Nonton film Captain America 2 : The winter soldier

Sutradara : Anthony Russo,Joe Russo
Pemain : Chris Evans, Scarlett Johansson, Sebastian Stan, Anthony Mackie, Cobie Smulders, Frank Grillo, Emily VanCamp, Hayley Atwell, Robert Redford, Samuel L. Jackson
Musik : Henry Jackman
Studio : Marvel Studios
Distributor : Walt Disney Studios,Motion Pictures
Tanggal rilis : 13 Maret 2013
Durasi : 136 minutes

Link streaming : nonton Layarkaca21 online

Film ini bercerita 2 tahun setelah Kapten Steve Rogers atau yang dikenal sebagai Captain America bersama 4 superhero lain berhasil menyelamatkan Kota New York dari ancaman Loki si mahkluk Planet Asgard (film The Avengers).


Sebagai Review, Steve Rogers adalah prajurit Angkatan Darat Amerika pada Perang dunia yang disuntik obat khusus sehingga menjadi tentara super. Ketika menjalankan tugas, Steve Rogers terdampar di antartika dan membeku selama 70 tahun kemudian bisa dibangkitkan lagi dengan teknologi canggih.

Pada film ini ada adegan yang mengharukan yaitu Steve Rogers bertemu lagi dengan pacarnya di tahun 1940an yaitu Peggy Carter tapi Peggy Carter tentu saja sudah menjadi nenek-nenek berusia 90 tahunan dan sudah sakit-sakitan.

Pada film ini,  Steve Rogers masih bekerja di organisasi militer Amerika bernama SHIELDS (Supreme Headquarters, International Espionage, Law-Enforcement Division) dan dipercaya memimpin sebuah regu pasukan khusus bernama STRIKE (Special Tactical Reserve for International Key Emergencies).


Suatu ketika Steve Rogers bersama STRIKE mendapat tugas dari atasannya yaitu Nick Fury untuk menyelamatkan sebuah kapal milik SHIELD yang sedang disandera oleh bajak laut.

Steve Rogers bersama STRIKE berhasil menyelamatkan kapal itu tetapi ada hal yang membuat Steve Rogers marah karena salah satu anak buahnya yaitu agen Natasha Romanoff atau yang dikenal dengan julukan Black Widow mengcopy data di kapal SHIELD itu ke sebuah flasdisk.

Hal itu berarti salah satu anak buahnya mempunyai misi lain yang tidak diketahui oleh Steve Rogers.

Setelah menanyakan perbuatan Black Widow itu kepada Nick Fury, Steve Rogers sangat kecewa karena ternyata Nick Fury memang memerintahkan Black Widow untuk menyelamatkan data dari kapal yang dibajak itu. Nick Fury bersama SHIELD memang punya misi khusus yang diberi nama Operasi Insight.

Operasi Insight merupakan operasi yang menggunakan 3 Helicarrier (pesawat tempur canggih milik SHIELD) yang senjatanya mampu menembak sasaran dengan tepat karena dipandu oleh satelit. Dengan Operasi Insight, SHIELD berencana akan menghancurkan musuh-musuhnya atau pihak yang tidak sepaham dengan SHIELD.

Steve Rogers tidak setuju dengan Operasi Insight karena operasi itu bisa menjadi terror yang meresahkan umat manusia, Nick Fury akhirnya juga memilih mundur dari Operasi Insight.

Mundurnya Nick Fury dari Operasi Insight ternyata membawa petaka bagi dirinya, ketika Nick Fury pulang dari SHIELD ia diserang oleh sekelompok tentara SHIELD. Untungnya mobil yang dikendarai Nick Fury sudah dilengkapi dengan alat pertahanan yang canggih sehingga Nick Fury bisa selamat dari serangan itu.

Tapi Nick Fury sangat kewalahan setelah kelompok tentara SHIELD mengerahkan tentara andalannya yang kekuatannya setara dengan Steve Rogers bahkan bisa lebih kuat karena tangan kirinya terbuat dari baja.

Sepertinya tentara super yang berjulukan Winter Soldier (Prajurit Musim Dingin) itu juga manusia yang dengan teknologi canggih diubah menjadi manusia super seperti Captain America.


Untungnya walaupun terluka parah, Nick Fury berhasil selamat dari Winter Soldier dan bisa melarikan diri ke rumah Steve Rogers.

Tapi di rumah Steve Rogers tiba-tiba muncul Winter Soldier yang berhasil menembak Nick Fury dari balik jendela. Steve Rogers sudah berusaha mengejar Winter Soldier tapi gagal.Nick Fury dicoba diselamatkan di rumah sakit tapi gagal dan dinyatakan mati.

Sebelum mati, Nick Fury sempat memberi Steve Rogers sebuah flasdisk berisi data kapal SHIELD yang dulu dicopy oleh Black Widow. Flasdisk itu ternyata berisi data-data Operasi Insight.

Karena memiliki data Operasi Insight, ganti Steve Rogers yang diburu oleh tentara SHIELD bahkan oleh regu STRIKE yang dulu dipimpinnya. Berkat kekuatan supernya dan dibantu oleh Black Widow, Steve Rogers bisa lolos dari tentara-tentara SHIELD dan Winter Soldier.Tapi ada hal yang membuat Steve Roger sangat terkejut dan juga sedih yaitu ketika bertarung dengan Winter Soldier ia sempat membuka topeng Winter Soldier dan ternyata Winter Soldier itu adalah sahabatnya ketika menjadi tentara Amerika di tahun 1940an yaitu Sersan James Buchanan Barnes atau yang biasa dipanggil Bucky. Lebih menyedihkan lagi, Bucky sepertinya telah kehilangan semua ingatannya sehingga tidak lagi mengenali Steve Rogers.Bagaimana ceritanya Bucky sahabat setia Steve Rogers bisa jadi mesin pembunuh SHIELD? Nanti akan saya ceritakan.

Berdasarkan flasdisk pemberian Nick Fury, Steve Rogers dan Black Widow akhirnya bisa tahu penyebab SHIELD yang dulunya merupakan Divisi Militer Amerika yang selalu siap menjadi “perisai” untuk melindungi rakyat menjadi organisasi pembunuh yang kejam.

Ternyata biang keladinya adalah dulu di tahun 1940an ketika Amerika masih berperang melawan NAZI Jerman pada Perang Dunia II, SHIELD merekrut ilmuwan HYDRA yang tertangkap yaitu Dr. Arnim Zola.

HYDRA adalah salah satu divisi NAZI yang membelot dari NAZI dan berniat menguasai dunia (diceritakan di film Captain America I : The First avenger).


Masuknya Dr. Arnim Zola ternyata menyusupkan HYDRA ke tubuh SHIELD sehingga perlahan tapi pasti SHIELD berhasil dikuasai HYDRA, bahkan pimpinan SHIELD sekarang yaitu Alexander Pierce adalah seorang HYDRA.

Celakanya, melalui SHIELD, HYDRA tetap meneruskan cita-citanya untuk menguasai dunia.Dr. Arnim Zola juga yang mengubah Bucky, Sersan Angkatan Darat Amerika sahabat Steve Rogers yang di tahun 1942 dinyatakan gugur dalam tugas karena jatuh ke jurang menjadi Winter Soldier si tentara super kemudian dibekukan lalu di tahun 2014 dibangkitkan lagi.

Tapi Dr. Arnim Zola menghapus semua memori Bucky sehingga benar-benar menjadi mesin pembunuh yang selalu taat pada perintah HYDRA.
Lebih gawat lagi, HYDRA dengan Operasi Insight berencana menggunakan 3 Helicarrier untuk menembak mati orang-orang yang dianggap menghalangi cita-cita HYDRA untuk menguasai dunia.

Ketiga Helicarrier itu dipastikan bisa menembak dengan sangat tepat karena dipandu satelit.


Steve Rogers dan Black Widow berusaha menghentikan niat jahat HYDRA itu. Untung saja Black Widow tidak hanya jago beladiri tapi juga jago komputer sehingga bisa menciptakan chip yang jika dipasang di sistem komputer pesawat induk Helicarrier bisa mengacaukan sistem komputer 3 pesawat helicarrier lain sehingga ketiga helicarrier itu tidak jadi melaksanakan perintah HYDRA tapi malah akan saling menghancurkan.


Lebih menggembirakan lagi Steve Rogers dan Black Widow mendapat sekutu baru yaitu seorang tentara Amerika yang bertugas sebagai penerjun payung bernama Sam Wilson. Apalagi Sam Wilson ini tidak hanya bisa dipercaya tapi bisa menambah kekuatan karena sangat mahir mengoperasikan alat tempur baru yaitu wing pack.

Wing pack adalah alat tempur berbentuk sayap sehingga pemakainya bisa terbang seperti burung. Karena keahlian terbangnya itu, Sam Wilson dijuluki Falcon (elang).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *