyak dijual dibeberapa toko tanaman.

Setelah itu tanamlah tanaman bunga mawar beserta berilah tanah. Untuk tindakan selanjutnya taruhlah tanaman bunga mawar tersebut di area yang teduh namun tetap mendapatkan suplay sinar matahari. Daerah dengan terlalu banyak sinar matahari langsung atau terlalu banyak naungan sangatlah tidak sesuai untuk sebagian bunga seperti tanaman bunga mawar. Jadi usahakanlah menaruhnya dilokasi yang memiliki matahari sekaligus naungan untuk berteduh.

Untuk merawatnya pun mudah, hanya cukup siram dan berilah pupuk yang secukupnya. Menyiram air dilakukan setiap pagi atau sore hari guna memberikan suplay air dan memberi pupuk dilakukan cukup seminggu sekali saja. Pemberian pupuk memiliki fungsi sebagai salah satu sumber zat hara buatan yang diperlukan untuk mengatasi kekurangan nutrisi terutama bagi tanaman bunga mawar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *