Olahan Tahu Sumedang

Olahan Tahu Sumedang Enak dan Lezat

Tahu Sumedang adalah tahu khas daerah Sumedang, Jawa Barat. Jika dibeli dalam jumlah banyak, Olahan Tahu Sumedang juga mudah di cari.

Olahan Tahu Sumedang

Tahu Sumedang

Tahu Sumedang adalah tahu khas daerah Sumedang, Jawa Barat. Jika dibeli dalam jumlah banyak, umumnya menggunakan bongsang, anyaman bambu yang dapat memuat 25–100 buah tahu goreng.

Fakta Menarik Tahu Sumedang

Kota Sumedang sangat terkenal dengan keindahan alam nya yang khas, suasana nya yang dikelilingi oleh deretan gunung senantiasa membuat daya tarik tersendiri bagi siapapun yang berkunjung.

Bukan hanya kota nya yang menjadi daya tarik, kulinernya pun terkenal memikat dan selalu diburu oleh para wisatawan yang bertandang ke kota itu, salah satunya adalah Tahu Sumedang.

Rasanya yang gurih, kering serta tahan terhadap suhu membuat kuliner yang satu ini selalu jadi primadona dari para wisatawan yang berkunjung baik dari dalam maupun luar kota, terutama ketika masa liburan tiba. Di balik ke khas an nya tersebut Tahu Sumedang ternyata menyimpan rahasia yang tidak diketahui oleh banyak orang.

Olahan Tahu Sumedang

1. Olahan Tahu Sumedang Krispy

Bahan-bahan:

  • 2 kotak tahu putih
  • 5 sdm tepung terigu
  • 1 sdm tepung tapioka dan baking powder
  • Satu sdt garam
  • 1/2 sdt lada bubuk dan kaldu bubuk
  • 500 ml air

Cara Membuat Olahan Tahu Sumedang Krispy:

  1. Cuci tahu, kemudian potong-potong sesuai selera. Sisihkan
  2. Dalam wadah, campurkan tepung terigu, tepung tapioka, baking powder, garam, lada, kaldu bubuk. Aduk rata tambahkan air. Aduk-aduk hingga tercampur rata. Kemudian masukkan tahu hingga terendam semua.
  3. Saring tahu, sisihkan. Panaskan minyak tunggu hingga benar2 panas agar nanti air rendaman tahu bisa nempel ke tahu. goreng tahu hingga kecoklatan setelah itu siram 2 centong air rendaman tahu. Tunggu hingga agak kering kemudian balik2 tahu. Ulangi penyiraman selanjutnya. Kalo sya 3-4x penyiraman. Butuh kesabaran ya karna nunggu tahu kering lama.
  4. Goreng higga garing, angkat dan tiriskan. Tahu siap disajikan Teksturnya garing diluar dan dalamnya masih lembut.

2. Olahan Tahu Sumedang Renyah

Bahan-bahan:

  • 12 buah tahu tahu Sumedang
  • 2 butir telur
  • Royko
  • Garam
  • Ladaku
  • secukupnya Minyak

Cara Membuat Olahan Tahu Sumedang Renyah:

  1. Kocok telur, kasih garam, royko, dan ladaku
  2. Lalu panaskan minyak
  3. Celupkan tahu Sumedang kedalam telur, lalu goreng, angkat, dan tunggu sampai hangat, lalu makan
  4. NB: memasukkan tahu ke dalam telurnya jangan banyak2 telurnya, celupkan tahu lalu langsung goreng, tak perlu dengan telurnya, karena kalau dengan telur nya nanti tahu akan lembek, dan tidak kriuk..
  5. Dan selalu ingat, makan makanan saat makanan hangat, membaca doa, dan makan dengan tangan kanan.

5 Manfaat Tahu Untuk Kesehatan Tubuh

Tahu Sumedang

1. Mencegah Osteoporosis

Manfaat tahu yang pertama bagi kesehatan adalah dapat mencegah osteoporosis. Pengeroposan tulang ini bisa dirasakan oleh sebagian orang lanjut usia. Namun dengan mengonsumsi tahu yang tinggi protein dan kalsium, sumber ini dapat menurunkan risiko terkena osteoporosis.

2. Menurunkan Berat Badan

Manfaat tahu berguna untuk diet karena bisa menurunkan berat badan bila dikonsumsi secara rutin.

3. Menurunkan Kolesterol Tinggi

Kedelai olahan yang merupakan bahan utama pembuatan tahu dapat menurunkan kolesterol dan penyerapan lemak jenuhnya. Selain itu, mengonsumsi tahu dapat menurunkan risiko penyakit arteri koroner.

4. Diabetes Tipe 2

Penderita diabetes tipe 2 sering mengalami penyakit ginjal, yang menyebabkan tubuh mengeluarkan protein berlebih melalui urin. Satu studi menemukan bahwa orang yang hanya makan protein kedelai mengeluarkan lebih sedikit protein dari pada orang yang hanya makan protein hewani. Peneliti mengklaim bahwa manfaat mengonsumsi tahu baik untuk penderita diabetes tipe 2.

5. Mencegah Anemia

Tahu merupakan sumber zat besi yang amat baik dan dapat membantu mencegah anemia. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan sebuah penurunan jumlah sel darah merah yang sangat sehat, yang menyebabkan anemia.

3 Manfaat Kedelai untuk Kesehatan Tubuh

Kedelai adalah kacang-kacangan yang dapat dengan mudah ditemukan di berbagai makanan. Di Indonesia misalnya, kedelai diolah menjadi berbagai jenis makanan yang populer di masyarakat, seperti susu, tahu, tempe, dan kecap.

1. Kaya Antioksidan

Kandungan antioksidan yang tinggi pada kedelai memiliki manfaat dalam mencegah dan mengurangi kerusakan sel-sel dalam tubuh akibat radikal bebas seperti polusi udara dan makanan cepat saji yang seringkali tidak terkendali dan tidak disadari.

2. Menurunkan Kolesterol

Adanya antioksidan pada kedelai juga dapat mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) secara langsung. Selain itu, kedelai juga telah terbukti dapat menurunkan tekanan darah

3. Mencegah Kanker

Selain kerja dari antioksidan, adanya kandungan isoflavon dalam kedelai dapat membantu mencegah tumbuhnya sel kanker.

Inilah yang menjadikan manfaat kedelai sebagai pencegah kanker, misalnya kanker payudara dan endometrium pada wanita, serta kanker prostat pada pria.

Sekian dari artikel saya semoga bermanfaat olahan tahu sumedang yang saya berikan, Saya rekomendasikan menggunakan mesin peniris minyak agar kerja lebih mudah. Selamat mencoba!