Serat dari Sabut Kelapa

Pemanfaatan Serat dari Sabut Kelapa

Serat dari Sabut KelapaTempurung kelapa sering dibuang di perkebunan kelapa tanpa diolah untuk hasil yang bermanfaat. Di era industrialisasi, kelapa terbukti memiliki banyak manfaat, Anda hanya perlu mengolahnya terlebih dahulu. Serat sabut kelapa (cocoa fiber) merupakan produk yang diperoleh dari pemisahan serat kakao (epicarp dan mesocarp).

Minyak kelapa merupakan hasil sampingan dari perdagangan kelapa dan minyak kelapa untuk keperluan rumah tangga. Hasil samping pengolahan sabut kelapa adalah batok kelapa (gabus) yang dapat diolah menjadi kompos, papan serat (chipboard) dan kelapa.

Serat ini banyak dicari pasar sebagai bahan baku jok mobil, furniture, peralatan dapur, faience dan matras. Ekspor dan pasar domestik menyerap produk dalam jumlah besar. Sebelum terjun ke bisnis kelapa, Anda membutuhkan ahli perawatan kelapa.

Serat sabut Kelapa akan bermanfaat bagi anda jika dimanfaatkan semaksimal mungkin, banyak pengusaha yang sudah membuktikan manfaat mengolah kelapa menjadi produk yang bermanfaat.

Serat dari Sabut Kelapa

Pada tahap persiapan, seluruh tempurung kelapa dipotong memanjang menjadi sekitar lima bagian, kemudian bagian yang keras dipotong. Chorus tersebut kemudian direndam selama 3 hari agar bagian gabusnya membusuk dan mudah lepas dari seratnya kemudian disajikan.

Pelunakan kelapa biasanya dilakukan secara manual yaitu dengan memukul kelapa dengan palu agar kelapa lebih hancur. Pada tahap ini dihasilkan produk samping berupa butiran gabus. Dekorasi kelapa modern menjadi lebih lembut dengan hammer mill. Sabut ditempatkan di mesin press serat untuk memisahkan bagian serat dari gabus.

Komponen utama dari mesin pemecah serat adalah silinder yang permukaannya diisi dengan gigi logam yang berputar untuk memukul dan mengikis serat sehingga bagian-bagian serat terpisah.

Pada tahap ini, butiran gabus diproduksi sebagai produk sampingan. Bagian serat yang dipisahkan dari gabus ditempatkan pada mesin sortasi untuk memisahkan bagian serat yang halus dan kasar. Mesin sortasi atau saringan (refolding screen) berupa saringan berbentuk kerucut yang berputar.

Penyortiran dan pengayakan juga dilakukan pada butiran gabus menggunakan saringan yang dibuat secara manual sehingga tertampil butiran gabus yang halus. Pembersihan dilakukan untuk memisahkan bagian gabus yang masih menempel pada bagian serat halus yang terpisah dari bagian serat kasar.

Langkah ini dilakukan secara manual. Tergantung pada derajat pengeringan serat dan butiran gabus, proses pengeringan dilakukan dengan pengeringan atau dengan menggunakan pengering. Serabut kelapa murni dan kering kemudian dikemas dengan cara pengepresan. Kemasannya 90x110x45 cm.

Pemampatan serat biasanya dilakukan secara manual dengan cara dipijak, sehingga setiap bungkus hanya memiliki berat sekitar 40 kg. Saat menggunakan mesin press, berat masing-masing paket kurang lebih 100 kg. Untuk bubuk kelapa, wadah pengemasan dikantongi dan setiap paket menampung sekitar 100 kg.

Pemanfaatan Serat dari Sabut Kelapa

Serat dari Sabut Kelapa

Berikut beberapa pemanfaatan Serat dari Sabut Kelapa yang bisa kalian contoh :

1. Jok Mobil Sabut Kelapa

Industri mobil terkemuka dunia, seperti Mercedes Benz, Volkswagen Porche dan Opel di Eropa, ternyata juga menggunakan sabut kelapa untuk mengisi jok mobil. Beberapa bahkan digunakan untuk kursi maskapai.

Menarik bukan? Keunggulan sabut kelapa sebagai pengisi jok mobil adalah karena memiliki kelenturan yang sangat baik, tahan lama, tidak berbau dan memiliki polusi yang sangat rendah (biodegradability).

2. Kasur Sabut Kelapa

Kasur kelapa merupakan campuran dari sabut kelapa dan getah karet untuk menghasilkan produk yang berkualitas tinggi, karena kasur ini tidak perlu lagi menggunakan pegas, kasur kelapa dan karet kelapa ini fleksibel dan lembut alami, hasil dari proses pengeritingan sabut kelapa.

Dan karet yang memiliki elastisitas dan kelenturan alami. Keunggulan kasur ini juga bersifat bakterisidal, waterproof (terkena air atau tisu bayi atau susu bayi, mudah dibersihkan dan cepat kering, sehingga dijamin sehat untuk bayi dan anak-anak).

3. Tali Tambang Sabut Kelapa

Sabut Kelapa merupakan bahan dasar untuk membuat berbagai kerajinan dari kelapa kelapa, seperti koketau untuk kerajinan, koketau untuk dadung, tali untuk perahu, kokottau untuk cocomesh dan lain-lain. Dan dapat dikatakan bahwa tali kelapa merupakan bahan utama kedua setelah serat kakao itu sendiri.

Tali kelapa ini memiliki beberapa jenis lilitan, atau sering disebut lapisan. Pada umumnya tali banyak menggunakan 2 lapisan. Kemudian 3 lapis dan seterusnya sesuai kebutuhan. Bahan dasar pembuatan aneka kerajinan dari sabut kelapa, seperti tali kelapa untuk kerajinan, tali kelapa untuk dadungtau untuk tali perahu, tali kelapa untuk cocomesh dan lain-lain.

Dan dapat dikatakan bahwa tali kelapa merupakan bahan utama kedua setelah serat kakao itu sendiri. Tali kelapa ini memiliki beberapa jenis lilitan, atau sering disebut lapisan. Pada umumnya tali banyak menggunakan 2 lapisan. Kemudian 3 lapis dan seterusnya sesuai kebutuhan.

4. Keset Sabut Kelapa

Mungkin selama ini masyarakat hanya mengenal produk kelapa sebagai produk rumah tangga, karena produk ini paling banyak digunakan di masyarakat. Berbagai produk kesed diberi nama sesuai dengan kebutuhannya, seperti selamat datang, selamat datang, kebaikan, bula dan lain-lain, yang memberikan citra positif ketika diletakkan di depan rumah atau kantor.

Hal lain tentang penggunaan batok kelapa adalah juga banyak digunakan untuk penyaringan merkuri di pertambangan emas. Menurut tambang emas, penyaringan merkuri dengan media kesed lebih efisien.

5. Sapu Sabut Kelapa

Produk paling populer di rumah. Ya, kelapa. Sejarah penggunaan kelapa di Indonesia banyak digunakan untuk membuat kesed dan kelapa kelapa. Penggunaan rumah kelapa memudahkan dalam membersihkan kotoran, awet dan tahan lama, selain ramah kantong untuk ibu rumah tangga.

Sekian artikel saya kali ini tentang pemanfaatan Serat dari Sabut Kelapa yang cukup bermanfaat. Semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua di rumah, agar bisa mengisi waktu luang dengan hal-hal yang lebih positif. Terima kasih dan semoga berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *