Bingung Pilih Minyak Sehat Untuk Menggoreng? Yuk Simak !

Tahukah kamu minyak sehat untuk menggoreng ? Biasanya ada dua macam proses penggorengan makanan, yaitu dengan menggoreng dan menggoreng sambil direndam dalam minyak yang banyak (deep frying).

Selama proses penggorengan, minyak akan terserap ke dalam makanan dan sebagian komponen makanan akan larut ke dalam minyak goreng. Cara memasak ini sebenarnya tidak baik untuk kesehatan.

Namun, Anda bisa menyiasatinya dengan memilih minyak goreng yang sehat. Tahukah Anda minyak sehat untuk menggoreng? Penasaran bukan? Yuk simak penjelasan berikut ini !

Kriteria Minyak Sehat Untuk Menggoreng

Ada berbagai jenis minyak yang bisa digunakan untuk memasak. Kriteria minyak goreng yang baik adalah minyak yang mengandung lemak jenuh lebih sedikit dibandingkan dengan lemak tak jenuh dalam komposisi minyaknya.

Saat memasak, minyak harus berada di bawah suhu tertentu agar tidak teroksidasi dan menghasilkan radikal bebas. Banyak orang beranggapan bahwa minyak zaitun atau olive oil lebih sehat dibandingkan minyak goreng lainnya. Apakah itu benar?

Jenis Lemak Yang Terkandung Dalam Minyak

Minyak Sehat Untuk Menggoreng

Semua makanan yang mengandung lemak, seperti mentega, mentega, dan minyak, terdiri dari asam lemak.

Asam lemak ini terbentuk dari bahan kimia tertentu yang berdampak pada bagaimana mereka mempengaruhi makanan dan bagaimana mereka mempengaruhi tubuh kita.

Bentuk bahan kimia ini dikelompokkan menjadi jenuh, tak jenuh tunggal, dan tak jenuh ganda.

1. Lemak jenuh

Contohnya seperti mentega, lemak babi (lard), dan lemak padat (shortening). Lemak jenuh berdampak buruk bagi kesehatan jika dikonsumsi terlalu banyak.

Terlalu banyak lemak jenuh dalam tubuh dikaitkan dengan peningkatan kadar kolesterol, sehingga juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Alangkah baiknya jika Anda membatasi asupan makanan yang mengandung lemak jenuh.

2. Lemak tak jenuh ganda

Ini dapat ditemukan dalam minyak bunga matahari dan minyak kenari. Omega-3 dan omega-6 juga termasuk dalam lemak tak jenuh ganda. Berbeda dengan lemak jenuh, lemak tak jenuh ganda memiliki dampak yang baik bagi kesehatan.

Lemak tak jenuh ganda dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah, yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Terutama omega-3, dapat melindungi jantung dan juga sebagai anti inflamasi.

3. Lemak tak jenuh tunggal

Jenis lemak ini bisa didapat dari minyak zaitun, minyak canola, dan minyak kacang tanah. Sama seperti lemak tak jenuh ganda, lemak tak jenuh tunggal juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah, sehingga membantu Anda terhindar dari penyakit jantung.

Dengan mengetahui manfaat dan dampaknya bagi kesehatan, sepertinya Anda sudah mengetahui jenis minyak apa yang sebaiknya Anda gunakan untuk memasak atau menambah makanan Anda.

Ya, jenis minyak yang mengandung lemak tak jenuh, menjadi pilihan yang lebih sehat untuk Anda. Sedangkan untuk jenis minyak yang mengandung lemak jenuh, sebaiknya batasi penggunaannya.

Minyak zaitun, minyak jagung, minyak kedelai, dan minyak bunga matahari: mana yang lebih sehat?

Para peneliti di Sfax University Tunisia melakukan penelitian dan membandingkan minyak yang cocok untuk menggoreng. Mereka membandingkan minyak zaitun dengan minyak jagung, kedelai, dan bunga matahari.

Penelitian ini dipublikasikan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry. Mereka mencatat perubahan fisik, kimia, dan nutrisi dalam minyak ketika dipanaskan dan digunakan untuk menggoreng makanan.

Saat dipanaskan, minyak dapat menghasilkan zat beracun dan kandungan nutrisinya dapat hilang atau berubah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minyak yang mengalami perubahan nutrisi paling sedikit bila digunakan untuk menggoreng berulang kali.

Tim peneliti menggoreng kentang pada 3 suhu dengan 4 jenis minyak yang berbeda, minyak zaitun, minyak jagung, minyak kedelai dan minyak biji bunga matahari. Kentang digoreng dengan 3 suhu, 160 C, 190 C dan 180 C.

Tes ini diulang 10 kali dengan minyak yang sama, dalam kondisi seperti rumah tangga biasa. Metode yang berbeda digunakan untuk menentukan perubahan minyak selama proses penggorengan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketika digunakan untuk menggoreng, komposisi kimia minyak goreng umumnya stabil dibandingkan dengan minyak biji.

Minyak zaitun, di sisi lain, adalah yang paling tahan terhadap oksidasi. Asam lemak trans dan persentase nutrisi total paling sedikit berubah pada suhu 160 derajat C selama proses penggorengan.

Ternyata Minyak Zaitun Merupakan Minyak Sehat Untuk Menggoreng , lho!

Ternyata Minyak Zaitun Merupakan Minyak Sehat Untuk Menggoreng , lho!

Kesimpulannya, minyak zaitun lebih baik daripada minyak biji untuk menggoreng, karena kualitas dan nutrisinya lebih baik atau tidak banyak berubah.

Sementara itu, International Olive Oil Council menyatakan bahwa minyak zaitun ideal untuk menggoreng, namun harus dalam kondisi dan suhu yang tepat serta tidak terlalu panas.

Tidak ada perubahan struktural dalam minyak zaitun, dan kandungan nutrisinya tetap tahan lama dibandingkan dengan minyak lainnya. Bukan hanya karena kandungan antioksidannya, tetapi juga karena kandungan asam oleatnya yang tinggi.

Cara Menggunakan Minyak Goreng Agar Tetap Sehat

  • Jangan memanaskan minyak goreng dengan suhu terlalu tinggi.
  • Gunakan secukupnya saja agar senyawa yang terbentuk dari pemanasan tidak berlebihan.
  • Sebelum memasukkan bahan yang akan digoreng, pastikan minyak goreng sudah panas terlebih dahulu agar proses memasak di dalam minyak tidak terlalu lama.
  • Gunakan kertas atau tisu untuk menutupi makanan yang digoreng agar minyak berlebih dapat diserap oleh kertas atau tisu tersebut.
  • Agar senyawa yang terbentuk akibat pemanasan tidak menjadi banyak dan tidak menempel pada makanan, sebaiknya oli bekas tidak digunakan berulang kali.
  • Simpan minyak goreng di tempat yang sejuk dan tidak terkena cahaya agar kandungan minyak tidak berubah.

Minyak goreng yang sehat tidak berarti Anda makan makanan yang digoreng secara berlebihan. Tetap batasi konsumsi makanan yang digoreng.

Baca Juga : Manfaat Minyak VCO untuk Kesehatan Tubuh yang Baik

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *